Kamu pasti ingin memelihara kucing Anggora. Tapi, bisakah kamu merawatnya?

Perawatan yang cukup sulit memang kerap jadi halangan banyak orang untuk memutuskan memelihara kucing yang imut ini.

Faktanya, memang diperlukan kehati-hatian dan pengetahuan khusus cara merawat kucing Anggora.

Dengan perawatan yang baik dan benar, kucing Anggora kesayanganmu bukan hanya akan terjaga kesehatannya tapi juga kecantikannya.

Lihat juga: Cara Membuat Mainan Kucing.

Bagaimana Cara Merawat Kucing Anggora?

Sebenarnya, di sela-sela kesibukanmu pun kamu tetap bisa merawat kucingmu. Ingin tahu caranya? Berikut adalah beberapa panduan merawat kucing Anggora yang harus kamu ketahui:

5 Cara Merawat Kucing Anggora

1. Makanan

Ini adalah aspek yang paling penting dalam perawatan kucing peliharaanmu. Di sini, kamu harus benar-benar teliti. Perlu diketahui, sangat tidak dianjurkan bagi para pecinta kucing Anggora untuk memberinya makan makanan berkaleng atau wet food.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati jika ingin memberinya makan daging ataupun ikan. Sebaiknya, berilah makanan kering atau dry food namun tak boleh berlebihan.

Dengan pemberian makanan yang tepat, pengaruh yang didapat sangat besar karena akan berkaitan dengan pertumbuhan tubuh, kecantikan bulu dan juga umur si kuicng Anggora itu sendiri. Jadi, berilah makanan yang tepat agar tetap sehat.

2. Minuman

Memberi minum kucing ternyata ada ilmunya juga, lho. Jadi kamu tak boleh memberi minum kucing Anggora kesayanganmu asal-asalan. Perlu kamu ketahui, kucing Anggora tidak boleh minum susu yang biasa diminum manusia.

Selain itu, kucing Anggora juga tidak boleh minum susu dalam jangka yang panjang dan terlalu sering. Hal itu justru bisa menyebabkan masalah pada kesehatannya.

Untuk yang lebih aman, sebaiknya kamu cukup memberinya minum air matang. Pastikan kucingmu tidak dehidrasi. Jadi, selalu sediakan minuman untuk kucing Anggora kesayanganmu, ya!

3. Tempat Tinggal

5 Cara Merawat Kucing Anggora

Cara merawat kucing Anggora tidak bisa lepas dari yang namanya tempat tinggal. Bukan hanya manusia saja, kucing juga butuh tempat tinggal. Di sini, yang perlu kamu perhatikan adalah kebersihannya.

Tapi bersih saja tak cukup, kamu harus pastikan ia merasa nyaman tinggal di kandangnya. Untuk membuatnya nyaman, kamu harus menyediakan kandang yang cukup luas agar ia bisa bebas bergerak.

Seperti kita tahu, kucing Anggora adalah kucing yang cukup aktif, tidak seperti kucing Persia yang lebih cenderung suka bermalas-malasan. Kamu bisa juga membuat sendiri kandang untuk kucing Anggora kesayanganmu.

Tapi kalau tak ingin repot, pesan saja di petshop. Untuk kotak pasir, kamu harus membersihkannya setiap hari sedang kandangnya cukup dibersihkan seminggu sekali saja.

4. Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang paling penting dan perlu diperhatikan. Begitu juga dengan kucing Anggoramu. Untuk masalah kesehatan, mungkin kamu bukan ahlinya. Jadi, kamu harus rutin membawanya ke dokter hewan untuk cek kesehatan.

Dokter hewan akan menyarankan untuk vaksinasi dan mungkin pemberian vitamin kucing.

Sebaiknya kamu ikuti saja apa yang disarankan oleh dokter hewan tersebut agar kucing Anggora kesayanganmu selalu sehat dan bugar.

5. Kecantikan

Tips merawat kucing Anggora haruslah menyeluruh. Artinya, perawatan bukan hanya meliputi makanan, minuman, kandang, dan kesehatan saja namun juga kecantikan.

Untuk menjaga kecantikannya, kamu perlu memandikannya. Tapi jangan terlalu sering, cukup 1 atau 2 minggu sekali saja, ya! Selain bersih, ia juga akan harum.

