Biaya steril kucing merupakan salah satu informasi yang penting diketahui oleh para pemilik kucing.

Bagi pemilik kucing Salah satu cara yang dapat dilakukan agar populasi hewan peliharaan terjaga yaitu dengan menggunakan metode sterilisasi.

Program steril kucing ini kerap dilakukan ketika hewan sudah masuk di usia 7 bulan.

Pemilik kucing tentu harus mengeluarkan biaya untuk melakukan sterilisasi kucing.

Biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp 600.000 hingga 1,5 jutaan untuk 1 ekor kucing.

Lihat juga: Harga Kucing Himalaya.

Tentang sterilisasi kucing

Harga Biaya Steril Kucing Yang Perlu Anda Ketahui

Yang dinamakan dengan sterilisasi yaitu salah satu cara untuk mengangkat organ reproduksi pada kucing baik itu untuk kucing betina ataupun unik untuk kucing jantan.

Sebenarnya istilah ini lebih cocok digunakan pada kucing berjenis kelamin betina Sedangkan untuk kucing berjenis kelamin jantan lebih dikenal dengan nama kebiri.

Metode atau cara steril kucing ini yaitu dilakukan oleh dokter hewan yang sudah memiliki keahlian atau pengalaman. Adapun sebelum dilakukan sterilisasi tentu hewan akan dipilih terlebih dahulu sehingga kucing yang anda miliki tidak akan merasa kesakitan.

Ketika proses sterilisasi selesai biasanya anda akan tidak sadarkan diri serta perlu melakukan recovery agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Steril kucing ini adalah salah satu hal yang sangat penting terutama jika pemilik tidak siap memelihara kucing dengan jumlah yang banyak serta takut terkena resiko penyakit menular yang disebabkan oleh hewan tersebut.

Perlu untuk anda ketahui jika seekor kucing betina bisa menghasilkan sebanyak 379 192 anak hanya dalam jangka waktu 6 tahun Disamping itu untuk kucing jantan yang tidak disterilkan akan lebih suka menjelajah di wilayah luar rumah sehingga memiliki resiko terluka atau bahkan tertular penyakit dari kucing liar lainnya.

Di sisi lain melakukan kebiri kucing juga dapat membuat pemilik lebih tenang karena dapat mengurangi hasrat kucing untuk berkelahi serta kegelisahan ketika sedang musim kawin.

Selain itu kebiri juga mengurangi resiko kantong pemilik jebol karena harus mengeluarkan biaya medis serta makanan untuk kucing.

Informasi lainnya sterilisasi ini juga bisa mengurangi resiko kanker pada organ reproduksi baik itu organ reproduksi kucing jantan ataupun apabila cara ini dilakukan sebelum usia kucing 6 bulan.

Sterilisasi kucing menjadikan kucing Anda semakin betah untuk tinggal di dalam rumah sehingga tidak heran jika ada mitos yang berkembang metode ini bisa menjadi kucing obesitas bukti yang ada di lapangan bukan sterilisasi yang membuat kucing obesitas melainkan pola hidup serta.

Cara makan dan tidur si kucing tersebut. Untuk mencegah hal tersebut maka sebaiknya sebagai pemilik kucing Anda menerapkan pola makan serta aktivitas kucing yang teratur bisa dengan mengajak mereka bermain supaya pasukan makanan dapat seimbang dengan energi yang dikeluarkan.

Tentu jika asupan makanan seimbang dengan energi yang dikeluarkan resiko obesitas tidak akan mendekati kucing anda.

Sementara itu terkait dengan anggapan bahwa melakukan kebiri hewan merupakan tindakan yang kejam perlu diketahui jika Hewan seperti kucing ini tidak memerlukan identitas seksual serta peran layaknya manusia sehingga tidak ada tanggung jawab moral.

Sikap keibuan yang ditampakkan oleh hewan umumnya hanya karena naluri secara hormon sehingga melakukan kebiri terhadap kucing bukan berarti mengebiri hak hidupnya. Berikut beberapa manfaat melakukan sterilisasi kucing.

Manfaat melakukan sterilisasi kucing

Harga Biaya Steril Kucing Yang Perlu Anda Ketahui

Biaya sterilisasi kucing yang tidak murah juga akan dapatkan beragam manfaat dari melakukan sterilisasi kucing. Populasi kucing yang berkembangbiak pada kawasan hunian manusia saat ini sudah cukup banyak serta rawan mengakibatkan beragama salah.

Bukan hanya menimbulkan masalah pada kesehatan akan tetapi juga menimbulkan masalah sosial.

