Kucing adalah binatang yang sangat menggemaskan dan sering berinteraksi dengan manusia. Bahkan kucing juga sering tidur bersama dengan manusia atau pemiliknya sehingga kebersihan kucing merupakan hal yang sangat penting.

Anda yang merupakan pecinta kucing sebaiknya mengetahui bagaimana perawatan kucing yang tepat. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan karena masuk sebagai bentuk perawatan kucing adalah penggunaan pasir sebagai tempat pembuangan kotoran kucing.

Pasir kucing digunakan sebagai tempat untuk menampung kotoran kucing yang sangat efektif. Kucing memang kebanyakan lebih menyukai pasir untuk membuang kotoran mereka ditempat yang bisa digali dan kemudian ditutup kembali.

Dalam kasus ini sebaiknya para pemelihara kucing harus selektif memilih pasir yang bagus untuk kucing-kucing mereka. Mulai dari memilih jenis pasir sampai harga pasir kucing.

Ada banyak sekali orang yang belum mengetahui mengenai harga pasir kucing dan juga hal-hal lain berkaitan dengan pasir kucing. Sebelum anda mengetahui harganya maka pertama-tama anda perlu untuk mengetahui tips memilih pasir berikut ini.

Ada beberapa tips memilih pasir untuk kucing. Panduan tips-tips berikut akan membantu anda supaya bisa menyediakan pasir yang bagus dan disukai oleh kucing-kucing kesayangan anda. Dengan begitu kucing anda tidak akan buang kotoran di sembarang tempat. Berikut tips-tips memilih pasir kucing.

Lihat juga: Harga Kandang Kucing.

Tips-tips memilih pasir untuk kucing

Harga Pasir Kucing Terbaru 2019

Pilih pasir yang mampu menyerap bau

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mempunyai bau tak sedap pada kotorannya, baik air kencingnya maupun kotoran besarnya.

Oleh karena itu, bagi anda pemilik kucing sangat disarankan untuk memilih jenis pasir untuk kucing yang mampu menyerap bau tak sedap yang timbul dari kotoran kucing. Sehingga rumah anda tetap aman dari bau menyengat kotoran kucing meskipun anda mempunyai banyak kucing di rumah.

Sudah banyak pasir yang mampu menyerap bau kotoran kucing lebih cepat serta tahan lama. Artinya, anda tak perlu mengganti secara terus-menerus pasir kucing tersebut.

Carilah pasir kucing yang mudah menggumpal

Pasir kucing yang bagus adalah pasir yang kalau langsung terkena kotoran kucing akan menggumpal. Pasir yang mudah menggumpal akan membuat si pemilik kucing akan lebih mudah membersihkan kotoran kucing.

Sebaliknya, jika pasir yang tidak mudah menggumpal akan membuat pemilik kucing akan sedikit kerepotan dalam membersihkan kotoran kucing yang kemungkinan akan menempel di bak tempat pasir.

Pilih jenis pasir kucing yang ekonomis

Pemilihan jenis pasir yang salah akan mengakibatkan borosnya pengeluaran untuk membeli pasir kucing dengan harga pasir kucing yang tinggi. Maka, pilihlah pasir yang berkualitas bagus serta mampu menyerap kotoran dengan tahan lama.

Sehingga pemilik kucing cukup menggunakan sedikit saja pasir untuk menampung kotoran kucing. Pasir kucing berkualitas bagus walaupun cuma sedikit pasir saja, tapi bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Itulah beberapa tips bagaimana cara untuk memilih pasir yang untuk kucing kesayangan anda. Selanjutnya, supaya anda lebih tahu memilih jenis pasir apa yang bagus untuk kucing anda, anda bisa melihat jenis-jenis pasir kucing berdasarkan bahan pembuatannya.

Jenis-jenis pasir kucing

Pasir zeolit

Harga Pasir Kucing Terbaru 2019

Pasir zeolit merupakan pasir kucing yang bahannya dari batuan zeolit. Umumnya pasir jenis ini banyak sekali dijual di petshop. Tersedia 3 macam ukuran pasir zeolit ini, yaitu ukuran halus, sedang dan besar.

