Kucing adalah salah satu peliharaan favorit untuk sebagian besar orang di dunia ini. Disamping karena kelucuannya, kucing juga punya keunikan-keunikan tertentu, selain itu kucing memiliki banyak sekali jenis rasanya diantaranya ada kucing angora, persia, maincoon, british, dan juga kucing lokal.

Meski sama-sama kucing namun mereka berbeda dari segi bentuk hingga perilakunya. Dari sekian banyak ras kucing yang ada kucing angora adalah kucing yang paling banyak diminati untuk dijadikan teman bagi pemiliknya.

Namun kebanyakan kucing anggora yang dipelihara bukanlah yang asli, melainkan sudah tercampur dengan ras lainnya, sehingga keasliannya sudah tidak kental lagi jadi kadang orang jadi salah mengira dan menyebutnyapun juga kadang ‘waton’.

Misalnya kucing anggora dikawinkan dengan ras asli American short hair kemudian hasilnya ada mix antara dua ras tersebut tetapi jika ditanyai orang itu kucing apa pasti jawabnya anggora padahal bukan.

Karena itulah jadi menimbulkan persepsi yang berbeda untuk orang lain ‘oalah jadi anggora itu seperti ini’.

Lihat juga: Ciri-Ciri Kucing Persia

Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Maka dari itu berikut ini akan dipaparkan ciri-ciri kucing angora untuk memudahkan orang membedakan yang asli dengan yang sudah bercampur dengan ras lainnya.

10 Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

1. Bagian kepala anggora

Bagian yang cukup sulit untuk dideteksi asli tidaknya adalah kepala. Karena pada bagian kepala kucing anggora ini memiliki bentuk yang nyaris sama dengan kucing lokal di Indonesia.

Begitupun dengan wajahnya juga seperti kucing lokal pada umumnya yang rahangnya membentuk seperti segitiga dan mengerucut kedepan jadi terlihat lebih ramping ditambah dengan bulu yang terdapat dibagian wajah tidaklah terlalu panjang jadi terkesan lebih anggun dan cantik.

2. Bagian telinga anggora

Kerampingan struktur kepala anggora ini juga terlihat dari bentuk telinga aslinya yang lagi-lagi hampir sama dengan kucing ras lokal yaitu berbentuk lebar pada bagian lubangnya dan memanjang mengerucut keatas dan lancip (kesan lancipnya karena hanya ditumbuhi bulu bagian bawahnya saja). Selain itu karena bentuk wajahnya yang ramping membuat telinga kucing ini yang kanan dan kiri jaraknya terlihat lebih dekat.

3. Bagian hidung anggora

10 Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Bagi mereka yang suka dengan kucing berhidung mancung maka anggora adalah peliharaan yang sangat tepat. Karena ras asli anggora ini semuanya berhidung mancung, kalau tidak mancung sudah dipastikan itu campuran dengan ras lainnya.

Hidung pada kucing anggora asli adalah mancung kedepan dan seperti sedikit keangkat jadi lubang hidungnya seperti kelihatan. Bentuk ini sama dengan kucing lokal sehingga kalau kalian mencoba mengawinkan dengan ras lokal yaa mungkin tidak akan mengalami perubahan yang banyak pada bagian wajah terutama hidungnya.

4. Bagian mata anggora

Jika pada bagian kepala mirip seperti kucing lokal tetapi ada satu keunikan yang bisa dilihat bedanya dengan yang lokal yaitu bagian matanya. Anggora memiliki mata yang cukup cantik yaitu seperti buah almond dengan posisi yang agak miring ke arah atas.

Disamping itu, mata kucing anggora biasanya mempunyai warna yang bagus dan kadang bisa berbeda-beda contohnya adalah warna kucing yang merupakan warna normal dari anggora, kemudian kadang ada juga bermata warna biru yang artinya ia mengalami tuli.

Lihat juga harga kucing anggora terbaru

Ada juga warna hijau dan kadang malah ada yang berbeda warna antara kanan dan kirinya. Cukup unik sih hanya saja mungkin perlu di bawa ke dokter hewan terdekat jika mata kucing anggora kalian terlihat tidak normal, takutnya itu menjadi tanda dari penyakit atau kelainan tertentu.