Jangan lupa untuk menyisir rambutnya agar tetap rapi, tidak kusut dan terawat. Tapi jangan terlalu kasar, ya! Jika perlu, mungkin kamu bisa memberikannya produk perawatan bulu kucing agar semakin cantik.

Tips-tips dalam Merawat Kucing Anggora di Rumah

Selain panduan cara merawat kucing Anggora di atas, masih ada lagi beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan. Jadi, pelajarilah beberapa tips di bawah ini agar perawatan kucing Anggora milikmu bisa maksimal!

5 Cara Merawat Kucing Anggora

Perhatikan Gaya Hidupmu

Kucing Anggora sangatlah aktif, namun ia adalah kucing yang haus kasih sayang. Ia suka dimanja. Jika kamu tak peduli dan membiarkannya kesepian, bisa saja ia akan berubah sikapnya padamu.

Untuk itu, kamu sebagai pemilik harus bisa membagi waktu untuk kucingmu meski kamu terlalu sibuk. Jangan lupa sesekali ajaklah ia jalan-jalan dan bermain bersama. Jika tidak siap, mending pikir-pikir lagi sebelum membeli kucing ini.

Pilih Kandang yang Ideal

Kucing Anggora memang menghabiskan waktunya dalam rumah. Tapi bukan berarti tak butuh kandang. Kandang sangat diperlukan agar kucing Anggora kesayanganmu tidak main-main di tempat terlalu tinggi hingga membahayakan dirinya.

Seperti kita tahu, kucing Anggora sangat aktif saat bermain. Cara menjaga kucing Anggora tidak sulit kok. Cukup buatkan kandang yang cukup luas dan biarkan ia bermain di dalamnya dengan aman.

Selain itu, pasir zeolite juga diperlukan. Ini adalah pasir khusus kucing yang multifungsi. Pertama, pasir ini berfungsi untuk alas agar tetap hangat. Kedua, pasir ini juga bisa digunakan untuk tempat buang air.

Jadi, kamu harus menggantinya secara rutin. Umumya, pasir zeolite harus diganti 3 hari sekali. Tapi untuk pembersihan kandang, maka boleh dilakukan sekali dalam seminggu.

Lain halnya jika kucing Anggora kesayanganmu bisa buang air di WC, maka perawatan akan jauh lebih simpel karena kamu tak perlu mengganti pasirnya terlalu sering.

Perhatikan Makanannya

5 Cara Merawat Kucing Anggora

Makanan sangat berpengaruh pada kesehatannya. Jangan sampai kucing Anggora kesayanganmu obesitas atau mengalami masalah kesehatan lain. Pertama, kamu harus memperhatikan jenis makanannya.

Di sini, yang paling penting adalah memastikan kucing Anggora milikmu memperoleh nutrisi yang cukup. Begitu juga dengan makanan yang harus dihindari, kamu juga harus tahu.

Apa itu? Jawabannya tak lain lagi adalah karbohidrat.

Jika terlalu banyak karbohidrat yang masuk, maka bisa menyebabkan diabetes dan bahkan penyakit jantung. Sedangkan nutrisi yang paling dibutuhkan adalah protein.

Lalu, jumlah gizi yang masuk juga sangat penting untuk diketahui. Perlu diketahui, kucing Anggora betina membutuhkan sekitar 300kcal per hari. Lain halnya dengan kucing Anggora jantan, mereka membutuhkan sekitar 400kcal per hari.

Untuk pola makannya, sebaiknya kamu memberi makan kucing kesayanganmu setiap pagi dan juga sore secara rutin. Jangan lupakan tempat makan!

Pastikan tempat makan selalu bersih. Jika tempat makan kotor, otomatis makanan kucing juga akan ikut kotor. Tempat makan favorit kucing Anggora adalah baki, bukan mangkuk.

Memonitor Berat Badannya

Obesitas memang menjadi masalah paling serius bagi kucing. Jadi, jangan sampai kucing Anggoramu mengalami obesitas. Untuk itu, salah satu cara merawat kucing Anggora adalah dengan memonitor berat badannya.

Berapa berat badan ideal kucing Anggora? Untuk kucing Anggora jantan, berat idealnya ialah 12 pound yaitu 5,5 kg.

Berbeda lagi dengan kucing Anggora betina, berat idealnya adalah 8 hingga 12 pound atau kurang lebih 3 hingga 5 kg.

Jika kucingmu melebihi berat di atas, maka kamu harus mengurangi asupan hariannya agar bobotnya kembali ideal.