Memeilihara kucing memang menyenangkan banget.

Apa kamu juga ingin memelihara kucing?

Jika kamu belum bisa beli kucing Persia ataupun kucing Anggora, mungkin kamu bisa memulainya dari kucing kampung dulu.

Memelihara kucing kampung tak kalah menyenangkan dengan memelihara kucing Persia dan Anggora.

Asal tahu cara merawat kucing kampung, kucing peliharaanmu tak akan kalah cantiknya dengan kucing-kucing import yang mahal.

Lihat juga: Cara Membuat Kucing Kampung Gemuk.

Tips-tips Penting dalam Memelihara Kucing Kampung

5 Cara Merawat Kucing Kampung

Dibanding dengan kucing lain, kucing kampung memiliki sifat yang agak lebih liar. Artinya ia tak hanya bermain di dalam rumah saja tapi juga bermain ke kebun, jalan, dll.

Sayangnya banyak yang masih belum tahu betul cara memelihara kucing kampung dengan baik dan benar. Itulah kenapa kami memberikan tips yang perlu kamu perhatikan dan ikuti:

1. Memelihara Kucing dari Kecil

Daripada memelihara kucing kampung saat sudah besar, akan lebih menyenangkan dan berkesan jika kamu coba memeliharanya sedari masih kecil.

Kucing kampung kecil memang masih sangat imut-imut. Selain itu, kamu juga bisa membentuk karakter kucingmu sesuai keinginanmu jika kamu memeliharanya dari kecil.

Jika memelihara kucing yang sudah dewasa, belum tentu kamu suka sifatnya, kan?

Lalu, kucing usia berapa yang cocok kamu pilih? Mungkin kucing kampung usia 3 bulan akan sangat ideal karena sudah bisa minum sendiri tanpa air susu induknya.

Jadi, perawatannya pun tidak akan terlalu sulit.

2. Memberi Makan yang Cukup

5 Cara Merawat Kucing Kampung

Apapun hewan peliharaanmu, kamu wajib memberinya makan. Begitu juga dengan kucing kampung, kamu juga harus tahu makanan yang dibutuhkannya.

Perlu kamu ketahui, secara naluri makanan favorit kucing kampung adalah ikan dan juga daging hasil buruannya. Tapi kebiasaan makan ikan dan daging bisa dirubah jika kamu membiasakan makanan rumah sejak kecil.

Cara merawat kucing kampung harus benar-benar memperhatikan aspek yang satu ini. Jika kamu memang berniat memelihara kucing kampung, kamu harus menyediakan makanan dan minuman yang layak dan cukup.

Misalnya, coba mulai memberinya makan nasi dengan campuran ikan yang sudah dihaluskan. Agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, sediakan makan 2 atau 3 kali sehari, yang penting jangan terlalu banyak agar tidak mengalami obesitas.

Kalau kucing kampung peliharaanmu masih cukup kecil, mungkin kamu juga perlu memberi susu dua kali sehari agar pertumbuhannya bagus dan selalu sehat.

3. Membiarkannya Berburu Tikus, Tapi Jangan Boleh Memakannya

Karakter alami kucing kampung adalah berburu tikus. Daging tikus hasil buruannya memang menjadi makanan favoritnya.

Tapi jika kamu berniat memelihara kucing kampung, sebaiknya berilah makan yang lebih layak dan lebih memiliki kandungan nutrisi yang bagus. Bukan berarti kamu melarangnya berburu tikus.

Biarkan saja kucing kampung peliharaanmu berburu tikus sesuka hati karena memang itulah sifat alaminya. Ini akan sangat membantu menjaga rumahmu jauh dari tikus dan hama.

Namun begitu, sebaiknya jangan biarkan ia memakannya karena tikus bisa mengandung banyak kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Banyak makanan-makanan sehat untuk kucing yang saat ini tersedia di petshop.

4. Membuatkan Tempat Tinggal yang Layak

5 Cara Merawat Kucing Kampung

Tips merawat kucing kampung berikutnya adalah membuatkan kandang. Memang, kucing kampung tak bisa hidup hanya di dalam rumah saja.

