kucing memang salah satu hewan peliharaan yang paling banyak kita jumpai di indonesia. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang acuh terhadap kebersihan kucing. Oleh karena itu, tidak jarang dari kucing-kucing yang mati atau terserang penyakit sehingga tidak baik untuk kesehatan. Dengan kata lain, jika anda memiliki kucing maka rawatlah kucing tersebut dengan benar agar tidak terganggu kesehatannya. Salah satu perawatan rutin yang wajib dilakukan adalah membersihkan telinga kucing. Telinga memang salah satu bagian tubuh kucing yang banyak mengandung kotoran dan kuman oleh karena itu wajib bagi kita membersikannya secara rutin. Anda yang masih belum tahu bagaimana Cara membersihkan telinga kucing, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan telinga kucing yang baik dan benar.

Lihat juga: Cara Mengobati Kucing Demam.

Cara mudah membersihkan telinga kucing

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara merawat telinga kucing, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kucing juga nyaman terhadap treatmen anda.

1. Peganglah bagian atas telinga

Pada tahapan pertama pembersihan, langkah awal pembersihan telinga kucing adalah dengan memegang bagian atas telinga kucing. Hal ini dilakukan agar kucing tidak kaget dan melawan anda. Setelah itu, balikkan bagian daun telinga kucing secara lembut. Jika anda sudah melakukannya, maka jangan lupa untuk memegang telinga sebelahnya. Pada tahapan ini, usahakan pula anda berada di daerah yang cukup terang untuk melihat kotoran pada kucing.

Baca: Referensi Daftar Harga Vaksin Kucing Terbaru

2. Periksa juga telinga kucing

Apabila langkah pertama sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan telinga kucing. Lihatlah bagian kuping tidak hanya bagian luarnya saja akan tetapi juga lihat pada bagian dalamnya juga. Cara membersihkan telinga kucing untuk pengecekan bisa dilakukan dengan memegang telinga kucing agar posisinya vertical sehingga kotoran akan mudah dilihat.

3. Tetesilah dengan cairan pembersih

Setelah diperiksa, cara mudah membersihkan telinga kucing anda bisa menggunakan cairan pembersih untuk membuang kotoran pada telinga kucing. Langkah pertama agar tidak memberontak saat penetesan adalah dengan meneteskan ke telinga kucing secara bergantian. Setelah itu diamkanlah beberapa saat karena kotoran biasanya akan keluar sendiri. Jangan lupa juga saat penetesan lihatlah dosis penetesan sehingga tidak berlebihan.

4. Pijatlah telinga kucing

Setelah itu, anda bisa memijat telinga kucing secara lembut dan nyaman. Tujuan dari tindakan ini sendiri selain untuk mengeluarkan tahi kuping, juga bisa dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kuman dan bakteri yang cukup membandel ada ditelinga kucing. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan ember ataupun tisu untuk menampung kotoran telinga kucing.

5. Bersihkan telinga dengan cutton bud

Sedangkan langkah terakhir pada Cara membersihkan telinga kucing yaitu bisa menggunakan cutton bud. Caranya pun cukup mudah dan simple karena dilakukan mirip seperti membersihkan telinga pada manusia. Akan tetapi, anda juga perlu memperhatikan saat menggunakan cutton bud jangan sampai bagian lekukan terlewat oleh cutton bud. Perhatikan juga wajah kucing saat membersihkan dengan cutton bud apakah kesakitan atau tidak. Biasanya kucing akan memberontak apabila kesakitan atau ketika perlakuan anda tidak nyaman. Untuk itu, anda bisa mengelus-elus kepala atau punggung kucing agar bisa lebih nyaman.

Baca: Biaya Steril Kucing Yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa Cara membersihkan telinga kucing yang bisa anda lakukan dan praktikkan untuk membersihkan telinga kucing. Cara-cara tersebut cukup mudah dan simple bukan? Oleh karena itu, anda tidak boleh malas untuk membersihkan telinga kucing karena pada bagian telinga biasanya terdapat banyak kotoran dan kuman yang menyebabkan kucing sakit atau menular ke pemiliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here