Cara mengobati kucing flu merupakan hal yang perlu untuk anda ketahui.

Walaupun penyakit flu bukan merupakan penyakit berbahaya bagi kucing, tapi bukan berarti anda tidak membutuhkan cara penanganannya.

Hal tersebut berujuk ke cara mempercepat proses kesembuhannya.

Umumnya kucing akan flu sampai 20 hari setelah itu akan sembuh dengan sendirinya.

Untuk mempercepat proses penyembuhan kucing flu kesembuhan terdapat beberapa cara yang bisa anda terapkan pada kucing anda dirumah :

Lihat juga: Cara Memandikan Anak Kucing.

Beberapa cara mengobati kucing flu

Cara Mengobati Kucing Flu

1. Membersihkan mata, hidung dari lendir efek dari flu

Cara mengobati kucing flu yang pertama yaitu melakukan pembersihan.

Bersihkan area muka pada kucing yang sedang flu, meski tidak dimandikan, cobalah untuk tetap membersihkan kotoran yang ada, selain mengandung banyak kuman, lendir ini juga bisa menyumbat pernafasan.

Cara membersihkannya cukup mudah, dengan hanya menggunakan kain yang dibasahi oleh air hangat agar kondisi kucing merasa lebih lega.

2. Jangan dimandikan

Disaat flu, kucing jangan dimandikan meski begitu anda tetap menjaga kebersihannya.

Maka didalam kondisinya yang flu jangan dimandikan hingga dia benar benar sembuh. Apabila ingin membersihkan tetap bisa menggunakan lap basah yang berisikan air hangat.

3. Jemur kucing

Dalam kondisi flu, anda bisa menjemur kucing anda di pagi hari. Tidak perlu lama, hal ini untuk membunuh kuman penyakit dan menghangatkan tubuh pada kucing.

Selain itu juga sinar matahari sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing dan proses penyembuhannya bisa lebih cepat

4. Beri makanan yang cukup dan bernutrisi

Cara Mengobati Kucing Flu

Makanan yang bernutrisi bisa mempercepat penyembuhan. Berilah dia makanan dana nutrisi yang cukup, karena kucing juga membutuhkan nutrisi yang cukup terlebih ketika dia sedang flu.

Selain itu berilah vitamin B pada kucing agar lebih cepat sembuh dan kembali seperti semula.

5. Beri waktu istirahat

Cara mengobati kucing flu yang kelima yaitu silahkan beri waktu istirahat. Berilah waktu istirahat yang cukup untuk kucing yang sedang flu agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Perlu diperhatikan juga tempat tidurnya, kucing yang sedang flu akan lebih selektif memilih tempat tidur apalagi tempat tidurnya lembab dan tidak membuat dia nyaman.

Perhatikan juga kebersihannya dan perhatikan juga suhunya yang tidak terlalu dingin agar tidak memperparah flunya.

6. Vaksinasi

Salah satu faktor dari kucing yang terkena flu adalah adanya infeksi virus. Jadi pemberian vaksinasi akan jauh lebih efektif untuk mencegah dan mengobati kucing dari penyakit.

Untuk lebih detailnya anda bisa membawa kucing anda ke dokter hewan terdekat agar mengetahui lebih jelas permasalahan dan kebutuhan vaksinasi yang ada.

7. Beri madu

Cara Mengobati Kucing Flu

Madu bisa menjadi obat alternatif pada kucing apabila anda belum sempat memberikannya obat. Madu terkenal keampuhannya untuk menyembuhkan penyakit.

Anda bisa memberikannya setiap 4 jam sekali. Bila kucing menolak ketika diberikan secara langsung, cobalah untuk mencari ide agar madu tersebut bisa masuk ketubuhnya. Mungkin dengan mencampurkan pada minumnya.

8. Jangan dibiarkan kena hujan

Hujan membawa pengaruh yang dingin pada tubuh kucing dan bisa memperburuk kondisi kucing apabila dibiarkan terkena hujan.

Kondisi ini sangat bisa diantisipasi, apabila awan sudah terlihat mendung dan akan turun hujan, masukkanlah kucing anda kedalam kandangnya atau kerumah asalkan semua pintu ditutup rapat.

9. Jangan biarkan tidur diluar rumah pada malam hari

Cara Mengobati Kucing Flu

Jangan pernah membiarkan kucing anda tidur diluar rumah pada malam hari, apabila kandangnya berada diluar.

Bagaimanapun caranya anda harus memasukkannya kerumah dan berilah kehangatan untuk dia beristirahat.

10. Bawa ke dokter hewan

Apabila anda sudah mencoba cara-cara yang ada pada point diatas, mengunjungi dokter hewan merupakan sebuah alternatif paling jitu.

Selain lebih ahli, dokter mempunyai obat-obat atau saran yang lebih jitu pula. Karena tidak menutup kemungkinan apabila kucing anda terkena penyakit yang berbeda.

Maka membawanya ke dokter hewan terdekat adalah opsi paling dianjurkan agar kucing anda bisa sehat dan bermain kembali.

Demikian cara mengobati kucing flu yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tags: cara mengobati flu kucing, menjemur kucing flu, obat kucing yang flu