Banyak masyarakat yang sangat senang sekali untuk memelihara kucing.

Memelihara binatang yang satu ini memang sangat menyenangkan karena mereka sangat lucu dan juga menggemaskan.

Kucing memiliki sifat yang sangat jinak, senang bermain serta memiliki wajah dan bentuk tubuh yang tidak akan membuat pemiliknya merasa bosan.

Hal ini juga yang menyebabkan kucing sering dipanggil dengan sebutan manis. Mereka memiliki wajah yang sangat manis sehingga tidak membosankan ketika dipandang.

Jika anda adalah penggemar kucing, sebaiknya melakukan perawatan dengan baik. Salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat adalah bulu.

Berikut ini adalah informasi mengenai cara merawat bulu kucing yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun sebelumnya anda perlu untuk memahami apa saja yang harus diperhatikan pada kucing anda.

Kucing yang sangat anda sayangi apabila mendapatkan perawatan yang tepat nantinya akan terlihat semakin cantik dan juga nyaman saat disentuh.

Selain itu, perawatan yang tepat juga akan membuat kucing selalu sehat. Jika kucing anda sehat biasanya bulu akan terasa sangat lembut, tidak mudah rontok serta lebat berkilau.

Namun apabila kucing sedang sakit, bulu yang menyelimuti tubuhnya juga akan terlihat kusam dan jelek. Cara rawat bulu kucing terbilang mudah karena anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat yang sederhana.

Sebelum anda mulai untuk perawatan, anda perlu untuk mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan bulu kucing menjadi rontok.

Kucing yang kurang nutrisi biasanya akan mengalami masalah ini. Oleh karena itu penting sekali anda untuk memberikan pakan kucing yang baik agar kucing selalu sehat dna bulunya juga sehat.

Selain makanan, kebiasaan kucing bermain diluar atau ditempat yang kotor juga dapat menyebabkan bulunya menjadi tidak sehat.

Lihat juga: Cara Membersihkan Telinga Kucing.

Menjaga kebersihan bulu

Cara Merawat Bulu Kucing Yang Mudah Dilakukan

Jika anda akan melakukan cara merawat bulu kucing, sebaiknya dimulai dengan menjaga kebersihan bulu terlebih dahulu.

Cara untuk membersihkan bulu kucing adalah dengan cara memandikannya secara teratur misalnya saja 2 minggu sekali atau tergantung jenis kucing anda.

Jika anda memiliki kucing blacan atau bengal tentu saja akan sangat mudah untuk memandikan kucing secara rutin seminggu sekali karena mereka sangat senang untuk bermain air.

Ketika anda memandikan kucing, pastikan anda menggunakan air yang hangat dna juga menggunakan sampoo yang tepat.

Ada banyak sekali sampo yang bisa anda temukan di toko keperluan binatang peliharaan. Jika kucing anda memiliki kutu, pilihlah sampo yang sekaligus membantu untuk mengusir kutu.

Adanya kutu pada kucing akan menyebabkan kucing terlihat kumuh dan juga sangat menyiksa kucing karena tidak nyaman.

Mereka akan sangat sulit untuk mengusir kutunya sendiri apalagi jika kutu tersebut sangat banyak.

Ada banyak sekali kucing yang mengalami masalah seperti ini sehingga anda harus segera untuk mencari solusi. Jika anda telah melakukan langkah satu ini maka selanjutnya anda bisa mulai melakukan perawatan lainnya.

Memandikan kucing bukan hanya akan membantu kucing untuk mendapatkan bulu yang bersih dan wangi saja melainkan juga akan menghindarkan kucing dari berbagai macam jenis penyakit kulit.

Kebersihan telinga hidung dan juga bagian tubuh lainnya akan sangat penting karena kucing yang bersih tidak akan membawa penyakit yang dapat menular kepada manusia.

Perawatan memandikan kucing memang menjadi hal yang sangat penting. Jika kucing jarang dimandikan, penampilan kucing akan terlihat kurang menarik dan bahkan tidak nyaman saat disentuh.

Cara memandikan kucing

Cara Merawat Bulu Kucing Yang Mudah Dilakukan

Jika anda ingin memandikan kucing sendiri, tentu saja ada cara membersihkan bulu kucing yang bisa anda lakukan. Pertama-trama siapkan air hangat, sampo khusus untuk kucing dan juga handuk untuk kucing anda.

