kutu kucing

Kutu memang menjadi masalah yang sudah sering terjadi pada kucing. Jadi, jika kamu memelihara kucing, sudah pasti kamu akan berhadapan dengan masalah ini. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengatasinya.

Sayangnya, banyak orang tidak tuntas dalam menghilangkan kutu kucing. Kutu kucing tidak hanya berakibat buruk bagi si kucing itu sendiri.

Jika kamu sering menyentuh bulunya, bukan tak mungkin kutu itu juga bisa hinggap ke kulitmu. Di sini, kita akan membahas tuntas tentang cara menghilangkan kutu kucing.

Beberapa orang telah mencoba obat kutu kucing secara alami karena dirasa manfaatnya cukup baik untuk menghilangkan segala jenis kutu kucing.

Lihat juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok.

Tips Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing

Setidaknya, ada 5 tips menghilangkan kutu kucing. Jika kamu belum tahu caranya atau masih pemula, maka simak baik-baik tips berikut ini:

5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Bersih

1. Sampo Anti Kutu & Jamur

Cara paling simple dan mudah adalah dengan memberikannya sampo anti kutu & jamur khusus kucing. Kini, sampo semacam ini ada banyak sekali dijual di petshop dengan berbagai macam merk.

Sampo ini didesain dengan formula khusus agar bisa membasmi kutu-kutu beserta telur-telunya yang biasa hinggap di bulu kucing.

Selain mudah didapat, penggunaannya sangat mudah. Yang perlu kalian lakukan adalah dengan membasahi seluruh tubuh kucing menggunakan air.

Setelah itu, usapkan sampo tersebut ke tubuhnya secara merata. Setelah beberapa saat, silakan bilas menggunakan air bersih.

Jika dirasa belum cukup, kamu bisa mengulanginya lagi sekali dan biarkan dulu selama kurang lebih 5 menit. Baru kemudian dibilas sampai bersih dengan air.

Cara ini sangat aman bahkan untuk anak kucing di bawah 2 bulan. Agar hasilnya maksimal, lakukanlah cara ini secara teratur tapi tidak terlalu sering.

Misalnya, kamu bisa memberikan sampo ke kucing kesayanganmu sekali atau 2 kali seminggu. Cara menghilangkan kutu kucing menggunakan sampo ini juga bisa sebagai pencegahan.

Untuk mencegah kutu kucing datang lagi, aplikasikan sampo ini cukup sebulan sekali.

2. Minyak Tawon / Minyak Telon

5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Bersih

Minyak tawon biasanya dikenal sebagai minyak yang digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk, semut, atau serangga lainnya.

Bukan hanya untuk manusia, ternyata minyak tawon juga bisa digunakan untuk hewan peliharaan. Salah satunya adalah kucing. Apa kegunaan minyak tawon untuk kucing? Salah satunya untuk menghilangkan kutu.

Minyak tawon sangat tidak disukai oleh kutu kucing. Alternative lainnya adalah kamu juga bisa menggunakan minyak telon. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan minyak yang biasa digunakan untuk bayi ini.

Cara membasmi kutu kucing menggunakan minyak tawon ataupun minyak telon sangatlah mudah. Yang perlu kalian lakukan adalah mengusapkannya ke tubuh si kucing khususnya yang banyak kutunya.

Beberapa bagian yang sering terdapat kutu kucing adalah ketiak, punggung dan tengkuk. Jadi, sebelum mengaplikasikannya, sebaiknya ketahui dulu bagian-bagian yang terdapat banyak kutu.

Penggunaan minyak tawon / minyak telon ini juga sangat efektif mencegah kutu kucing muncul atau kembali lagi.

3. Kalung Anti Kutu

Biasanya, obat penghilang kutu adalah berbentuk cairan atau sampo. Jadi, pemakaiannya adalah saat mandi. Tapi, bagaimana jika kucing kesayanganmu susah dimandikan?

Tentu ini menjadi masalah khususnya jika ia punya banyak kutu. Tapi tenang, karena ada cara alternative yang cukup efektif untuk menghilangkan kutu pada kucing tanpa harus memandikan atau mengoleskan cairan.

Di sini, cara menghilangkan kutu kucing yang praktis ini adalah menggunakan kalung anti kutu. Kalung ini punya aroma yang dibenci banget oleh kutu kucing. Itulah yang menyebabkan kalung ini bisa mengusir kutu kucing.