Cara melakukan sterilisasi kucing bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari berbagai masalah tersebut. Adapun manfaat dari sterilisasi kucing ini antara lain sebagai berikut.

Adanya anak-anak kucing yang tidak diinginkan

Nyawa adalah hak mutlak Tuhan serta menyia-nyiakan Jawa merupakan salah satu tindakan yang kejam.

Kita semua tentu tidak ingin lagi menemukan kucing kucing kecil yang dibuang di jalanan dengan beragam kondisi yang mengenaskan melakukan pembuangan anak kucing selagi dia masih kecil serta memisahkan dari sang induknya sama saja dengan membunuhnya cara perlahan-lahan.

Menghilangkan spraying

Kucing jantan yang tidak dikebiri akan menandai daerah kekuasaannya dengan melakukan spraying atau duduk di sembarang tempat ini tidak masalah.

Itu dilakukan di kebun ataupun di ladang tapi akan menimbulkan masalah ketika dilakukan di dalam rumah serta mengakibatkan bau yang tidak enak.

Kucing akan menjadi tidak agresif

Kucing jantan yang memiliki hormon testoterone akan memiliki perilaku seperti senang memperebutkan betina, suka menyerang, berkelahi serta melakukan beragam perilaku agresif lainnya. Ketika kucing jantan disteril maka perilaku ini akan cenderung lebih berkurang.

Mengurangi resiko penyakit tumor serta kanker prostat

Penyakit organ reproduksi ini sebagian besar disebabkan karena banyaknya hormon testosteron. Dengan melakukan steril hormon tersebut maka tidak lagi menghasilkan resiko sakit tumor, kanker uterus atau prostat

Kucing akan lebih anteng di rumah

Ketika musim kawin tiba maka kucing betina mengeluarkan hormon feromon serta kucing jantan meskipun lokasinya jauh itu bisa mengenali serta akan mencarinya. Inilah beberapa alasan kenapa kucing jantan dewasa yang tidak disteril sering tiba-tiba menghilang karena mereka akan tahu di mana letak kucing betina berada.

Genetik kucing akan meningkat

Beberapa kasus yang ada steril kucing yang dilakukan karena memiliki cacat bawaan saat kucing yang terlahir cacat berkurang hasilnya lebih terlahir sehat serta memiliki fisik yang sempurna.

Menjadi lebih penurut dan manja

Sudah tidak agresif lagi bakal kucing akan lebih senang dimanja serta menjadi lebih penurut. Dengan demikian anda lebih fokus untuk merawat serta menjaga kesehatan dan kecantikan nya.

Syarat melakukan sterilisasi kucing

Harga Biaya Steril Kucing Yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui daftar biaya sterilisasi kucing, manfaat sterilisasi kucing kini kita beralih pada syarat sterilisasi kucing.

Ketika pemilik kucing ingin melakukan sterilisasi pada hewan peliharaan mereka Maka terlebih dahulu silakan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa saja hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan.

selain itu juga bisa mengikuti beberapa panduan dengan bergabung pada forum atau komunikasi komunitas yang dapat memberikan informasi terkait dengan steril kucing serta Bagaimana cara melakukan perawatan pada kucing.

Kebanyakan baik itu jenis kucing jantan ataupun betina ketika disterilkan sebelum memasuki masa reproduksi yaitu kurang lebih 6 bulan dan 8 Minggu namun juga tidak masalah jika anda akan melakukan ketika kucing sudah pernah berenang berikut syarat yang perlu diketahui sebelum melakukan sterilisasi pada kucing.

  • Minimal kucing berusia 6 bulan baik itu untuk kucing jantan ataupun kucing betina
  • Kesehatan kucing sehat dan tidak memiliki penyakit
  • Kucing betina tidak sedang mengandung
  • Pemilik kucing mendatangi surat dan persetujuan operasi

Durasi atau waktu untuk melakukan sterilisasi kucing ini tergantung pada jenis kelamin yang dimiliki oleh kucing.

Untuk kucing jantan biasanya relatif lebih singkat kurang lebih sekitar 30 menit Sedangkan untuk kucing betina memakan waktu kurang lebih 60 menit serta prosesnya lebih rumit dibandingkan dengan kucing jantan.

Setelah anda mengetahui berapa biaya steril kucing manfaat yang didapatkan dari melakukan steril kucing ini.

Tags: biaya steril kucing, harga steril kucing, harga steril kucing 2019, biaya sreril untuk kucing betina, Harga stiril kucing, Harga steril ku, biaya steril kucing jantan, Biaya kebiri, biaya kebiri kucing, Berapa harga steril ku