Tapi kamu tetap harus membatasi porsi bermain di luar dan membuatkannya kandang sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Jika memungkinkan, sebaiknya buatkan juga tempat pup dan latihlah untuk buang air di tempat itu. Jadi, kebersihan kandang akan tetap terjaga dan cukup membersihkan kandangnya tiap 2 minggu sekali.

Pastikan juga kandang kucingmu hangat dan selalu bersih agar nyaman dan tidak menimbulkan kuman penyebab penyakit.

5. Mengajak Bermain

Cara merawat kucing kampung juga mengharuskanmu meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain. Akan sangat menyenangkan jika kucing kampungmu bukan hanya sebagai hewan peliharaan saja tapi juga menjadi sahabat bermain.

Kucing kampung juga akan merasa lebih nyaman jika majikannya sering mengajak bermain, entah itu di rumah ataupun di luar rumah. Tapi, jangan sampai terlalu capek karena kucing kampung butuh waktu istirahat kira-kira 10 jam per hari.

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk dan Sehat

Kamu pasti tak mau kucing kampung peliharaanmu kurus kerempeng. Tapi kucing yang terlalu gemuk juga tak sehat.

Jadi, kamu harus tahu cara membuatnya gemuk dan sehat agar ia tampak imut-imut dan menggemaskan. Itulah kenapa diperlukan panduan cara merawat kucing kampung berikut ini:

5 Cara Merawat Kucing Kampung

1. Memprioritaskan Makanan Kaya Protein

Agar gemuk, kucing kampung peliharaanmu harus diberi makan, tapi yang berlebihan. Jika berlebihan, alih-alih menjadi gemuk & sehat tapi malah jadi obesitas dan penyakitan.

Agar kucingmu berisi dan sehat, makanan yang diprioritaskan adalah makanan yang nilai proteinnya tinggi. Misalnya adalah ikan, daging ayam rebus, dll.

2. Memberi Makan Bergizi

Selain makanan yang berprotein tinggi, makanan lain yang bergizi juga diperlukan. Salah satu yang bisa dicoba ialah biskuit kucing yang bisa kamu beli di petshop.

Selain bergizi, kucing juga pasti suka. Kadang ada juga kucing yang suka makanan aneh-aneh seperti mie, kerupuk, dll. Selama makanan itu baik, maka sah-sah saja mengizinkannya makan.

3. Memberi Asupan Vitamin

Kucing kurus biasanya karena nafsu makannya sedikit. Untuk menambah nafsu makan kucing, makan kamu perlu memberinya vitamin.

Salah satunya adalah minyak ikan yang terkenal sangat ampuh menambah nafsu makan. Kamu bisa membelinya di apotek. Ada juga makanan kucing yang mengandung vitamin yang bisa dibeli di petshop.

4. Vaksin

Kucing yang suka makan dan gemuk belum tentu terhindar dari penyakit. Agar kucing kampung kesayanganmu gemuk tapi juga sehat, maka diperlukan pemberian vaksin khusus kucing.

Untuk memberinya vaksin, sebaiknya bawa ke dokter hewan agar dilakukan dengan baik dan benar. Silahkan ikuti apa sara dokter demi kesehatan kucingmu.

5. Megajak Bermain

Jika kucing stress, nafsu makannya bisa menurun drastis. Kalau dibiarkan, kucing kampung milikmu bisa menjadi kurus. Maka, jangan biarkan ia stress dan buat ia senang.

Untuk membuatnya senang, coba sesekali ajaklah ia bermain, jangan hanya dikurung di kadang dan dalam rumah saja. Mengajaknya bermain akan membuatnya senang dan nafsu makannya terjaga.

Hasilnya, kucing kampung kesayanganmu akan gemuk dan tetap sehat. Tapi jangan lupakan juga waktu istirahatnya karena kucing kampung juga mudah capek. Jika terlalu capek, maka akan mudah terserang penyakit.

Itulah cara merawat kucing kampung yang harus kamu ketahui. Ternyata, memelihara kucing tidak sulit, ya? Selain itu, kucing juga merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan.

Sejak dulu, kucing memang sudah sering dijadikan hewan peliharaan yang sangat menghibur. Dengan mengikuti panduan di atas, kucing kampung peliharaanmu akan tumbuh sehat dan bisa menjadi sahabat yang setia di rumah.

Tags: cara merawat kucing kampung