10 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Jika anda pernah datang dalam acara pentas kucing mungkin anda akan bertemu dengan salah satu ras kucing yang terkenal lucu. Inilah kucing ras Persia, merupakan ras domestik tertua di dunia yang asal usulnya dari Persia atau sekarang lebih dikenal dengan iran.

Kucing ras ini bisa hidup sampai 17 tahun lamanya. Kucing Persia yang asli ini cukup sulit untuk didapatkan karena memang populasinya yang tidak banyak meskipun tersebar di seluruh penjuru dunia.

Namun di Indonesia, ras ini tidak kalah populernya dari kucing ras lainnya dan memiliki banyak sekali peminatnya. Hanya saja beberapa orang mungkin agak bingung membedakannya dengan yang sudah campuran ras lain sehingga banyak orang kadang salah kaprah menyebut kucing yang mereka pelihara.

Makanya informasi ini sangat penting untuk kalian yang belum bisa membedakan ras asli dengan yang sudah mix ras lain dan juga agar tidak tertipu dengan penjual kucing yang membandrol harga mahal pada kucing ras mix yang diakui sebagai ras asli dan juga bisa menjelaskan kepada orang lain yang bertanya jika kalian sudah memiliki peliharaan kucing ras ini.

Lihat juga: Mengatasi Kucing Cacingan.

Ciri Ciri Kucing Persia Asli

10 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Yuk langsung simak ciri-ciri kucing Persia berikut ini.

1. Kepala kucing Persia

Ciri-ciri kucing Persia yang pertama adalah bentuk kepalanya yang bulat dan juga besar. Ras ini memiliki rahang yang cukup lebar dan juga tulang yang kuat. Tulang pipi kucing ini juga menonjol sehingga terlihat seperti gembleb gitu. Wajah datar

2. Telinga kucing Persia

Untuk telinganya, kucing persia ini berbentuk segitiga condong kedepan. Selain itu juga terlihat bulan serta lebar. Hal itu membuat kucing persia terlihat manis dan tidak garang.

3. Hidung kucing Persia

10 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Nah ini nih bagian yang paling banyak disukai banyak orang, bagian hidung persia memiliki bentuk asli yaitu pesek.

Tidak mancung seperti kucing persia domestic lainnya namun berkat kepesekan ini membuat persia asli wajahnya terlihat lebih lucu karena hidungnya yang tenggelam oleh pipinya yang bulat gembil dan tertutup cukup banyak bulu pada bagian wajahnya.

4. Mata kucing Persia

Pada bagian matanya, persia domestik baik yang bulu panjang maupun pendek mempunyai mata yang menggemaskan yaitu bundar dan juga bentuknya yang besar.

5. Badan kucing Persia

Bentuk badan persia asli ini sesungguhnya bulat dan gempal banget, terlihat gemuk serta ginuk-ginuk gitu karena tidak terlalu panjang dan didukung dengan kakinya yang pendek. Selain itu juga memiliki bentuk dada yang cukup lebar sehingga terlihat sangat gagah.

6.Kaki kucing Persia

10 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Nah pada kaki persia asli ini sebenernya tergolong pendek. Namun meskipun pendek kaki persia ini cukup kuat karena tulangnya yang besar dan tebal.

Ditambah lagi dengan bentuk cakar persia yang besar-besar pula nan kokoh ini membuat kaki persia terlihat gempulan dan malah menggemaskan.

Banyak orang tidak tahu kalau kucing ras ini mempunyai keunikan pada jarinya yaitu jumlahnya yang berbeda antara depan dan belakang.

Bagian depan terdapat 5 jari kucing dan yang kaki belakang hanya 4 jari saja. Kalau tidak percaya coba dicek yaa. Kalau ternyata sama kemungkinan besar itu sudah ter mix dengan ras yang lainnya.

7. Ekor kucing Persia

Persia ras asli ini memiliki ekor yang cukup panjang dan lebat lho. Ekornya menjadi daya tarik sendiri akan kecantikan dari persia asli ini sehingga banyak orang yang menjaga dan merawat ekornya terlalu sering seperti menyisir agar terlihat sangat cantik.

