Kebanyakan, kucing memang tidak suka air. Tapi bukan berarti kamu tidak perlu memandikannya. Memandikan kucing sangat penting untuk menjaga kebersihan badan dan bulunya. Bahkan, ini bisa dibilang wajib karena efeknya luar biasa. Sebenarnya, kucing punya naluri alamiah membersihkan tubuhnya dengan cara menjilat-jilat tubuhnya. Tapi itu saja tidak cukup, kamu sebagai pemilik tetap perlu memandikannya. Apalagi jika kucingmu adalah kucing impor seperti Persia dan Anggora. Lalu, bagaimana cara memandikan kucing?

Lihat juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing.

Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Sebenarnya, tips memandikan kucing tidaklah sulit. Tapi tentu saja ada kendala jika kamu tidak tahu caranya. Memandikan kucing tidak perlu terlalu sering, bisa seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Tapi jika bulu atau tubuh kucingmu sudah terlihat kotor, maka tak perlu menunggu hingga 1 atau 2 minggu, kamu bisa langsung memandikannya. Sebelumnya, perlu diperhatikan bahwa memandikan kucing hanya dianjurkan pada kucing yang umurnya sudah 3 bulan atau lebih. Kucing di bawah 3 bulan masih rentan sakit apabila terkena air apalagi air dingin.

Memandikan kucing juga bisa dilakukan di petshop yang menyediakan jasa layanannya. Tapi sebaiknya pemilik kucing tetap harus bisa memandikannya sendiri di rumah. Sebelumnya, kamu harus mempersiapkan alat-alat yang diperlukan yaitu ember dengan air hangat, sampo khusus kucing, bedak khusus kucing, sisir kucing, handuk lembut, dan cottonbuds. Peralatan lain yang juga mungkin diperlukan adalah parfum kucing, hair dryer, dan baby oil.

Langkah-langkah Lengkap Cara Memandikan Kucing

Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti untuk memandikan kucing. Agar tidak merusak bulu kucing dan menyakitinya, sebaiknya kalian perhatikan langkah-langkah memandikan kucing berikut ini:

Cara Memandikan Kucing Dengan Baik

1. Membasahi Tubuhnya

Jika persiapan di atas sudah dilakukan, sekarang kamu bisa mulai membasahi tubuh kucing kesayanganmu perlahan-lahan secara merata. Agar air tidak masuk telinga, sebaiknya basuh menggunakan tangan saja pelan-pelan.

2. Menyampo Kucing

Jika seluruh tubuh kucing sudah basah, langkah selanjutnya adalah menyamponya. Gunakanlah sampo kucing yang sudah kamu siapkan. Sampolah bulu kucingmu secara merata. Yang perlu diingat adalah, jangan sampai sampo kucing ini terkena mata dan masuk hidung, mulut atau telinga. Setelah mengaplikasikan sampo, kamu bisa mengusap sambil memijatnya pelan-pelan agar sampo lebih merata dan meresap hingga ke akar-akar bulu kucing. Dengan begitu, sampo kucing tersebut bisa bekerja lebih maksimal.

3. Membilas dengan Air Bersih

Cara Memandikan Kucing Dengan Baik

Jika sudah dirasa cukup, kini kamu harus membilasnya dulu dengan menggunakan air yang bersih. Pastikan sisa-sisa sampo sudah tidak ada lagi yang menempel di tubuh atau bulu kucing kesayanganmu. Untuk membilasnya, jangan diguyur tapi cukup dibasuh menggunakan tangan. Tak perlu cepat-cepat, tapi yang penting semuanya bersih.

4. Mengeringkan Bulunya

Memandikan kucing tidak boleh terlalu lama. Jika semuanya sudah bersih, sekarang kamu harus segera mengeringkan bulu-bulunya. Untuk mengeringkannya, gunakan handuk yang bersih dan lembut lalu gosok-gosokkan perlahan ke seluruh tubuhnya. Ingat, jangan sampai membuat bulu kucingmu yang indah rusak.

Jika menggunakan handuk masih belum maksimal, maka bisa dilakukan cara tambahan yaitu dengan menggunakan blower atau hair dryer. Meski diperbolehkan, tapi ini tidak dianjurkan karena kebanyakan kucing tidak suka. Jika terlalu panas, ini juga bisa merusak bulu kucingmu yang cantik. Alternative yang lebih baik dan aman adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini jauh lebih praktis.

