Jika anda merupakan salah satu orang yang sedang memelihara kucing maka ciri-ciri kucing sakit merupakan salah satu hal yang sangat perlu untuk anda ketahui.

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri kucing sedang sakit maka tak akan bisa memberikan penanganan yang tepat untuk kucing kesayangan anda.

Memang tidak bisa dipungkiri jika kucing bisa membuat sakit karena kucing juga makhluk hidup.

Apa itu mengenali tanda-tanda kucing yang sakit merupakan bagi anda memelihara kucing.

Apa saja ciri-ciri kucing sakit? Kucing yang sedang sakit secara umum akan mengalah tanda-tanda. Adapun tanda-tanda lengkapnya bisa Anda lihat dalam uraian berikut ini.

Lihat juga: Ciri-ciri Kucing Hamil.

10 Ciri Ciri Kucing Lagi Sakit

tanda-tanda-kucing-demam 10 Ciri Ciri Kucing Lagi Sakit

Badan kucing menjadi panas

Tanda pertama jika kucing mengalami demam bentuk badannya akan terasa panas. Hal ini tidak berbeda dengan ketika demam yang diderita oleh manusia. Jika kamu memegang kucing kemudian badannya terasa panas maka kucing sedang demam.

Untuk itu langsung bawa ke dokter hewan terdekat agar kucing mendapatkan perawatan yang terbaik.

Kucing diare atau mencret

Pencernaan pada kucing biasanya sudah menyesuaikan dengan makanan yang biasa dikonsumsi kucing sehari-hari.

Anda sebagai pembeli kucing dan mengganti makanan kucing supaya menjadi akan menjadikan nurut kucing akan untuk beradaptasi lagi dengan makanan baru. Kucing menjadi diare dan demam.

Gejala demam dan diare disertai dengan muntah muntah dan kotorannya berdarah sebaiknya segera bawa kucing kesayangan Anda ke dokter hewan terdekat.

Nafsu makan kucing berkurang

nafsu-makan-berkurang 10 Ciri Ciri Kucing Lagi Sakit

Gejala dari kucing yang tidak mau makan memang ada beberapa faktor penyebabnya. Merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kucing tidak mau makan. Jika kucing sudah tidak mau makan maka silakan anda bawa ke dokter hewan terdekat.

Mulut kucing menjadi berbau

Sakit demam juga bisa membuat mulut kucing berbau. Dikarenakan nafasnya kering sehingga tidak jelas nomornya akan berbau.

Mengalami perubahan bentuk tubuh

Salah satu contoh dari adanya perubahan bentuk tubuh pada kucing seperti pembengkakan pada bagian tertentu atau ada terlihat luka merupakan salah satu tanda kucing sedang sakit.

Perubahan bentuk yang berada diluar tubuh kucing yang mudah terlihat. Selain itu kita juga harus membuka mulutnya serta mencium baunya .

jika ternyata berbau busuk atau tidak normal kemungkinan besar kucing tersebut terkena penyakit tertentu. Bisa jadi kucing terkena penyakit pencernaan, atau penyakit lain sebagainya.

Telinga kucing terasa panas

Ketika sedang mengalami demam maka daun telinganya akan terasa panas. Seperti pada bagian jidat atau dahi manusia ketika terkena demam. Jangan khawatir manakala telinga kucing terasa panas tanpa ada gejala penyakit yang lainnya.

karena kucing merupakan hewan yang bisa menaikkan suhu tubuhnya secara alami ketika merasa kedinginan. Tetapi jika panas dan disertai dengan gejala penyakit kucing lainnya seperti lesu kenapa kucing kesayangan Anda ke dokter hewan terdekat.

Kucing mengalami muntah muntah

Tanda sakit pada kucing selanjutnya yaitu kucing mengalami muntah muntah ini artinya kucing terkena penyakit panas. Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya manusia yang terkena demam biasanya juga suka muntah karena kondisi perutnya sedang tidak stabil. Begitu juga hewan lainnya.

Kucing selalu tidur

kucing-selalu-tidur 10 Ciri Ciri Kucing Lagi Sakit

Ciri kucing sakit demam selanjutnya yaitu adanya perubahan perilaku yang bisa dilihat dengan mudah. Jika biasanya kucing Anda berlari-lari atau hiperaktif maka seketika kucing Anda terus menerus tertidur , maka hal ini bisa menjadi tanda jika kucing Anda terkena demam.

