Kucing yang sehat dan cantik tentu saja akan membuat pemiliknya merasa senang dan juga begitu nyaman ketika bersama dengan kucing tersebut.

Namun jika kucing bermasalah maka akan membuat siapapun akan merasa risi. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah bulu rontok.

Masalah bulu rontok memang sangat menyebalkan dan membuat pemilik kucing merasa sangat khawatir karena bisa saja bulu rontok disebabkan oleh penyakit. Penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi bulu kucing rontok.

Lihat juga: Cara Merawat Bulu Kucing.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Namun sebelum mulai untuk melakukan penanganan, anda perlu juga untuk mengetahui apa saja penyebab dari bulu kucing mengalami kerontokan.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dengan Mudah

1. Masa pergantian bulu

Hal pertama yang bisa menyebabkan kucing mengalami bulu rontok yang cukup parah adalah masa pergantian bulu.

Kucing pada usia 4 hingga 5 bulan memang sangat normal jika mengalami bulu rontok. Namun setelahnya bulu rontok akan berhenti.

Selain itu, ketika kucing sedang birahi juga menyebabkan bulu rontok. Anda bisa memberikan perawatan biasa apabila memang penyebab masalah bulu rontok adalah hal yang alami dan wajar terjadi.

2. Kurang nutrisi

Cara mengatasi bulu kucing yang rontok sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Jika kucing mengalami masalah kerontokan disebabkan oleh kurangnya nutrisi maka hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat atau bisa menggunakan fluffy care secara rutin.

Memberikan makanan yang bernutrisi menjadi hal yang sangat penting. Vitamin seperti vitamin a dan e serta vitamin c akan membantu kucing anda untuk kembali sehat. Kulit yang ternutrisi akan membuat bulu kucing tidak mudah rontok.

3. Over dosis vitamin

Penyebab yang selanjutnya adalah over dosis vitamin. Kucing yang kelebihan vitamin karena pemiliknya terlalu sering memberikan vitamin dengan dosis tinggi juga dapat menyebabkan masalah ini.

Anda perlu berhati-hati apabila akan memberikan vitamin kepada kucing. Jangan sampai justru menyebabkan kucing mengalami masalah yang merugikan kesehatannya.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan apabila akan memberikan suplemen atau vitamin untuk kucing kesayangan anda.

4. Salah produk mandi

Produk mandi yang keliru juga dapat menyebabkan bulu kucing anda menjadi rontok. Seperti manusia,jika produk yang digunakan tidak sesuai maka akan menyebabkan masalah tersendiri.

Anda bisa mengganti sabun mandi kucing anda jika memang setelah menggunakan sabun tersebut tiba-tiba kucing anda bulunya menjadi rapuh.

Untuk mengetahui apakah produk mandi atau produk perawatan untuk kucing anda cocok atau tidak memang akan sangat dibutuhkan analisis yang tepat.

5. Tungau atau kutu

Penyebab lainnya adalah kutu dan tungau. Kutu pada kucing sangat mudah sekali untuk mencuri nutrisi pada tubuh kucing. Karena mereka senang menggigit, secara otomatis akan ada bulu yang tercabut dari kulitnya.

Hal ini akan menyebabkan kucing kekurangan nutrisi sekaligus merasa tidak nyaman dengan kulitnya yang gatal dan juga rontok. Maka sebaiknya anda perhatikan dan membeli obat kutu kucing agar tidak semakin parah rontoknya.

Jika anda menemukan kutu di tubuh kucing kesayangan, coba cari bedak kucing di petshop yang dapat membantu anda untuk menghilangkan kutu.

Selain kutu, tungau juga senang sekali mengganggu dan merusak kenyamanan kucing.

Tungau senang berjalan diatas permukaan kulit atau bahkan dibawah permukaan kulit lapisan atas sehingga akan menyebabkan bulu tercabut dan rontok dengan jumlah yang lumayan banyak.

Bahkan tungau yang berlebihan juga akan sangat berbahaya bagi kucing karena biasanya kucing menjadi botak atau bahkan gatal-gatal secara berlebihan.

