Sudah bukan hal baru lagi jika kucing menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup popular. Bukan hanya sekedar lucu saja melainkan kehadiran penampilannya juga turut menarik perhatian. Dengan kenyataan seperti itu maka tidak mengherankan manakala banyak orang yang semakin ingin mencari tahu mengenai apa saja jenis kucing peliharaan.

Jika kamu merupakan salah satu pecinta kucing maka pembahasan kali ini sangat pas dengan kesukaan kamu, yakni membahas jenis jenis kucing.

Bisa jadi selama ini kamu sudah akrab dengan beragam video dan gambar kucing yang lucu na imut namun tidak mengetahui itu termasuk jenis kucing apa. Untuk menambah pengetahuan kamu semua maka kali ini kami akan memberikan beragam informasi jenis kucing paling popular.

Bukan hanya kucing yang popular di Indonesia saja, melainkan juga akan membahas mengenai beragam jenis kucing yang terkenal di penjuru dunia karena beragam hal.

Misalnya karena tampangnya imut, harganya mahal hingga bentuknya yang unik. Bagaimana cukup menyenangkan bukan? Kini saatnya bagi kamu untuk menambah referensi mengenai apa saja jenis kucing yang ada.

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Kamu semua yang memiliki keinginan untuk memelihara hewan berkaki empat satu ini maka kini tentukan jenis apa yang akan kamu pilih. Yuk tambah referensi kamu mengenai jenis kucing peliharaan paling popular di dunia

1. Kucing Anggora

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Angora menempati urutan pertama sebagai ras kucing paling popular di dunia. Angora juga kerap disangkutpautkan dengan kucing jenis Persia. Karena terlalu sering disangkutpautkan maka ada beberapa orang yang kesulitan membedakan mana jenis angora mana jenis Persia.

Angora serta Persia memiliki kesamaan daerah asal, keduanya berasal dari dataran Arab. Angora berasal dari dataran Turki sedangkan Persia dari Iran. Namun meskipun keduanya memiliki daerah asal sama ternyata angora dan Persia ini berbeda. Lalu apa perbedaan diantara keduanya?

Sebagian orang salah kaprah dengan anggapan jika Persia adalah jenis kucing dengan bulu tebal sedangkan angora bulunya tidak tebal. Padahal jika kita mengenal Anggora, ternyata jenis kucing Anggora ini juga memiliki bulu tebal serta lebat. Yang membedakan keduanya adalah pada bagian struktur wajahnya.

Persia hadir dengan struktur wajah agak bulat sedangkan Anggora lebih tirus dengan bentuk segitiga. Sedangkan angora memiliki hidung yang mancung berbeda dengan Persia dengan hidung yang pesek.

Angora ini sangat cocok dijadikan sebagai hewan piaraan karena angora memiliki Peranakan yang ramah serta pintar.

Angora termasuk kucing dengan rasa ingin tahu cukup tinggi sehingga kerap pecicilan. Namun meskipun demikian angora masuk dalam jenis kucing penurut serta mudah berinteraksi dengan manusia.

2. Kucing Persia

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Jenis kucing yang kedua yang banyak dipelihara adalah tipe ras Persia. Jenis kucing persia ini merupakan jenis ras yang paling banyak dicari. Melihat kenyataan tersebut maka tidak heran lagi karena memang bentuknya sangat lucu. Hampir semua orang gemas melihat binatang dengan wajah bulat, moncong pendek.

Adapun ciri lainnya yaitu ras Persia ini memiliki bulu panjang serta lebat. Wajahnya yang remas-able ini semakin menjadikan Persia semakin popular. Beberapa kenyataan tersebut menjadikan harga ras Persia semakin melonjak.

Ras Persia ini bukan hanya popular di Indonesia saja melainkan juga terkenal hampir diseluruh penjuru dunia, informasi terakhir disebutkan kucing ras Persia termahal dibanderol dengan harga setidaknya 43 juta rupiah.

Budget yang mahal serta anggaran perawatannya juga harus diperhatikan. Mengingat ras Persia ini merupakan jenis Peranakan yang butuh grooming rutin. Ras Persia juga lebih manja dibandingkan dengan ras lainnya.

Banyak yang mengeluh mengenai biaya perawatan ras Persia, kamu yang belum memiliki penghasilan namun sudah terlanjur sayang dan ingin memiliki kucing Persia bisa memilih jenis medium saja. Pasalnya jenis medium ini tidak semahal jenis longhair atau Himalaya. Selain itu perawatan bulunya juga lebih mudah.