8. Bulu kucing Persia

10 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Terdapat dua jenis kucing Persia yaitu Persia yang berbulu panjang atau disebut dengan Persian longhaired dan juga Persia yang berbulu pendek atau disebut Persian exotic short hair.

Baik yang bulu panjang maupun pendek sama-sama memiliki bulu yang tebal dan lebat. Selain itu bulunya juga terlihat mengkilap sama halus banget kalau dielus. Jika dilakukan perawatan secara teratur mungkin akan terasa lebih lembut, karena bulu Persia bisa saja rontok apabila tidak dirawat dengan baik dan benar.

9. Watak dan perilaku Persia

Ciri-ciri kucing Persia berwatak keep calm, tidak suka berisik dan perilakunya tergolong anteng. Karena keantengan dan banyak diamnya ini membuat kucing Persia tidak stress jika berada didalam kandang.

Disamping itu kucing ini juga termasuk mudah dalam beradaptasi di lingkungan sekitar serta suka banget berperilaku lucu seperti tidur dengan menelentangkan badan dengan waktu yang cukup lama karena kucing ras ini merasa nyaman dan juga memberikan isyarat jika dia ingin disayang oleh pemiliknya. Kalau bermain juga terlihat sangat manis.

10. Warna kucing Persia

10 Ciri-Ciri Kucing Persia Asli

Untuk warnanya kucing ini memiliki warna asli persia yang terbagi menjadi beberapa macam warna diantaranya:

  • Warna Bicolor, yaitu perpaduan dua warna dengan pola tertentu contohnya hitam/putih, putih/perak.
  • Warna Particolor yaitu warna serta pola yang berada pada satu titik tertentu contoh warna titik hitam hanya di bagian alis.
  • Warna Silver dan golden yaitu warna bulu yang seperti perak atau emas hanya saja tidak begitu mencolok.
  • Warna Tabby yaitu warna dasar yang klasik atau mackerel juga bisa dan juga warna pathed tabby.
  • Solid colour yaitu hanya terdapat satu warna saja pada bulu kucing contohnya hitam semua, putih semua, atau abu semua.
  • Warna shade and smoke yaitu warna yang cukup gelap seperti abu-abu, asap atau agak putih tetapi tidak mengkilap, kayak hanya samar-samar gitu.
  • Warna himalayan yaitu warna yang dominan di bagian tubuh tertentu contohnya hanya ada warna putih dibagian telinga sedangkan seluruh tubuhnya berwarna hitam.

Karena persia asli memiliki banyak warna sehingga jika di mix dengan ras lainnya pun kadang tidak begitu terlihat asli atau tidaknya. Mungkin dengan bentuk tubuh seperti kaki dan hidung yang bisa dibedakan keasliannya.

Lihat juga harga kucing persia terbaru

Nah jadi itulah ciri-ciri kucing Persia yang bisa kalian lihat secara kasat mata agar bisa membedakan dengan yang sudah campuran rasnya. Jadi tidak perlu takut maupun ragu lagi untuk segera memelihara yang asli yaa.

Kalau memang menginginkan yang ras campuran juga tidak jadi masalah sebenernya, untuk di Negara kita ini kan mayoritas kucing kurus-kurus dan tidak berbulu panjang serta wajah yang agak monyong sehingga ras campurannya dengan kucing lokal atau biasa disebut kucing kampung.

Jangan takut jelek, biasanya anaknya upgrade kok banyak gen rasnya dan tentu harganya juga tidak semahal kalau yang Persia asli yaa.

Pada dasarnya semua kucing itu hewan yang lucu dan penurut nan penyayang lhoo mau kayak apapun bentuknya. Kalau ga percaya langsung pelihara yuk. Kalau sudah memelihara yaa selamat bermiauuww riaa.

Tags: ciri ciri kucing, ciri ciri kucing persia mix kampung, kucing persia asli, ciri mata kucing persia, ciri kucing persia, ciri2 kucing persia, ciri ciri anak kucing persia mix kampung, ciri-ciri kucing persia, ciri-ciru kucing persia dan mangaatnha, persia domestik

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.