5. Membersihkan Telinganya

Cara memandikan kucing belum berhenti sampai di sini. Masih ada yang perlu kamu lakukan yaitu membersihkan telinganya. Telinga kucing kerap kali kotor. Itulah kenapa kamu harus rutin membersihkannya setiap kali sehabis mandi. Caranya adalah dengan menggunakan cottonbuds dan juga baby oil. Lakukan pelan-pelan saja agar tak menyakiti kucing. Membersihkan telinga sangat penting agar tidak terjangkit penyakit akibat infeksi. Faktanya, banyak kasus kucing mengalami infeksi di telinga akibat terlalu banyak kotoran yang menumpuk.

Tips-tips Memandikan Kucing

Panduan memandikan kucing di atas sepertinya tidak sulit untuk diikuti. Tapi jangan anggap memandikan kucing adalah pekerjaan yang mudah. Ada beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan. Berikut tips-tips dalam memandikan kucing yang baik dan benar:

Cara Memandikan Kucing Dengan Baik

1. Memotong Kuku

Kucing adalah hewan peliharaan yang suka mencakar-cakar apa saja termasuk tanah. Hal itu membuat kuku kucing sering terkena kotoran. Jika dibiarkan, tentu saja bisa menimbulkan penyakit akibat kuman dan bakteri yang menempel. Selain itu, memotong kuku juga penting agar kuku kucing tidak terlalu panjang dan tajam. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika kucing kesayanganmu sesekali mencakar-cakar kaki atau tanganmu. Faktanya, kucing memang kadang suka mencakar-cakar termasuk majikannya sendiri. Tapi jangan sampai memotong kuku kucing secara berlebihan karena kuku adalah salah satu alat untuk kucing melindungi diri.

2. Menyikat & Meratakan Sampo

Cara Memandikan Kucing Dengan Baik

Cara memandikan kucing memang mudah. Tapi banyak orang yang lupa atau mungkin terlalu terburu-buru memandikannya sehingga lupa menyikat dan meratakan sampo. Sampo kucing tidak seperti sampo manusia yang hanya digunakan di kepala saja. Sampo kucing adalah untuk bulu kucing sehingga harus diratakan ke seluruh tubuhnya. Jika diperlukan, kamu juga diperbolehkan menyikatnya selama tidak terlalu keras. Menyikat bulu kucing juga bisa membantu membersihkan kotoran atau rambut yang rontok.

3. Memilih Waktu yang Tepat

Memandikan waktu sebaiknya dijadwal dan direncanakan matang-matang. Kamu harus memilih waktu yang tepat. Lalu, kapan waktu yang paling bagus untuk memandikan kucing? Untuk masalah harinya, tak ada patokanya. Jika kucingmu sudah terlihat kotor, kamu bisa segera membawanya ke petshop yang menyediakan jasa layanan memandikan kucing atau memandikannya sendiri di rumah.

Pada umumnya, memandikan kucing sebaiknya dilakukan seminggu satu kali. Tapi sekali lagi semuanya tergantung kondisi. Bisa jadi kamu perlu memandikan kucingmu seminggu 2 kali, atau malah 2 minggu sekali. Yang pasti, jangan biarkan kucingmu kotor dan tidak terlihat cantik lagi. Lebih penting lagi, memandikan kucing artinya menjaga kebersihan kucing demi kesehatannya.

Lebih baik mana memandikan kucing di petshop atau di rumah? Di petshop, jasa memandikan kucing + pemberian vaksin tarifnya sudah mencapai lebih dari 100 ribu. Jika kamu bisa, maka memandikan kucing di rumah menjadi pilihan yang lebih baik. Selain hemat uang, tentu saja ini menjadi kepuasan tersendiri karena kamu merawat kucing dengan tanganmu sendiri.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan kalau sebenarnya cara memandikan kucing tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Apapun jenis kucingmu entah itu kucing Persia, kucing Anggora atau kucing jenis lainnya, memandikan kucing hanya butuh keberanian, ketelatenan dan juga kesabaran. Bagi yang belum pernah, kini saatnya kamu memandikan kucingmu sendiri di rumah. Sekali kamu mencoba memandikannya sendiri, dijamin kamu bakal ketagihan karena sensasi memandikan kucing sangatlah menyenangkan.

ads