Jika kamu mendapati kucing kesayanganmu punya banyak kutu, segera pakaikan kalung ajaib ini. Aroma dari kalung ini akan membuat kutu-kutu kucing segera kabur.

Caranya sangat praktis. Kamu hanya tinggal mengalungkannya ke leher kucing kesayanganmu, sama seperti mengalungkan kalung kucing pada umumnya.

Berapa lama kucingmu harus menggunakannya? Umumnya penggunaan kurang lebih 1 bulan. Tapi jika sebelum 1 bulan kutu kucing sudah hilang seluruhnya, maka kamu bisa melepaskannya.

4. Obat Tetes Pembasmi Kutu Kucing

5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Bersih

Ada cara membunuh kutu kucing yang sangat rekomended karena sudah terbukti ampuh, yaitu dengan obat tetes. Tentu saja, obat tetes ini bukan obat tetes biasa melainkan khusus untuk membasmi kutu.

Obat tetes ini memiliki aroma yang sangat tidak disukai oleh kutu pada kucing. Itulah kenapa kami sangat merekomendasikan cara ini.

Obat tetes ini sangat mudah ditemukan. Kalian bisa membelinya di petshop-petshop terdekat di daerahmu. Lalu bagaimana cara memakainya?

Jika kamu tahu area-area yang banyak dihinggapi kutu, cukup teteskan saja obat ini ke area-area tersebut. Misalnya adalah di area leher, tengkuk, dll. Tak perlu terlalu sering menggunakannya, cukup sebulan sekali.

Tapi sebelum menggunakannya, pastikan kamu membaca aturannya terlebih dahulu. Perlu diketahui, obat tetes ini tidak diperolehkan untuk kucing uang masih berusia 2 bulan atau lebih muda.

Tapi jika kucingmu sudah dewasa dan punya masalah kutu, obat tetes ini bisa dijadikan solusi yang sangat ampuh.

5. Spray Anti Kutu

Satu lagi, ada pembasmi kutu yang sangat ampuh dalam bentuk spray. Spray yang dikenal dengan istilah spray anti kutu ini sangat praktis.

Dengan menggunakan spray anti kutu ini, kamu hanya perlu menyeprotkannya ke bulu-bulu kucing kesayanganmu di area yang banyak kutunya saja.

Perlu diingat, jangan sampai tubuh kucing basah dengan semprotan spray ini. Jadi, semprotkan spray ini secukupnya saja.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati saat menyemprotkannya karena jangan sampai mengenai area-area tertentu. Area yang tidak boleh terkena obat semprot ini antara lain mulut, hidung dan mata.

Agar lebih aman, sebaiknya kamu baca dulu aturan pakainya dengan seksama. Perlu diketahui, spray ini mengandung obat yang cukup keras. Jadi, jangan sampai salah dalam menggunakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Suntik Ivermectin untuk Menghilangkan Kutu Kucing

5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Bersih

Sebenarnya, ada cara terakhir yang juga bisa dipertimbangkan. Tapi, sebaiknya ini menjadi pilihan terakhir karena cukup beresiko. Cara terakhir ini disebut suntik ivermectin.

Suktikan ini bermanfaat dalam membasmi kutu pada kucing. Bukan hanya itu saja, suntik ini juga dapat membunuh cacing. Kelemahannya, suntik ini tidak bisa membasmi telur-telur kutu dan cacing pada kucing.

Jadi, kurang tepat jika digunakan untuk pencegahan, hanya cocok untuk membunuh kutu & cacing dewasa saja.

Selain itu, cara menghilangkan kutu kucing ini juga tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang.

Cara ini hanya boleh dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter hewan. Jika kamu sudah frustasi karena kutu kucing tak kunjung hilang, maka kamu bisa mempertimbangkan suntik ivermectin ini.

Suntik ini bisa membasmi kutu kucing dengan sangat efektif. Penggunaanya adalah tiga kali dalam tiga atau empat minggu. Semoga kamu menemukan cara terbaik untuk membuat kucing kesayanganmu bebas dari kutu.

Tags: kutu kucing, jenis kutu kucing, cara merawat kutu kucing, jenis kutu pada kucing, cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon, cara menghilangkan kutu pada kucing kampung, gmbr kutu kucing, cara menghilangkan kutu kucing, dimana tengkuk kucing, gatal akibat kutu kucing