Cara perawatan Bulu Kucing

Cara atasi bulu kucing rontok sebenarnya sangat sederhana namun ada banyak yang bisa anda lakukan. Anda bisa mencoba untuk merawat kucing dengan beberapa hal berikut ini supaya masalah bulu rontok dapat terselesaikan dengan baik.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dengan Mudah

1. Memandikan kucing seperti biasa

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah bulu rontok adalah dengan memandikan kucing seperti biasa.

Memandikan kucing akan membantu kucing anda terbebas dari kutu dan tungau. Ada banyak jenis sampo yang bisa digunakan untuk kucing namun belilah sampo yang tepat dna mampu membersihkan kutu dan tungau sekaligus.

Dengan memandikan secara teratur sebanyak 1 kali dalam 2 minggu maka masalah bulu rontok akan dapat dikurangi asalkan anda juga membantu kucing untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan bulu rontok.

2. Mengganti produk mandi

Cara mengatasi bulu kucing rontok yang lainnya adalah dengan mengganti produk mandi. Jika ternyata penyebab dari masalah bulu rontok adalah karena produk mandi kucing yang digunakan tidak sesuai maka anda perlu untuk segera menggantinya.

Coba cari sabut dan bedak perawatan yang memang bisa membantu untuk menguatkan bulu kucing. Jika merasa bingung, anda dapat mencari lebih banyak informasi baik dari internet atau dengan bertanya kepada penjual di petshop sehingga akan mendapatkan rekomendasi produk yang tepat dan berkualitas.

3. Memberikan makanan bernutrisi

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dengan Mudah

Makanan yang bernutrisi merupakan sesuatu yang sangat penting. Anda bisa memberikan makanan yang kaya akan nutrisi agar kucing lebih sehat dan secara otomatis tubuh kucing akan memiliki daya tahan yang baik.

Ketika kucing memiliki daya tahan yang tinggi, bulu yang dimiliki juga akan semakin sehat. Memberikan pakan yang tepat memang sangat penting. Anda jangan sampai mengabaikan hal yang satu ini.

4. Beri vitamin dengan takaran tepat

Memberikan vitamin dengan takaran yang tepat juga sangat baik untuk dilakukan. Anda bisa menanyakan kepada dokter hewan langganan anda mengenai takaran dan dosis vitamin yang sebaiknya diberikan kepada kucing kesayangan.

Jika kucing kekurangan vitamin atau kelebihan vitamin nantinya bisa menyebabkan kucing mengalami masalah seperti bulu rontok yang cukup parah.

5. Beri obat anti rontok

Jika setelah melakukan beberapa cara untuk mengatasi bulu kucing rontok namun ternyata masih saja bulu mengalami kerontokan parah, anda bisa membeli obat anti rontok di petshop.

Disana ada banyak produk dengan fungsi untuk menguatkan akar rambut kucing anda. Penting sekali bagi anda untuk menyadari dan mengetahui penyebab dari bulu rontok.

Jika rontok dikarenakan birahi atau memang masa pergantian bulu, anda tidak perlu untuk membeli obat semacam ini.

Tunggu hingga masa pergantian bulu telah berlalu sehingga anda bisa melihat apakah kerontokan merupakan hal wajar atau harus mendapatkan penanganan yang lebih.

6. Menyisir bulu

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dengan Mudah

Cara mengatasi bulu kucing rontok yang tidak kalah penting adalah menyisir bulu kucing. Menyisir bulu bisa dilakukan secara rutin paling tidak dua hari satu kali.

Penyisiran dilakukan secara perlahan dengan menggunakan sikat khusus sehingga yang terangkat memang bulu yang telah patah atau rontok. Penyisiran pada kucing berfungsi untuk merapikan dan menghilangkan bulu patah di tubuh kucing.

Dengan mengetahui mengenai cara mengatasi bulu kucing rontok anda tidak akan merasa kebingungan untuk mencari solusi ketika mendapati kucing mengalami masalah.

Melakukan perawatan bisa dilakukan setelah anda mengetahui penyebabnya. Jangan sampai anda melakukan perawatan berlebihan padahal kerontokan hanya disebabkan oleh masa pergantian bulu.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tags: apakah kucing mengalami pergantian bulu, bulu anak kucing rontok karena kerak di kulit, cara megatasi bulu kucing rontok, makanan anti rontok bulu kucing, penyebab kucing botak