Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup disenangi oleh sebagian kalangan masyarakat. Apalagi kucing ini adalah jenis hewan yang jinak, lucu dan juga menyenangkan.

Sehingga banyak orang memilih untuk memelihara kucing sebagai hewan peliharaan. Untuk kucing itu sendiri juga terdapat beberapa jenis. Mulai jenis kucing biasa, kucing persia yang tidak lain merupakan kucing rumahan dan lain sebagainya.

Pada jenis kucing yang berbeda biasanya dibedakan dengan ciri bulu yang lebat dan yang tidak, bentuk hidung dan lain-lain.

Nah, dalam pemeliharaan kucing ini harus memperhatikan banyak hal. Termasuk ketika kucing anda hamil. Anda tentu harus mengetahui cirinya. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperhatikan ciri-ciri kucing hamil.

Untuk jenis kucing tertentu, perawatan yang harus dilakukan sudah pasti berbeda. Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi kucing, perawatan untuk bulu dan lain sebagainya.

Ini berlaku jika kucing anda adalah jenis kucing rumahan seperti persia. Jika jenisnya kucing biasa, biasanya perawatan yang dilakukan akan lebih mudah. Namun tetap saja harus diperhatikan untuk makanannya dan juga perawatan seperti mandi. Hal ini agar kucing peliharaan anda tetap sehat tentunya.

Untuk hal lainnya, ketika kucing mulai masuk pada masa birahi. Maka anda juga harus mengetahuinya, apalagi jika kucing anda sedang hamil. Biasanya ada beberapa ciri yang menandai kucing sedang hamil. Yuk kita simak ciri dari kucing yang hamil.

Lihat juga: Kandang Kucing Tingkat.

Beberapa Tips Mengamati Ciri-Ciri Kucing Hamil

Ketika anda memelihara kucing, tentu bukan semata-mata karena anda menyukai kucing saja. Ada sebagian orang yang memelihara kucing untuk dikembang biakan.

Meskipun untuk dipelihara sendiri, anda tentu mengharapkan kucing anda hamil dan beranak. Apalagi jika dikawinkan dengan jenis kucing yang bagus. Sehingga menghasilkan peranakan kucing yang lucu dan juga bagus tentunya.

Nah, jika anda sudah melakukan hal ini dengan harapan kucing anda segera hamil dan beranak. Maka sebelumnya anda juga harus mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri-ciri kucing hamil.

Dengan mengetahui ciri dari kucing yang hamil, maka anda bisa mengetahui lebih dini ketika kucing anda hamil.

1. Muntah-muntah

Ciri yang pertama yang akan dialami oleh kucing yang hamil biasanya adalah muntah-muntah. Hal ini seperti halnya manusia yang sedang hamil. Namun tidak semua kucing mengalami muntah-muntah ketika hamil.

Sehingga sebaiknya ketika terjadi gejala semacam ini bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Jadi akan diketahui pasti apakah tanda kehamilan atau bukan.

2. Nafsu Makan Bertambah

10 Tips Melihat Ciri-ciri Kucing Hamil

Ciri yang selanjutnya dari kucing hamil adalah nafsu makannya yang bertambah atau meningkat. Ketika kucing sedang dalam masa kehamilan, biasanya mereka akan membutuhkan asupan protein yang lebih.

Sehingga membuat si induk harus mengkonsumsi makanan lebih banyak. Jadi, ketika nafsu makan kucing anda bertambah. Anda mungkin bisa segera memastikan apakah kucing anda hamil atau tidak. Anda juga harus memberikan makanan dan minuman yang cukup untuk kebutuhan si induk selama kehamilannya.

3. Fase Birahinya Berhenti

Tanda atau ciri bahwa kucing anda sedang hamil adalah berhentinya siklus birahi. Untuk siklus birahi itu sendiri biasanya periode 1 hingga 1 setengah bulan.

Namun ketika siklus birahinya berhenti, ini menandakan bahwa kucing anda sedang mengalami kehamilan. Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter jika anda kurang yakin atau melihat tanda lainnya.

4. Suka Tidur

10 Tips Melihat Ciri-ciri Kucing Hamil

Jika kucing anda adalah kucing yang aktif, maka ciri yang satu ini akan sangat mencolok ketika kucing mengalami kehamilan. Kucing anda mungkin akan terlihat lebih suka tidur dibandingkan biasanya.