3. Kucing Persia Himalaya

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Masih seputar kucing peliharaan, pembahasan selanjutnya yaitu kucing Himalaya. Sekilas mendengar namanya, kucing ini merupakan pendatang jauh, dari Himalaya. Sebelum memutuskan untuk memelihara Himalaya, mari kita kenal terlebih dahulu, kucing ras Himalaya ini merupakan kucing hasil Peranakan antara ras Persia dengan jenis siam.

dengan itu maka tidak mengherankan manakala dalam kucing Himalaya terdapat kombinasi kedua ras kucing tersebut. Himalaya merupakan jenis kucing yang memiliki bulu lebat, kaki pendek yang mirip dengan Peranakan Persia. Akan tetapi pada bagian bulunya yang berwarna coklat lebih tua sangat mirip dengan kucing siam.

4. Kucing kampung

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Kucing kampong merupakan jenis kucing yang bisa kamu jadikan pilihan manakala masih belum memiliki budget untuk memelihara kucing-kucing di atas. Tidak dapat dipungkiri jika bulu yang ada pada kucing kampong ini tidak secantik dengan ras Persia, angora maupun Himalaya.

Akan tetapi terlepas dari itu masih ada beberapa kucing kampong dengan tubuh mungil dan lucu. Memelihara kucing kampong ini sebenarnya akan menguntungkan. Pasalnya kamu akan hemat perawatan. Kucing kampong tidak membutuhkan perawatan ke salon, tinggal dimandikan dengan shampoo serta sabun khusus kucing, pokoknya bersih deh dia.

Kamu akan hemat lagi karena kucing kampong merupakan kucing yang tahan dengan penyakit sehingga akan mengurangi biaya pengobatan untuk kucing kampong.

Tidak hanya sampai disitu saja, kucing kampong ini merupakan jenis pemburu handal sehingga bisa menjadi predator yang baik dengan memangsa para tikus di rumah kamu. Bagaimana menguntungkan bukan? Dengan ini maka tidak usah menunggu lagi langsung pelihara jenis kucing ini ke rumah kamu.

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Terkenal Paling Mahal

Setelah membahas jenis kucing yang popular di Indonesia, pembahasan selanjutnya kita lanjutkan dengan mengenal jenis kucing peliharaan yang paling mahal di dunia. Penasaran apa saja? Berikut jenis-jenisnya.

1. Russian blue

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Russian blue masuk daftar teratas kucing termahal di dunia, bagaimana tidak harga paling murah dari Peranakan ini yaitu US $500 ke atas. Menurut saya wajar sih karena memang jenis kucing ini memang cantik.

Bukan hanya itu saja, ciri fisiknya juga cukup mudah dikenali yaitu memiliki badan ramping. Bulunya berwarna abu kebiruan ditambah dengan matanya hijau cerah.

Bukan hanya fisik saja yang mampu menyita perhatian, jenis karakter dari kucing ini cukup menarik untuk digunakan sebagai hewan peliharaan. Karakter uniknya yaitu Russian Blue ini memiliki dua sifat yang saling bertolak belakang.

Terkadang Russian Blue akan menampakkan karakter tenang namun di sisi lain juga akan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Keadaan seperti itu menjadikan Russian Blue sangat antusias manakala mengenal hal baru dalam lingkungannya bahkan ketika ada hewan peliharaan lain.

Di sisi lain Russian Blue mampu tenang namun kadang juga bisa menjadi sangat aktif karena memiliki rasa penasaran cukup tinggi. Dengan ini maka memelihara Russian blue ini menjadikan kamu untuk lebih sering mengajaknya bermain ya seenggaknya terkena sinar matahari lah ya.

2. Savannah

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Savanah juga masuk dalam kucing peliharaan paling mahal, bagi orang Indonesia nama ini sudah kurang familiar, bukan hanya ketika dilafalkan dalam pengejaan western akan terdengar modern, selain itu savanah ini juga tidak seterkenal angora atau Persia. Akan tetapi jangan salah, meskipun tidak sepopular angora namun harganya mampu membuat kantong kering.

Harga kucing savannah paling murah adalah US $1.000 kemudian yang paling mahal bisa mencapai pada harga US $20.000 atau kurang lebih Rp.300 juta. Bagaimana harganya sebanding bukan dengan mobil atau rumah.

Sebenarnya apa sih yang membuat savanah ini sangat mahal? Ketika melihat savanah kamu akan melihat kucing dengan bentuk sangat unik serta ketika melihat savanah kamu akan teringat akan macan atau cheetah. Yups benar kucing satu ini hadir dengan bulu totol dengan warna coklat eksotis, memiliki badan ramping serta memiliki kaki berukuran cukup panjang.

Selain itu savanah juga memiliki telinga dengan ukuran lebih lebar dibandingkan dengan telinga kucing pada umumnya. Selain itu savanah juga pandai melompat. Jika cheethag hobi melompat di atas pohon , berbeda dengan savannah yang lebih senang melompat di atas pintu atau lemari berukuran tinggi.

3. Bengal

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Setelah savannah mari kita beralih ke Bengal. Jenis peliharaan satu ini mahalnya juga tidak ketulungan. Namanya kucing Bengal, Bengal ini mirip seperti savannah yaitu memiliki corak eksotis.

