Memiliki kucing di rumah memang akan membuat suasana rumah menjadi lebih terasa hidup. Jika anda pecinta kucing tentu saja sudah sangat mengenal yang namanya kucing persia. Kucing jenis ini merupakan kucing yang banyak digemari karena memiliki beberapa karakter yang unik dengan wajah yang menggemaskan. Kucing ini sangat mudah untuk ditemukan karena banyak yang mengembangbiakkannya dan kemudian di jual. Harga kucing persia juga terbilang murah dan tidak seperti jenis kucing lainnya. Harga kucing anakan hingga dewasa tentu saja memiliki selisih yang berbeda. Harga dari kucing jenis ini biasanya sangat disesuaikan dengan ukuran dan juga karakter yang dimiliki. Semakin unik dan cantik si kucing tentu saja harganya juga akan semakin mahal.

Lihat juga: Harga Kucing Scottish Fold.

Karakter Kucing Persia

Sebelum mengetahui kisaran harga kucing persia penting juga untuk anda ketahui mengenai ciri dan karakter dari kucing persia. Dengan mengetahui karakter kucing ini maka anda akan mendapatkan kucing yang memang benar-benar persia asli dan bukan anggora atau jenis kucing lainnya. Kucing ini sangat identik dengan bentuk tubuh yang mirip dengan anggora namun akan ada beberapa perbedaan yang bisa anda temukan.

1. Bulu

Karakter bulu pada kucing persia sangat jelas yakni memiliki bulu yang panjang dan juga lebat. Selain itu, bulunya tipis dan halus sehingga akan sangat nyaman sekali untuk disentuh. Ada banyak warna bulu kucing persia dan kebanyakan yang dipelihara oleh para pecinta kucing persia adalah warna cream, putih, hitam atau yang lainnya. Bulu dari kucing ini sangat tebal di seluruh bagian tubuhnya termasuk ekor. Namun pada bagian wajah, telinga dan kaki tidak terlalu panjang karena untuk menyesuaikan fungsi tubuh.

Baca: Harga Kucing Anggora Terbaru

2. Mata

Mata adalah bagian yang juga sangat menarik pada kucing. Kebanyakan para pecinta kucing senang memandang mata kucing yang besar dan juga memiliki warna yang sangat cantik. Warna mata kucing persia cukup beragam biasanya berwarna kuning emas atau bahkan ada juga yang berwarna biru. Warna mata kucing akan sangat tergantung dengan indukannya.

3. Kaki

Bagian kaki pada kucing anggora memiliki bentuk yang tidak terlalu panjang namun tetap kokoh. Mereka sangat lincah meskipun memiliki berat badan yang lumayan. Kaki yang menjadikan mereka dapat berlari dan juga dapat melompat dengan sangat baik. Sebagai kucing hias mereka sangat menggemaskan karena mereka sangat kalem dan juga senang untuk bersantai

4. Ekor

Ekor dari kucing persia sangat panjang dan memiliki bulu yang sangat lebat. Mereka terlihat begitu gagah ketika berjalan dengan ekor yang berdiri keatas seperti kemoceng. Ketebalan bulu pada ekor membuat kucing ini semakin terlihat cantik dan juga menggemaskan. Anda akan sangat senang untuk membelai bagian tubuh kucing yang satu ini.

5. Telinga

Telinga kucing persia memiliki karakter yang sangat unik. Pada bagian ujung telinga terdapat bulu panjang yang terlihat seperti antena. Hal ini membuat mereka terlihat seperti kucing liar dibagian telinganya namun dibagian bawah terlihat seperti kucing anggora. Biasanya, kucing dengan bentuk telinga yang seperti ini memiliki pendengaran yang sangat baik meskipun memang hampir semua jenis kucing memiliki pendengaran yang luar biasa sensitif.

6. Badan

Pada bagian tubuh kucing, semuanya diselimuti bulu yang panjang dan lembut. Tubuh dari kucing persia memang cukup besar apalagi jika sudah dewasa. Mereka sangat cantik dan juga terlihat gemuk dengan bulu yang ada ditubuhnya. Meskipun memiliki tubuh yang lumayan gemuk, mereka tetap aktif bergerak dan bermain. Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan permainan agar tidak mudah mengalami obesitas dan ototnya selalu terlatih dengan baik.

