Bagi pecinta kucing, Persia pasti menjadi jenis kucing paling disukai. Selain bulunya yang cantik, ia juga penurut dan tidak banyak tingkah.

Itulah kenapa kucing Persia menjadi primadona dalam dunia hewan peliharaan. Apakah kamu juga tertarik memeliharanya?

Sayangnya, banyak yang tidak tahu cara merawat kucing Persia dengan baik dan benar.

Banyak yang mengatakan kalau kucing Persia membutuhkan perawatan yang sulit. Padahal, kamu bisa merawatnya dengan mudah bahkan meski kamu masih pemula.

Lihat juga: Cara Mengobati Cakaran Kucing.

Panduan dalam Merawat Kucing Persia yang Baik dan Benar

Kuncinya, kamu harus tahu tips merawat kucing Persia. Ada setidaknya 10 tips yang harus kamu perhatikan. Untuk lebih jelasnya, yuk mari simak penjelasannya berikut ini:

10 Tips Cara Merawat Kucing Persia Dengan Mudah

1. Sediakan Tempat Tinggal

Meski kucing Persia tinggal di dalam rumah, ia juga tetap butuh tempat tinggal sendiri, lho.

Jadi, jangan sampai kamu menelantarkan dan membiarkannya kedinginan di lantai, ya! Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok kucing Persia.

Kuncinya, tempat tinggalnya harus nyaman. Maksudnya, kandang kucing Persia harus cukup luas, empuk untuk tidur, dan hangat. Apalagi jika kucing Persia milikmua masih kecil sekitar 2 bulanan, maka udara dingin harus benar-benar dihindari.

2. Jaga Lingkungan Kucing

Menjaga lingkungan juga sangat penting dalam merawat kucing Persia. Di sini, kalian harus menempatkannya di tempat yang aman.

Misalnya, kandang kucing Persia harus jauh dari ancaman hewan lain seperti burung, anjing, atau bahkan kucing jenis lain. Jika terganggu, kucing Persia mudah stress.

Kemudian, kebersihan juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai pemilik, kamu harus selalu menjaga kebersihan kandang dan lingkungan di sekitarnya agar ia merasa nyaman dan tentu saja terhindar dari berbagai penyakit.

3. Beri Tempat Makan & Minum

10 Tips Cara Merawat Kucing Persia Dengan Mudah

Salah satu panduan cara merawat kucing Persia adalah dengan memberikannya tempat untuk makan dan juga minum.

Jumlah tempat makan-minum tersebut tergantung pada jumlah kucing Persia yang kalian miliki. 1 ekor kucing Persia harus punya sepasang tempat makan & minum sendiri.

Tapi bisa juga kamu menyediakan tempat makan & minum yang besar untuk sepasang kucing Persia.

Untuk tempat minumnya, pastikan mudah dijangkau dan tidak mudah tumpah.

Jika tumpah, dikhawatirkan akan membuat kandang lembab dan berjamur. Atau mungkin bisa juga merusak bulu kucing Persia yang indah.

4. Penuhi Kebutuhan Makan & Minum

Setelah punya tempat makan & minum, kamu juga harus memberinya makanan serta minuman setiap hari secara teratur.

Di sini, kamu harus memprioritaskan makanan yang kaya akan protein seperti daging, ikan, dll. Sebaliknya, makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat harus dihindari seperti mie, nasi, dll.

Berbicara masalah makanan kucing, ada 2 jenis yang tersedia, yaitu dry food (makanan kering) dan wet food (makanan basah). Dry food dipercaya lebih baik tapi jika terlalu banyak juga tak baik untuk gigi.

Jadi, berilah dry food dan sesekali selingi dengan wet food. Hal ini juga bisa mencegah kebosanan dan menjaga nafsu makan.

5. Pastikan Ada Tempat Kotoran

10 Tips Cara Merawat Kucing Persia Dengan Mudah

Tak kalah pentingnya juga, kamu juga wajib menyediakan tempat kotoran untuk kucing Persia kesayanganmu.

Ini termasuk salah satu tips cara merawat kucing Persia yang paling dasar. Kucing biasanya suka kencing dan buang kotoran di pasir.

Jadi, pastikan ada tempat khusus dan diisi pasir khusus kucing. Dengan tempat kotoran dan pasir khusus kucing ini, kamu bisa lebih mudah menjaga kebersihan kandang.

