Memotong kuku kucing tidak bisa sembarang, manusia pun ketika memotong kuku juga harus berhati-hati. Cara memotong kuku kucing memang terlihat sepele. Tapi memotong kuku kucing juga bisa membuat si pemilik lebih aman, karena bisa saja sewaktu-waktu kuku tajam tersebut bisa menyakiti pemiliknya ditambah bila anda tidak hanya memiliki satu kucing saja dirumah yang mengakibatkan luka antar kucing apabila mereka berkelahi. Tidak ada salahnya memotong kuku kucing. Berikut beberapa cara aman untuk memotong kuku kucing :

Lihat juga: Cara Melatih Kucing Agar Mengerti Bahasa Manusia.

Beberapa cara memotong kuku kucing dengan aman

1. Beli gunting kuku khusus di petshop

Cara Memotong Kuku Kucing

Cara memotong kuku kucing yang pertama yaitu dengan membeli gunting khhusus. Kuku kucing memiliki ketebalan diatas kuku manusia, jadi jangan menggunakan gunting kuku manusia. Jadi bila ingin memotong kuku kucing, gunakanlah gunting kuku khusus yang bisa anda beli di petshop terdekat dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Jangan ragu untuk membelikan.

2. Buat kucing relax

Dudukan kucing dipaha atau biarkan kucing tiduran dilantai. Kondisi ini juga sangat penting, biasanya kucing sangat susah dibikin anteng ketika kukunya akan dipotong. Cuma kucing yang sudah terbiasa yang akan diam ketika kukunya digunting. Maka butuh kesabaran dan jangan terburu-buru untuk menjinakkannya.

3. Pegang kaki kucing

Cara ini merupakan langkah untuk mengeluarkan kuku kucing yang tersimpan di jemari dan bulunya sehingga bisa memudahkan untuk memotong.

4. Tekanlah bantalan kaki kucing dengan pelan

Cara Memotong Kuku Kucing

Ambil kaki kucing dengan pelan agar kucingpun merasa tidak sedang dipaksa. Apabila dia merasa terancam bukan tidak mungkin memberontak dan kabur. Disaat kucing sudah mulai diam, cobalah untuk menekan bantalan pada kaki kucing, maka akan terlihat kuku kakinya yang tajam dan lanjutkan untuk memotong kukunya.

5. Potong kuku dari atas

Sama seperti manusia ketika ingin memotong kuku, anda juga harus memperhatikan cara memotong kuku kucing, jangan memotong dari sisi samping atau dari sisi bawah tapi usahakan dari sisi atas selain lebih terlihat, memotong dari sisi atas juga memudahkan ketika ingin memotong dan hasil potongannyapun lebih rapih.

6. Potong pada batas yang aman

Cara Memotong Kuku Kucing

Anda harus bisa melihat secara jeli batasan dari kuku kucing, jangan sampai melukai kucing karena ketidaktelitian anda saat memotong kuku kucing, bila kucing terluka dia akan merasa kesakitan dan kabur. Potonglah pada batas yang aman karena keperluan kita memotong kuku kucing adalah membuang ujung kukunya yang tajam.

7. Potong dengan rapi dan satu persatu

Ketika ingin memotong kuku kucing terkadang susah-susah mudah, yang dimana karakter dari setiap kucing berbeda-beda ada yang susah diam dan ada juga yang pendiam. Berusahalah untuk memotong dengan satu persatu dan hati-hati.

8. Teliti dan hati-hati

Ada beberapa pecinta kucing yang memotong kuku kucingnya tidak teliti dan berhati-hati hingga menyebabkan luka pada kaki kucing. Maka dari itu tetap berhati-hati ketika memotong kuku pada kucing meski kuku bukan bagian vital pada kucing tapi dengan memotong kuku juga bisa mempengaruhi kebersihan dan kesehatan pada kucing sehingga membuat dia merasa nyaman.

9. Lakukan secara berkala

Cara Memotong Kuku Kucing

Memotong kuku kucing bisa dilakukan berkala atau pada waktu yang sudah bisa ditebak, biasanya pada jangka waktu 2-4 minggu sekali. Selain mencegah kucing melukai majikannya, memotong kuku juga bisa membersihkan kotoran-kotoran yang menumpuk dikukunya dan secara tidak langsung kucing bisa sedikit tercegah dari jangkitan penyakit.

10. Rapihkan kukunya

Selain manusia, kuku kucingpun selepas dipotong tidak semerta-merta langsung rapih. Kikirlah kukunya hingga terlihat rapih agar tidak menyisakan sisi kecil yang tajam. Akan tetapi sesi ini bisa terbilang sulit karena gesekan kuku kucing pada alat penghalus akan menarik perhatian kucing, maka dari itu anda bisa mencoba hal tersebut, barangkali anda berhasil dan kucing anda anteng ketika kukunya sedang dihaluskan.

Itulah uraian mengenai cara memotong kuku kucing, semoga bermanfaat bagi kita semua.

ads