Usap terlebih dahulu kucing supara merasa nyaman. Kucing biasanya merasa tidak nyaman untuk mandi namun jika sudah terbiasa dimandikan, kucing lama kelamaan juga akan merasa terbiasa.

Selanjutnya anda bisa menyiramkan air hangat ke bagian tubuh kucing secara perlahan. Lakukan beberapa kali hingga benar-benar basar. Lalu jangan lupa untuk mengusapkan air di kepala kucing juga agar kepala basah dan bisa disampo.

Teknik menyiram kepala harus hati-hati karena jika anda menyiramkan banyak air langsung ke kepala kucing nantinya mereka akan merasa tidak nyaman dan berontak.

Sesekali ajak kucing anda berbicara dari hati ke hati agar mereka tetap nyaman selama proses mandi.

Terkadang kucing yang aktif berbicara seolah mengajak komunikasi kepada tuannya agar segera menghentikan proses pemandian karena merasa tidak nyaman.

Namun jika anda dan kucing telah memiliki ikatan batin yang baik, tentu anda bisa merasakan sendiri bagaimana perasaan si manis ketika dimandikan.

Sambil mengajak berbicara anda bisa tuangkan sampo lalu gosok secara perlahan. Gunakan kain kecil atau sapu tangan untuk membersihkan bagian-bagian seperti telinga, jari-jari, bahkan hingga bagian belakang kucing.

Lakukan dengan baik agar kucing benar-benar bersih dari kotoran. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian hidung dan bawah dagu karena tempat itu sering sekali kotor karena terkena sisa-sisa makanan.

Cara Merawat Bulu Kucing

Cara Merawat Bulu Kucing Yang Mudah Dilakukan

Jika sudah dirasa bersih, cara merawat bulu kucing selanjutnya adalah anda dapat mulai untuk menyiram dan membilas tubuh kucing. Lakukan dengan benar dan jangan sampai sabut masuk ke mata dan hidung si manis.

Jika sudah bersih, ambil handuk atau kain pengering untuk mengeringkan bulu. Setelah air berkurang, gunakan hair drier untuk memastikan bulu kucing benar-benar kering sempurna.

Cara untuk memandikan kucing ini sangatlah mudah sekali dilakukan sendiri di rumah anda. Anda tidak perlu membawa kucing ke salon jika telah terbiasa memandikan kucing sendiri.

Memberikan bedak

Bedak adalah bagian yang juga tidak kalah penting. Ada banyak jenis bedak kucing yang bisa anda temukan di toko perlengkapan binatang peliharaan.

Anda bisa mendapatkan bedak yang berfungsi menyehatkan kulit dan juga menghilangkan kutu. Anda jangan sampai memberikan bedak manusia kepada kucing karena tidak akan cocok dengan kulit kucing anda.

Berikan bedak setelah bulu kering paling tidak dua minggu atau bahkan seminggu sekali agar kulit kucing selalu terawat dan bebas dari kutu.

Menyisir

Cara Merawat Bulu Kucing Yang Mudah Dilakukan

Cara untuk merawat bulu kucing selanjutnya yang harus dilakukan agar rambut atau bulu kucing anda sehat adalah melakukan penyisiran secara benar. Menyisir bulu kucing bisa menggunakan sisir khusus.

Anda dapat menemukan sisir khusus untuk bulu kucing dengan sangat mudah. Biasanya sisir untuk bulu kucing memiliki bentuk yang seperti sikat halus.

Sisir ini bukan hanya berfungsi untuk merapikan rambut kucing saja melainkan juga membantu untuk menghilangkan rambut yang rontok atau rapuh.

Selanjutnya setelah dibersihkan dari bulu yang rontok, rambut akan benar-benar terlihat lebih bersih dan juga sangat rapi.

Dengan mengetahui cara merawat bulu kucing anda akan mampu melakukan perawatan sendiri tanpa harus menghabiskan banyak biaya karena membawa kucing ke salon.

Cara perawatan diatas bisa digunakan untuk merawat berbagai macam jenis kucing bukan hanya untuk kucing bulu panjang saja melainkan bisa juga untuk kucing lokal.