Tempat tinggal kucingmu akan tetap nyaman dan bersih. Kucing secara naluri sudah bisa membuang kotoran dan menyembunyikannya dibalik pasir sejak kecil kira-kira usia 2 bulan. Pasir kucing pun ada banyak jenisnya. Kamu bisa memilih sesuai selera.

6. Mandikan Kucing Secara Teratur

Panduan merawat kucing Persia juga termasuk memandikannya. Banyak yang bilang kalau kucing tidak suka air. Tapi tidak untuk kucing Persia.

Kucing mahal ini perlu dimandikan tapi tidak terlalu sering. Tujuannya hanya untuk menjaga kebersihan badannya. Misalnya, kamu bisa memandikan kucing Persia kesayanganmu seminggu sekali.

Jika kamu tak punya waktu memandikan atau takut memandikannya, bisa juga pakai jasa petshop. Saat ini, banyak petshop yang melayani jasa memandikan kucing.

Perlu diperhatikan, bulu kucing harus benar-benar dikeringkan setelah mandi agar tidak menyebabkan jamur dan bulu rontok.

7. Berikan Vaksin

Kucing Persia bisa terkena virus dan juga bakteri yang menyebabkan penyakit. Bahkan, ada penyakit kucing yang bisa menular ke manusia.

Itulah kenapa kita perlu memberinya vaksin khusus kucing. Pemberian vaksin bisa kamu lakukan sendiri di rumah karena vaksin kucing kini sudah banyak tersedia di petshop.

Jika belum tahu caranya, kamu juga bisa membawanya ke dokter hewan untuk pemberian vaksin. Vaksin benar-benar penting untuk mencegah berbagai penyakit pada kucing.

Pemberian vaksin juga harus rutin: ada vaksin bulanan ataupun tahunan. Jadi, jangan anggap sepele masalah pemberian vaksin untuk kucing.

8. Rawat Bulunya

Tak bisa dipungkiri, bulu yang indah menjadi daya tarik dari kucing Persia. Kucing Persia memang terkenal dengan bulunya yang lebat, tebal dan cantik.

Jadi, kamu juga harus merawatnya. Salah satu tips cara merawat kucing Persia adalah dengan menyisir bulunya secara teratur.

Tujuannya agar bulu kucing Persia kesayanganmu tetap lembut dan tidak kusut. Sampo kucing juga mungkin perlu untuk mencegah kutu dan membuatnya berkilau.

Tak lupa, selalu jauhkan kucing Persia kesayanganmu dari hal-hal yang bisa menyebabkan stress karena stress bisa membuat bulu kucing rontok.

Pasti kamu tak mau kan punya kucing Persia tapi bulunya rontok? Itulah kenapa sangat penting untuk merawat bulunya.

9. Sesekali Ajak Kucing Persia Main

10 Tips Cara Merawat Kucing Persia Dengan Mudah

Ternyata, kucing juga butuh bermain, termasuk kucing Persia.

Jika kamu adalah pecinta kucing sejati, seharusnya kamu menjadikan kucing Persia kesayanganmu bukan hanya sebagai hewan peliharaan tapi juga sahabat bermain.

Sesekali, cobalah ajak kucingmu bermain ke taman atau bahkan diajak piknik. Dengan mengajaknya bermain, ia akan senang dan semakin bersahabat denganmu.

Tips ini juga bisa mencegah terjadinya stress pada kucing yang nantinya juga akan berdampak bagus baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Intinya, jangan biarkan ia jenuh di dalam kandang.

10. Kontrol Kesehatannya

Terakhir, kamu harus selalu mengontrol kesehatannya. Kesehatan kucing memang bergantung pada banyak hal seperti makanan, minuman, cuaca, kandang, dll.

Sebagai pemilik kucing yang baik, kamu harus rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan. Selain itu, kamu juga harus pastikan tidak ada cairan ataupun makanan beracun yang bisa dijangkau kucing.

Faktanya, banyak kasus kucing keracunan dengan tidak sengaja karena keteledoran majikannya.

Itulah tips cara merawat kucing Persia. Cukup mudah, bukan? Kamu sebagai pemula pun pasti bisa melakukannya sendiri di rumah.

Tags: tip cara merawat kucing yg benar