Baca: Daftar Harga Kucing Hutan Yang Perlu Anda Ketahui

7. Wajah

Kucing presia memiliki bentuk wajah yang bulat. Berbeda dengan kucing anggora yang wajahnya lebih tirus seperti segitiga. Wajah yang bulat pada kucing persia membuatnya begitu menggemaskan serta terdapat bulu-bulu yang cukup panjang diwajahnya sehingga terlihat tebal dan gemuk.

8. Hidung

Hidup dari kucing persia juga sangat flat atau datar. Semakin datar hidung kucing persia biasanya harganya lebih mahal. Kucing persia dengan hidung datar sangat banyak dicari oleh para pecinta kucing karena terlihat seperti wajah bayi yang sangat lucu.

Harga kucing persia berdasar jenis

1. Kucing persia asli

Harga kucing persia untuk jenis persia asli terbilang mahal dan yang paling mahal dari jenis persia yang lainnya. Keturunan persia asli memiliki bentuk dan karakter yang masih sangat asli atau sama dengan jenis persia lainnya karena belum tercampur dengan jenis kucing lainnya. Harga untuk kucing usia 3 bulan adalah sekitar 5 jutaan untuk ras asli. Jika usia kucing sudah 10 bulan harganya bisa mencapai 11 jutaan. Harga kucing persia yang sudah divaksin memiliki selisih sekitar 1 juta.

2. Kucing persia mix lokal

Jenis kucing persia yang sudah bercampur dengan kucing lokal maka harganya akan jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan bentuk kucing sudah terlihat tidak seperti kucing persia asli. Wajah dari kucing persia campuran sudah cenderung seperti kucing lokal dengan bulu yang tidak terlalu panjang. Namun terkadang ada juga kucing campuran lokal yang masih terlihat sangat asli karena gen yang dibawa induknya kuat. Harga untuk kucing mix lokal usia 3 bulan biasanya hanya sekitar 650 ribuan saja. Sedangkan untuk kucing dewasanya bisa mencapai 2 jutaan.

3. Kucing persia mix angora

Jenis kucing selanjutnya adalah kucing campuran dengan anggora. Kucing persia dan anggora memiliki memiliki karakter bulu yang sama-sama lebat namun ada banyak perbedaan yang bisa ditemukan. Jika kucing yang anda beli merupakan mix anggora biasanya harganya sudah turun menjadi sekitar 1 jutaan untuk anakannya. Sedangkan untuk kucing usia 6 bulan harganya bisa mencapai 3 jutaan.

Baca: Harga Kucing Himalaya Terbaru

4. Kucing persia mix bengal

Ras kucing campuran persia dengan bengal memiliki harga yang juga cukup mahal karena warna bulunya sudah berbeda dan juga matanya juga sudah berbeda. Kucing ini memiliki harga mulai dari 2 jutaan hingga 10 jutaan. Semuanya akan sangat tergantung dimana anda membelinya. Jika anda membeli kucing di tempat yang memang menjual kucing hias dengan harga murah, sangat mungkin untuk anda mendapatkan harga dari kucing persia yang jauh lebih murah.

Harga kucing persia terbilang mahal karena memang kucing ini merupakan kucing yang banyak disukai oleh masyarakat dibanyak negara di dunia. Anda bisa mendapatkan kucing persia dengan harga yang jauh lebih murah dari kisaran harga yang disebutkan jika anda membelinya di teman atau saudara yang memang memiliki banyak kucing persia. Namun jika anda ingin mendapatkan kucing yang berkualitas serta memiliki perawatan yang baik, akan sangat tepat jika membelinya dipetshop. Kucing ini merupakan kucing yang manja dan juga tidak seaktif kucing lokal atau kucing anggora karena bentuk tubuhnya yang lebih gemuk. Namun anda akan sangat menyayangi kucing ini apabila sudah memilikinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here