Kelebihan:

  • Harga pasir kucing zeolit biasanya di kisaran rp 40.000 sampai rp 50.000. Dengan harga yang terjangkau anda bisa mendapatkan 20 kg pasir zeolit. Pasir ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai banyak kucing di rumah.
  • Selain harga pasir untuk kucing zeolit murah, ternyata pasir ini juga sangat ekonomis. Kenapa sangat ekonomis? Karena anda bisa mencucinya kemudian digunakan lagi. Ketika pasir sudah terkena kotoran atau air kencing kucing anda bisa mencuci dan kemudian mengeringkannya agar dapat menggunakannya lagi. Sangat simple dan ekonomis kan?

Kekurangan:

  • Daya serap dari pasir zeolit kurang maksimal. Sehingga terkadang air kencing kucing akan mengendap di dasar litterbox atau bak pasir.
  • Daya serapnya yang kurang maksimal membuat pasir zeolit juga kurang maksimal dalam menyerap bau dari kotoran kucing. Pemilik kucing yang menggunakan pasir jenis ini harus sesering mungkin membersihkan pasir. Karena kalau tidak segera dibersihkan, bau tidak sedap akan menyebar di seisi rumah anda. Oleh sebab itu, jenis pasir ini tidak disarankan bagi pemilik kucing yang sibuk dan mempunyai banyak waktu luang.

Pasir bentonite

Harga Pasir Kucing Terbaru 2019

Pasir bentonite juga biasa disebut pasir gumpal atau pasir wangi. Pasir bentonite akan lebih mudah menggumpal ketika terkena kotoran kucing. Dan pasir ini mempunyai beberapa varian aroma, seperti aroma lemon, apel, bunga lavender, dan lain sebagainya.

Kelebihan:

  • Mempunyai daya serap yang bagus, pasir ini akan langsung menggumpal jika terkena kotoran atau air kencing kucing. Sehingga anda tidak perlu cemas air kencing akan menggenang di dasar bak pasir. Anda juga akan lebih mudah membersihkan litter box nya.
  • Dengan menggunakan pasir bentonite, bau tak sedap yang ditimbulkan oleh kucing tidak akan mencemari ruangan rumah anda. Karena disamping mampu menyerap bau dan kotoran dengan efektif, juga pasir bentonite juga beraroma.
  • Tidak perlu mencuci pasir yang sudah ada kotorannya karena anda tinggal perlu membuang pasir yang menggumpal karena kotoran. Setelah membuang pasir yang menggumpal karena kotoran tadi, anda cukup menambahkan pasir yang baru lagi.

Kekurangan:

  • Harga dari pasir kucing bentonite ini memang lebih mahal daripada harga pasir zeolite. Harganya dikisaran Rp 65.000 dengan berat 5 kg. Pasir ini tidak disarankan bagi anda yang mempunyai biaya rendah dan yang mempunyai banyak sekali kucing piaraan.

Pasir kucing biasanya dijual perkarung dengan harga yang bervariasi. Namun jika anda ingin membeli pasir secara eceran sangat mungkin untuk dilakukan. Pasir kucing merupakan salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh para pecinta kucing.

Kebersihan kucing akan sangat tergantung juga dengan kondisi pasir yang digunakan sebagai tempat pembuangan kotoran.

Penting sekali bagi anda untuk mengganti pasir secara teratur. Jangan sampai anda membiarkan kotoran kucing menumpuk di pasir hingga terlihat sangat banyak dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Apabila pasir jarang diganti, hal buruk bisa saja terjadi pada kucing anda. Selain itu, bau kotoran kucing yang menyengat juga akan membuat suasana ruangan menjadi tidak nyaman. Ada beberapa jenis pasir kucing yang bisa anda temukan.

Jenis pasir biasanya dibedakan berdasarkan ukuran pasir dan juga asal pasir tersebut. Ada pasir dengan ukuran besar dan ada juga pasir yang lebih lembut. Anda dapat menentukan sendiri jenis pasir mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan anda memilih pasir yang akan membuat kandang kucing tetap bersih dan juga memudahkan anda melakukan perawatan pada kucing kesayangan. Setelah mengetahui mengenai harga pasir kucing, selanjutnya anda tinggal memilih dan membeli pasir sesuai kebutuhan.

ads