Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak di gemari adalah kucing. Hal tersebut dikarenakan kucing memiliki sifat yang aktif dan sangat lucu serta manja. Untuk para adopter yang sangat mencintai kucingnya tentu saja sangat senang ketika melihat peliharaannya tersebut tumbuh dengan sehat dan makan dengan lahap serta sangat aktif. Namun bagaimana jika tiba tiba kucing anda tersebut tidak mau makan? Biasanya ada beberapa kondisi yang menyebabkan kucing tidak mau makan. Hal ini tentu saja dapat membuat para adopter menjadi bingung. Karena apabila tidak segera diatasi maka kucing yang tidak mau makan secara perlahan akan merusak bagian jaringan organ hatinya. Jika sudah begini maka kucing bisa mati. Apabila anda sangat menyayangi kucing anda maka sangat tepat sekali jika anda menyimak ulasan pada kali ini yang akan membahas tentang cara mengatasi kucing tidak mau makan. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Lihat juga: Cara Merawat Kucing Kampung.

Faktor Penyebab Kucing Tak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Agar kucingmu dapat makan dengan lahap dan tumbuh dengan sehat maka anda juga harus memperhatikan apa saja faktor penyebab yang dapat membuat kucing anda tidak mau makan. Hal ini sangat perlu untuk dapat mencegahnya sehingga kucing terus makan dengan lahap. Untuk faktor yang pertama adalah makanan. Jika kucing tidak mau makan maka yang pertama coba perhatikan makanan yang anda berikan. Jika hanya itu itu saja maka bisa jadi kucing bosan memakan makanan tersebut. Faktor yang kedua adalah nafsu makan kucing. Jika kucing tidak nafsu makan maka anda dapat menambahkan vitamin supaya kucing berselera makan.

Faktor yang ketiga adalah penyakit mulut. Jika pada mulut kucing terdapat luka atau bahkan bau yang tidak sedap seperti pada umumnya maka anda dapat membawa kucing anda pada dokter hewan untuk di periksa. Faktor yang keempat adalah adanya masalah yang terjadi dalam system pencernaan. Perlu anda ketahui bahwa kucing mempunyai metabolism yang tidak baik seperti hewan pada umumnya. Hal ini bisa saja di akibatkan karena adanya benda asing yang berada di dalam tubuh kucing dan bisa jadi di sebabkan karena adanya parasite, radang dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Faktor penyebab kucing tidak mau makan yang kelima adalah sakit. Bisa jadi kucing anda tidak mau makan karena sedang sakit. Ketika sakit kucing juga bisa lemas serta muntah. Jika sudah begini maka anda juga dapat langsung membawanya ke dokter hewan. Untuk faktor penyebab yang keenam adalah stress. Kucing bisa saja menjadi stress akibat faktor lingkungan dan juga adanya tekanan. Dan faktor yang ketujuh adalah birahi. Bisa jadi juga kucing anda tidak mau makan karena sedang birahi yang biasanya memang dapat menurunkan nafsu makannya.

Nah, dari segala macam jenis masalah diatas tersebut anda dapat mengatasinya dengan cara memberikan vaksin makanan pada kucing, memancing nafsu makan kucing yaitu dengan cara mengoleskan aroma daging. Apabila ternyata kucing anda sedang sakit dan juga lemas maka anda dapat menyuapinya dengan menggunakan sendok kecil. Dan anda dapat menambahkan vitamin supaya kucing menjadi lahap makan. Adapun vitamin yang dapat anda berikan adalah vitamin B kompleks dan juga lysine yang merupakan asam amino lisin. Vitamin ini dapat anda jumpai pada apotik terdekat. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara mengatasi kucing tidak mau makan.

ads