Hello catlovers! Mungkin diantara kalian yang baru saja memiliki kucing atau sedang mau merawat kucing tapi takut si kucing tidak happy?

Memang sih merawat kucing itu tidaklah mudah, tidak semua kucing jinak kepada pemilik baru ataupun tempat baru.

Jika dirasa ada sesuatu yang asing untuk si kucing biasanya akan bereaksi menolak dengan cara mereka seperti contohnya kabur dari rumah, tidak mau didekati, tidak mau disentuh, nyakar-nyakar, ngumpet dan masih banyak lagi aksi penolakan lainnya.

Sebagai pemilik pasti sedih dong, pengennya kan pelihara kucing biar bisa jadi temen gemesnya eh malah si kucing ngamuk-ngamuk terus.

Sebagai catlovers sejati jangan menyerah yaa apalagi sampai membuangnya. Jangan sampai pokoknya! soalnya ada banyak jalan yang bisa kita lakukan untuk menjinakkan kucing kesayangan kita lho.

Lihat juga: Cara Membuat Baju Kucing.

Cara Menjinakan Kucing

Simak baik-baik yaa langkah-langkah cara menjinakkan kucing ini penting banget lho untuk catlovers apalagi newbie hehe.

1. Menamai kucingnya

10 Tips Cara Menjinakan Kucing

Langkah pertama adalah memberi nama untuk si kucing. Biasanya nih kucing tanpa nama dipanggil pus-pus atau maniisss-maniisss langsung sudah merespon.

Namun ternyata tanpa panggilan khusus membuat kucing merasa kurang spesial lho pada pemiliknya dan jika punya banyak kucing pasti akan terasa cukup kesulitan pada saat mengaturnya misalnya si pemilik hanya ingin memanggil satu kucing saja yang dituju namun saat dipanggil semuanya menyaut.

Nah disinilah pentingnya memberi nama untuk kucing kesayangan kita.

Nama biasanya memberikan arti khusus untuk si kucing tersebut, dan kalau bisa namanya jangan yang susah-susah biar si kucing juga tidak bingung saat dipanggil.

Lalu ajarilah si kucing mengenal namanya dengan cara sering memanggilnya dengan nama tersebut sembari diberikan treatment khusus untuk meyakinkan si kucing bahwa itulah namanya dia.

2. Memberikan kenyamanan tempat

Cara menjinakkan kucing yang kedua bisa ditempuh dengan memberi tempat yang sangat nyaman tujuannya agar si kucing betah, bisa rilex dan tidak memberontak apalagi sampai stress.

Tempat nyaman disini berarti tempat yang bersih terus rapi serta terawat dengan baik. Pada saat kalian membawa kucing tersebut kerumah, usahakan semua sudut ruangan sudah bersih dan rapi untuk memberikan kesan pertama yang baik bagi si kucing.

Karena kucing biasanya akan meng-explore sudut-sudut rumah dan menentukan sendiri tempat yang paling nyaman untuknya.

3. Memberi makan dan minum

10 Tips Cara Menjinakan Kucing

Langkah ketiga adalah menyiapkan makanan dan minuman yang sesuai kebutuhan si kucing. Sebaiknya memberi makanan atau minuman yang kucing tersebut doyan dan menyukainya.

Kalau tidak doyan ya jangan dipaksa nanti malah ga mau makan terus sakit kan repot.

Terus berikan makan secara rutin dan terjadwal untuk membiasakan kucing dan menjaga berat badan serta gizi yang dibutuhkan oleh si kucing.

4. Mengajak bermain

Langkah selanjutnya yaitu mengajak kucing bermain. Kucing yang baru saja masuk kerumah baru biasanya akan sedikit kebingungan dan terdistraksi dengan banyak hal karena dianggap masih baru.

Hal itu wajar sih cuma kadang jadi ga mau dideketin, atau memberontak kalau dipegang karena rasa penasarannya yang besar pengen kesana kemari.

Nah disinilah saatnya kalian mencoba mengajaknya bermain, bisa dengan menggunakan alat mainan kucing, menggodanya dengan menggelitik agar kucing merasa lebih homey didalam rumah barunya.

Dengan mengajak bermain ini juga akan terbangun kedekatan dan ikatan dengan sang pemilik baik secara fisik maupun secara emosional.