Berat Badan Turun

Kucing suka tidur terus menerus, nafsu makan turun, dan rentannya imun tubuh kucing yang membuat kucing berat badannya menjadi turun drastis loh!

Bengkak Di Sekitar Tubuhnya

Ciri lainnya yaitu adanya bengkak di sekitar tubuhnya. Tetapi ini sangat jarang di temui karena tertentu saja. Kalau kucing kamu demam disertai tanda-tanda bagian tubuh kucing adanya bengkak.

Segera priksalah lalu sentuh bagian tersebut. Apakah panas atau tidak? Jika iya mungkin kucing kamu terkena demam yang memang masuk melalui area yang bengkak tersebut.

Cara mengobati kucing demam

cara-mengobati-kucing-demam 10 Ciri Ciri Kucing Lagi Sakit

Memberikan kuning telur mentah

Kuning telur ayam yang masih mentah memiliki kandungan beragam macam lemak serta protein yang sangat baik untuk kucing yang kamu pelihara. Asupan kuning telur mentah ini bisa juga berperan sebagai penambah nafsu makan bayi kucing yang terlihat tidak nafsu makan.

Anda bisa memberi kuning telur ini ketika kucing sedang mengalami beberapa tanda seperti lemas, badan terlalu kurus kucing tidak mau makan atau kucing lebih banyak tidur.

Jika Anda ingin memberikan kuning telur mentah untuk kucing kesayangan Anda sebaiknya kamu melakukan dengan cara memberikan kuning telur mentah untuk si meong ini dengan cara menyampurkan di makanan tertentu, selain itu juga bisa diberikan melalui pipet atau suntikan tanpa jarum yang diberi lubang kecil, sehingga muat untuk masuk ke dalam mulut kucing.

Memberikan air kelapa segar

Ternyata air kelapa bukan hanya berkhasiat untuk manusia. Disamping itu air kelapa segar juga bisa digunakan untuk berbagai hal termasuk menangani kucing yang mengalami gangguan penyakit tertentu. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan beragam macam ion yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kucing.

Tidak hanya itu saja air kelapa segar yang kamu berikan pada kucing juga bisa berperan sebagai penawar racun, sangat baik untuk mengatasi beragam masalah keracunan pada kucing. Anda juga dan mempelajari beberapa gejala rabies pada kucing supaya tahu kenapa mengerikannya racun atau infeksi virus pada kucing.

Memberi air minum yang bersih

memberi-air-minum 10 Ciri Ciri Kucing Lagi Sakit

Pemberian air minum yang bersih merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus Anda berikan pada kucing kesayangan kamu. Baik dengan kucing dalam keadaan sehat ataupun tidak.

Saat kucing sakit hal terpenting yaitu memberikan air minum yang bersih. Pemberian air minum bersih sangat cocok diberikan pada kucing yang mereka berbagai penyakit seperti lemas serta dehidrasi.

Pada prinsipnya air minum yang bersih ternyata sangat diperlukan saat kucingmu kekurangan cairan. Hal tersebut dikarenakan air mampu menggantikan cairan yang hilang pada tubuh kucing. Jangan lupa untuk melakukan pergantian air minum yang sudah kamu Siapkan pada tempat minum kucing kesayangan kamu secara berkala.

Menghangatkan tempat tidur

Tempat tidur yang nyaman bukan hanya dibutuhkan oleh manusia. Keberadaan tempat istirahat yang nyaman supaya dapat beristirahat dengan sempurna.

Dengan tempat yang nyaman untuk istirahat maka penyembuhan akan semakin cepat Dengan memberikan tempat tidurnya hangat atau kandang yang bersih untuk kucing bisa membantu kucing mu tidak terkena hipotermia.

Berikan Susu khusus kucing

Susu khusus kucing yang bisa Kamu beli di berbagai petshop mengandung taurin serta beragam macam nutrisi penting bagi kucing. Untuk memberikan susu khusus ini kamu bisa melakukannya dengan cara menyuapi nya menggunakan sendok kecil, menggunakan sedotan ataupun di suntik tanpa jarum.

Jika kucing kamu menyukai susu, tentu kucing akan bisa minum susu dengan cepat. Dengan demikian kucing kesayangan kamu akan bisa sembuh lebih cepat karena mendapat asupan berbagai nutrisi yang penting untuk tubuhnya.

Uraian terkait dengan ciri kucing sakit dan cara menanganinya. Semoga dengan melihat ciri-ciri kucing sakit tersebut maka bisa mereka penanganan yang tepat.

Tags: ciri ciri kucing sakit, kucing sakit kuning
ads