Cara melatih kucing agar mengerti bahasa manusia ternyata banyak sekali caranya. Kucing merupakan salah satu hewan yang selain dia lucu juga penyayang dan penurut. Kucing juga terkadang bisa mengetahui apa yang terjadi pada manusia.

Apabila anda memelihara kucing sempatkan untuk bermain bersamanya dengan demikian maka secara perlahan merupakan salah satu cara melatih kucing mengerti bahasa manusia. Dengan intensitas waktu bermain yang sering maka akan membuat kucing lebih akrab kepada anda. Kucing akan menjadi penurun dan penyayang jika mereka merasa diperhatikan oleh majikannya.

Lihat juga: Cara Membuat Kucing Gemuk.

Cara membuat kucing mengerti bahasa manusia

Cara Melatih Kucing Agar Mengerti Bahasa Manusia

Cara membuat kucing mengerti bahasa manusia yang bisa anda terapkan agar kucing bisa mengerti bahasa anda, Beri gimik tubuh yang pas. Contohnya disaat memberi makan pada kucing arahkan ke mangkuknya kemudian beri kata isyarat dan lakukan berulang-ulang kali setiap mau memberi dia makan hingga dia hafal dengan isyarat tersebut.

Salah satu ulah kucing yang bandel adalah sering mencuri makanan yang ada dimeja makan, biasanya dia akan langsung naik dan mau memakannya. Tapi berikan respon yang tepat, jangan memukulnya atau menyakitinya.

Cukup beri efek jera menggunakan kata “gak boleh” atau “Jangan pus” dengan tegas agar kucing tidak mengira itu hanya main-main dan tidak mengulangi lagi hal-hal yang dilanggar oleh majikannya. Untuk bisa mencegah kucing naik ke meja makan, cobalah untuk tidak menaruh tempat makannya didapur.

Cara Melatih Kucing Agar Mengerti Bahasa Manusia

Naluri ilmiah dari kucing adalah kebiasaan mencakar benda-benda yang ada disekitarnya. Bagi kucing ada perabotan-perabotan favoritnya untuk dicakar, mulai dari sofa, karpet, bantal hingga kasur. Apabila itu terjadi segeralah untuk menghentikannya dengan cara memberi isyarat lain seperti halnya ketika dia dilarang naik ke meja makan di dapur.

Tapi bukan berarti anda menghalangi dia untuk melatih kuku-kukunya, maka sebaiknya anda menyiapkan tempat khusus untuk dia bisa mencakar-cakar setelah itu bawalah kucing ke tempat atau benda tersebut ketika dia sudah mulai mencakar-cakar prabotan rumah lainnya agar dia pahami dan terbiasa.

Cara Melatih Kucing Agar Mengerti Bahasa Manusia

Supaya kucing bisa mengerti bahasa kita atau perintah yang kita utarakan tidak melulu tentang larangan saja. Kucing juga butuh sebuah pujian yang membuat dia merasa lebih dekat dan nyaman. Siapkan kata-kata untuk memuji si kucing seperti “hebat kamu pus” atau “pintarnya kamu dengan menyebut namanya”.

Pakailah nada bicara yang gembira serta elus elus kepalanya dan cium bila perlu. Bentuk pujian bisa anda berikan kepada kucing ketika kucing melakukan hal-hal yang pintar dan tidak melanggar aturan. Banyak contohnya, salah satunya apabila dia tidak memakan makanan di atas meja lagi tapi makan ditempat makannya sendiri atau sudah bisa pup ditempat pup yang sudah disediakan maka berilah pujian untuknya.

Kucing akan lebih tanggap bila anda menggunakan namanya selama anda berkomunikasi dengan anda. Gunakanlah namanya setiap apapun instruksi untuknya, seperti ketika anda ingin mengajak dia mengikuti anda.

Cara Melatih Kucing Agar Mengerti Bahasa Manusia

Gerakkan tangan sambil menyebutkan namanya dengan diiringi kata “ayo pus” dan lakukanlah sambil berjalan. Secara tidak langsung apabila dia sudah dekat dengan anda, dia akan otomatis mengikuti anda tanpa ragu dan mengekori anda dari belakang. Tapi hal seperti ini tidak bisa instan, masih membutuhkan waktu dan yang paling utama adalah kedekatan antar kucing dan majikan sudah harus terbangun serta majikan harus sabar dan butuh ketelatenan, jika dia belum mau bukan berarti dia dimarahi. Hal tersebut juga bisa menjadi semakin sulit apabila anda baru mempunyai kucing yang dimana kucing tersebut sudah cukup besar.

Butuh waktu untuk bisa membuat kucing mengerti isyarat dari majikannya karena tahapannya belum sampai situ, jika anda memiliki kucing yang baru tapi sudah cukup besar mulailah dengan tahapan PDKT terlebih dahulu dan intinya sabar biar memiliki kucing yang mengerti isyarat anda dan menjadi penurunan.

Demikian uraian singkat terkait dengan Cara melatih kucing agar mengerti bahasa manusia. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags: cara melatih kucing agar mengerti bahasa manusia
ads