5. Bagian tubuh anggora

Ciri ciri kucing anggora asli selanjutnya yaitu dari tubuhnya berbentuk ramping dan panjang sehingga terlihat sangat langsing. Untuk jantan dan betina ada perbedaan yang cukup mencolok yaitu jantan yang terlihat lebih besar dibandingkan dengan betina.

Selain itu struktur tulang pada anggora asli terbilang bagus dan beberapa tulangnya menonjol sehingga bisa sedikit kelihatan di beberapa bagian tubuhnya.

6. Bagian kaki anggora

10 Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Kaki kucing anggora asli berstruktur panjang sehingga membuat kucing ini terlihat tinggi, udah tubuh ramping tinggi pula. Bak model mungkin ya kalau diumpamakan manusia. Selain itu kaki belakang dan depannya juga berbeda, yang belakang lebih panjang daripada yang depan, inilah yang membuat tubuh kucing anggora terlihat tubuhnya kebelakang semakin tinggi.

7. Bagian ekor anggora

Ekor pada kucing anggora asli adalah berbentuk lurus dan panjang. Jika ada yang ngruwel biasanya itu mengalami kelainan. Selain panjang, ekornya juga diselimuti bulu yang sangat panjang dan lebat sehingga harus rutin membersihkannya karena bulu yang panjang ini kadang cepat kotor yang disebabkan oleh aktifitas kucing seperti jika sedang buang air besar.

8. Bulu pada anggora

Anggora yang asli mempunyai bulu yang halus, lebat pada bagian tertentu seperti ekor dan leher serta panjang sehingga jika tidak dirawat kadang bisa ngrundel-ngrundel seperti gimbal.

Uniknya panjang pendek bulu anggora asli ini bisa menyesuaikan cuaca pada saat itu seperti pada saat musim panas maka pertumbuhan bulu anggora akan lebih pendek tetapi beda lagi jika pada musim dingin maka akan terjadi pertumbuhan bulu yang cepat dan cukup panjang.

Perawatan anggora memang tidak mudah karena bulunya yang mudah kotor apalagi kalau kucing anggora-nya sedang bermain di outdoor. Jika ingin melakukan perawatan sendiri juga bisa, mungkin dengan mengawali sering menyisir bulunya agar tidak bundet.

9. Watak dan perilaku anggora

10 Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Ciri ciri kucing anggora berikutnya adalah memiliki tingkah laku yang aktif, suka bermain, sangat energic dan cukup penurut sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan dan manusia.

Untuk wataknya kucing ini termasuk cerdas sehingga mudah untuk dilatih dan ramah oleh Karena itu ia lebih suka bersama dengan pemiliknya daripada berada didalam kandang serta memiliki rasa penasaran yang tinggi dengan daya pengamatan yang tajam. Ia juga terkenal dengan kucing yang berisik dan suka memanjat ke yang lebih tinggi.

10. Warna anggora

Untuk warna pada kucing asli anggora ini bisa bermacam-macam, ada putih, kuning, abu-abu maupun hitam, bisa juga malah campuran dari beberapa warna. Tergantung proses perkawinannya. Hanya saja jika berwarna putih mungkin agak memerlukan perawatan yang extra agar bulu tetap terlihat indah dan bersih.

Itulah ciri ciri kucing anggora asli yang bisa dilihat. Kucing anggora yang asli ini sudah sangat jarang sekali kita lihat.

Oleh karena itu jika ingin membeli yang asli biasanya harganya cukup mahal berkisar antara 5 sampai 15 juta dan memiliki sertifikat mengingat ras asli kucing anggora ini berasal dari Negara Turki.

Apalagi ditambah dengan bentuknya ras ini sangat elegan dan friendly membuat kucing ini menjadi peliharaan yang paling laris di dunia khususnya di Indonesia. Bagaimana? Sudahkah kalian memelihara anggora? atau Tertarik untuk memeliharanya juga?

Tags: ciri ciri kucing anggora mahal, KUCING ANGGORA DI INDONESIA?