Meskipun suka tidur, namun anda bisa meyakinkan bahwa kucing sedang mengalami kehamilan ketika melihat nafsu makannya. Jika nafsu makan bertambah maka hal tersebut menandai kucing sedang mengalami kehamilan. Namun jika kucing lebih sering tidur dan tidak nafsu makan, ini yang bisa mengindikasi bahwa kucing sedang sakit.

5. Manja

Ciri-ciri kucing hamil yang selanjutnya bisa dilihat dari tingkah kucing yang manja dan juga lebih lembut.

Jika tingkah kucing menjadi lebih manja kepada pemiliknya, maka ini bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang mengalami kehamilan. Namun ada beberapa kucing yang mungkin tidak bertingkah seperti ini.

6. Sensitif

10 Tips Melihat Ciri-ciri Kucing Hamil

Anda juga bisa melihat perubahan sikap kucing yang menjadi lebih sensitif ketika sedang hamil. Sehingga jika anda melihat sikap kucing yang menjadi sensitif dengan kucing lain.

Maka ini bisa menjadi ciri bahwa kucing sedang hamil. Hal ini terjadi karena calon induk seperti menjaga calon anaknya. Sehingga lebih waspada dengan keadaan atau kucing sekitar.

7. Puting Tampak Membesar dan Kemerahan

Ciri fisik yang sangat tampak ketika kucing mengalami kehamilan adalah perubahan yang terjadi pada putingnya. Biasanya puting kucing akan nampak kemerahan dan juga tampak membesar.

Anda bisa mengamati putingnya jika ingin memastikan apakah kucing anda sedang hamil atau tidak. Perubahan pada puting kucing sudah jelas terjadi karena nantinya untuk menyusui anak-anaknya. Jika putingnya tampak lebih memerah dan membesar, maka bisa dipastikan kucing anda sedang hamil.

8. Bulu Rontok

Pada kucing yang sedang mengalami kehamilan, anda bisa melihat pada bagian putingnya mengalami kerontokan. Sehingga puting akan terlihat lebih jelas dan bulu pada sekitar puting mulai menipis.

Hal ini karena si induk akan menyusui calon anaknya sehingga dengan rontoknya rambut akan memudahkan proses menyusui. Jika anda melihat ciri-ciri ini, maka ini mengindikasi bahwa kucing sedang mengalami kehamilan. Selain bulu sekitar puting, bulu lainnya bisa juga mengalami kerontokan.

9.Perut Membesar

10 Tips Melihat Ciri-ciri Kucing Hamil

Ciri dari kucing yang hamil bisa dilihat dengan jelas pada bagian perutnya yang semakin membesar. Ini merupakan ciri fisik yang umum dan terlihat jelas.

Sehingga lebih mudah untuk memastikan apakah kucing benar-benar hamil atau tidak. Apalagi anda akan melihat perubahan pada perut kucing setiap harinya. Jika terjadi kehamilan maka perut akan semakin membesar.

10. Keluar Air Susu

Ciri yang selanjutnya dari kucing hamil adalah keluarnya air susu. Namun untuk ciri ini akan bisa dilihat ketika kucing mengalami kehamilan dalam waktu tertentu. Sehingga untuk memastikan kehamilan kucing dengan melihat keluarnya air susu.

Biasanya ketika kehamilan kucing sudah tinggal 3 minggu menuju kelahiran si anak kucing. Anda bisa memastikan dengan cara memencet puting kucing dengan lembut. Anda bisa melihat apakah air susunya keluar atau tidak. Jika iya, sudah pasti ini mengindikasi bahwa kucing memang hamil.

Untuk memastikan apakah kucing mengalami kehamilan atau tidak, tentu anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri kucing hamil. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mendeteksi apakah kucing anda hamil atau tidak.

Lihat juga harga vaksin kucing terbaru

Terlebih lagi pada awal kehamilan kucing ini bukan hal yang mudah untuk mengetahuinya. Ada beberapa ciri yang harus benar-benar diamati. Hal ini karena ciri fisik seperti perut yang besar belum bisa terlihat.

Semoga ulasan mengenai 10 tips melihat ciri kehamilan dari kucing ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Khususnya bagi para pecinta kucing.

Tags: bentuk puting kucing yg sedang hamil