5. Memperkenalkan lingkungan

10 Tips Cara Menjinakan Kucing

Nah kalau sudah merasa cukup nyaman dengan lingkungan didalam rumah, jangan langsung memasukkan kucing ke kandang, sebaiknya cobalah pelan-pelan memperkenalkan ke lingkungan di sekitar contohnya dihalaman rumah, atau lingkungan sekitar rumah agar bisa beradaptasi.

Jika sudah dirasa tidak stress atau terlihat lelah baru bisa membimbingnya ke kandang sekaligus menunjukkan tempat tinggalnya biar dia tidak merasa seperti dikekang jika dikandang.

Kan kalau dikandang pas kecapekan si kucing bisa istirahat terus dia merasa nyaman dan menstimuluskan bahwa tidurnya adalah disitu.

6. Melatih kucing

Cara menjinakkan kucing selanjutnya adalah melatih kucing, hal ini dilakukan jika kucing sudah merasa disitulah rumahnya.

Yang dimaksudkan dalam melatih disini adalah melatihnya melakukan aktifitas-aktifitas tertentu seperti jika ia ingin pup.

Agar tidak pup sembarangan perlu dilatih ditunjukkan dimana tempat ia bisa pup, pelatihan pup ini sangat tepat sekali dilakukan pada saat si kucing sudah kebelet. Jadi sebagai pemilik harus bisa memperhatikan kapan ia merasa ingin pup.

7. Memberikan perlakuan yang lembut

10 Tips Cara Menjinakan Kucing

Ada beberapa orang yang tidak memperlakukan kucingnya dengan baik.

Contoh nyatanya adalah jika kucing naik ke meja lalu si pemilik memarahinya dengan nada yang keras atau bahkan sampai melakukan fisik seperti menyelentik telinga, menendang, menepuk punggungnya dengan keras dan perlakuan kasar lainnya.

Tentu ini membuat kucing merasa seperti disiksa dan akan menjauh dari sang pemilik karena perlakuannya yang tidak baik.

Jadi gunakan cara lain jika kucing melakukan kesalahan, namanya juga hewan kan nalurinya berbeda gengs.

Perlakuan lembut disini contohnya dengan mengelus-elus tubuhnya, memberinya pujian jika ia melakukan sesuatu yang menurut kita baik.

Menggendongnya dengan lembut, menyisir bulunya, sesekali berikan pijatan kecil-kecil.

8. Mengajak bicara

Katanya kucing itu bisa mengetahui maksud yang kita katakan lho. Dan sepertinya iya juga sih soalnya mereka juga langsung merespon apa yang kita ucapkan.

Jadi penting banget nih mengajak komunikasi dengan si kucing agar ia juga merasa dianggap ada dan dibutuhkan.

Selain itu juga biasakan kucing mendengar suara-suara yang bersifat bising atau ramai, karena kadang ada beberapa kucing yang merasa takut jika ada keramaian.

9. Membawanya jalan-jalan

10 Tips Cara Menjinakan Kucing

Nah kalau si kucing sudah merasa terbiasa dengan keramaian, maka ia bisa kita Ajak sesekali berjalan-jalan diluar rumah seperti di taman bermain.

Selain memberikan suasana baru untuk kucing kesayangan tetapi juga bisa membuat kucing lebih happy dan lebih menyanyangi kita lho.

10. Membuat percaya diri

Kalau kucing sudah merasa disayangi oleh kita, maka kucing tersebut menjadi percaya diri.

Jika sudah percaya diri si kucing pasti akan jinak, mau digendong, mau dielus, tapi yang lembut yaa ngelusnya dan akan terbangun insting yang kuat terhadap pemiliknya. Selain itu kucing juga pasti akan menjadi lebih manja.

Sebenernya masih bisa ditambah lagi dengan merawat kebersihannya melalui rutin melakukan grooming agar dia selalu wangi dan bersih, rutin memberikan vitamin agar tetap sehat, bugar dan terhindar dari penyakit-penyakit kucing.

Sesekali berilah snack cemilan kucing agar kucing merasa ada variasi makanan yang ia rasakan.

Perkenalkan dengan anggota keluarga lainnya atau siapapun agar bisa lebih berinteraksi dengan orang lain.

Begitulah cara menjinakkan kucing yang baik, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian yang merasa kesulitan menjinakkan si kucing.