Berikut akan dijelaskan mengenai cara mengobati kucing mencret.

Sebelumnya harus diketahui bahwa kucing merupakan hewan yang sangat mudah terkena diare atau mencret yang menggerogoti pencernaannya.

Penyebabnya pun bermacam-macam dan lebih daruratnya lagi, ada juga kucing mencret kemudian muntah dan lemas, sampai ada yang berdarah.

Lihat juga: Cara Mengobati Kucing Flu.

Ciri-ciri kucing yang terkena diare

Cara Mengobati Kucing Mencret

Biasanya kucing sehat akan mempunyai kotoran yang padat tapi bila dia sedang diare teksturnya akan lebih encer dan intensitas buang air nya pun lebih sering dari sebelumnya.

Tidak jauh berbeda dari keluhan seorang manusia ketika sedang diare, di kucingpun sama.

Jika sudah mengetahui ciri-ciri kucing diare anda juga harus mengetahui penyebabnya. Diare pada kucing mempunyai kategori dalam 2 tingkatan, yaitu level ringan dan level berat.

Penyebab kucing diare level ringan

Cara Mengobati Kucing Mencret

1. Makanan

Apakah anda sering memberikan makanan yang berbeda beda pada kucing? Hal ini bisa menjadi salah satu faktor terjadinya diare, apalagi bila sikucing diberikan makanan sisa.

Perlu di ingat bahwa pencernaan kucing sangatlah sensitif. Jadi usahakan untuk memilih makanan yang sudah cocok pada kucing.

2. Minum

Ketika ingin memberi minum janganlah asal asalan, karena air minus yang tidak higienis bisa menjadi salah satu faktor terjadinya diare.

Meski begitu, kucing terkadang bisa meminum air yang ada diluar rumah. Maka dari itu jaga kucing anda dengan baik.

3. Iklim

Iklim juga bisa menjadi penyebab kucing diare, karena disaat pergantian iklim bisa membuat kucing stres. Sehingga kondisi tubuh kucing menjadi drop dan mudah terjangkit diare.

4. Stres

Seperti pada point sebelumnya, apabila kucing dalam kondisi stress, fisiknya drop dan mudah terjangkit penyakit, dan anda harus mengetahui ciri cirinya ketika ia stress.

Selain faktor iklim juga karena pergantian majikan atau hadirnya orang baru dilingkungannya.

Penyebab kucing diare level berat

Cara Mengobati Kucing Mencret

1. Virus atau Bakteri

Bakteri Escherichia coli merupakan bakteri atau virus yang bisa menyebabkan diare.

2. FIV / AIDS pada kucing

Penyakit ini sangat berbahaya bagi kucing selain itu juga bisa membahayakan manusia dan bisa menular melalui gigitan. Tapi penyakit ini sangat jarang terjadi pada kucing

3. Radang usus

Penyakit ini bisa ditemui pada kucing yang belum di vaksin dan bisa menyebabkan muntah, anemia serta diare yang akut pada kucing.

4. Ginjal rusak

Hal ini bisa terjadi apabila pemberi air minum yang kurang. Kucing sangat butuh banyak cairan pada tubuhnya. Maka berilah air putih yang cukup serta dibarengi dengan memberikan makanan kering.

Cara mengobatinya kucing mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret

1. Yogurt

Cara mengobati kucing mencret yang pertama yaitu dengan memberi yogurt. Berilah yogurt pada kucing. Karena yogurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus, yang masuk jenis bakteri non patagon.

Menurut para ahli bakteri ini sangat baik bagi pencernaan pada tubuh. Pilihlah yogurt yang kadar laktosa rendah dan berikan 1-2 sendok setiap hari.

2. Oralit khusus hewan

Oralit khusus hewan bisa dibeli di pet shop terdekat, cobalah untuk beli dan tanyakan saran pemakaiannya.

3. Multivitamin

Multivitamin juga bisa didapat di pet shop. Selain mengobati diare pada kucing, multivitamin bisa juga dijadikan pencegah diare.

4. Memberi obat cacing

Bisa karena cacing, kucing anda terkena diare. Maka cobalah untuk memberikannya, barangkali kucing anda benar mengalami cacingan.

5. Memberikan tempe

Tempe bisa mengobati penyakit mencret pada kucing, belilah tempe kemudian masak lalu berikan kepada kucing, alangkah baiknya dimasak dengan cari direbus agar kandungannya tetap terjaga.

Apabila terjadi hal hal diluar penjelasan diatas sebaiknya anda membawa kucing ada ke dokter hewan sebelum terlambat.

Semoga artikel cara mengobati kucing mencet ini ini bisa bermanfaat buat semua.