Yang membedakan antara Bengal dengan savannah adalah bagian telinganya dimana memiliki telinga yang lebih tinggi serta lebih lebar dibandingkan dengan Bengal.

Selain itu ukuran dari telinga Bengal ini lebih kecil serta lebih pendek. Untuk ukuran tubuhnya, Bengal memiliki tubuh yang lebih kecil serta pendek dan tidak seramping savannah. Untuk harganya?

Untuk harganya Bengal juga tidak jauh dengan savannah, harga kucing Bengal paling murah dibanderol dengan harga US $1.500. semakin besar bobotnya serta semakin terlihat tegas coraknya maka harganya juga akan semakin menggila.

Adapun berbicara mengenai karakternya kucing Bengal masuk dalam karakter cerewet. Bengal suka mengeluarkan suara nyaring ketika sedang bermain maupun sedang sendirian. Dengan demikian maka Bengal sangat cocok digunakan sebagai teman.

4. Norwegian forest cat

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Kucing peliharaan yang mahal bukan hanya yang memiliki bulu sedikit saja melainkan juga ada kucing dengan bulu lebat namun harganya bisa dikatakan sesuatu banget. Nah inilah Norwegian forest atau kerap dikenal dengan nama norsk skogkatt.

Kucing jenis ini memiliki tubuh tinggi, besar serta ekor panjang. Adapun hal uniknya terdapat di bagian bulunya. Norwegian forest memiliki bulu tebal, panjang serta mengkilat akan tetapi ketebalan bulunya tidak merata disemua tubuh.

Di beberapa bagian tubuhnya memiliki ketebalan super diantaranya dibagian kepala, leher, dada serta kaki. Adapun bagian bulu yang memiliki ukuran panjang terdapat pada bagian lehernya.

Norwegian forest juga masuk dalam kucing yang aktif, energik serta senang jika diperhatikan. Norwegian Forest merupakan kucing yang ramah dengan orang asing serta sangat senang ketika bermain di lingkungan outdor.

Cukup menarik bukan? Norwegian Forest ini bisa dijadikan sebagai referensi manakala sedang bingung mencari kucing yang bisa dijadikan teman. Kamu sebaiknya berhati-hati saat memutuskan untuk memilih Norwegian forest sebagai teman bermain.

Pasalnya harga yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung, Norwegian forest ini juga masuk dalam jajaran kucing premium. Untuk harganya? Tidak tanggung-tanggung, Norwegian forest dibanderol mulai harga US $800. Nah untuk kamu yang memutuskan untuk memeliharanya sebaiknya rajin-rajinlah menabung.

5. The ashera

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Nah buat kamu yang ingin mengetahui tipe Peranakan paling mahal itu apa? Nah inilah dia ashera. Ashera merupakan nama yang diambil dari seorang dewei mitologi negara asing tepatnya negara Mesir Kuno, dengan demikian maka wajar saja jika jenis kucing ini terdengar cukup asing.

Di dunia binatang, ashera adalah tipe Peranakan yang paling baru dan jarang ditemui. Pasalnya ashera ini baru saja ditemukan di awal abad 21. Jenis kucing ini adalah perpaduan dari beberapa jenis Peranakan yang eksotis seperti macan tutul asia, serval afrika serta kucing domestic. Cukup banyak bukan campurannya?

Dikarenakan memiliki penyilangan cukup rumit maka tidak heran manakala ashera ini dibanderol dengan harga cukup mahal dimana untuk harga termurahnya adalah US $15.000. akan tetapi harganya juga sepadan dengan bentuk fisiknya yang unik, cantik nan menarik ini.

Jenis Jenis Kucing Peliharaan Berbentuk Lucu di Dunia

Kamu semua penggemar kucing, perlu untuk mengetahui beberapa kucing peliharaan lucu di dunia, apa saja? Berikut beberapa kucing peliharaan lucu di dunia.

1. Kucing Muchin

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Muchin adalah salah satu jenis kucing peliharaan yang cukup banyak digemari para penggemar. Pasalnya jenis kucing satu ini memiliki tubuh yang lucu serta menggemaskan.

Muchin memiliki ciri utama yaitu memiliki kaki-kaki yang pendek, bertubuh gemuk serta memiliki wajah berbentuk bulat. Ukuran dari kucing satu ini tergolong kecil sehingga ketika dewasa muchin masih terlihat seperti kucing imut.

Karena ukurannya yang kecil itu di tahun 2013 muchin mendapatkan gelar kucing terkecil versi Guinness Book World Recprds.

2. Kucing Scottish fold

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Scottish fold ini memiliki bentuk bulat layaknya bakpao sehingga membuat kamu selalu ingin dekat dengannya.

Scottisc fold merupakan kucing domestic yang sudah mengalami perubahan mutasi gen. mutasi gen tersebut akhirnya mengakibatkan kuping dari kucing satu ini terlipat ke dalam dengan demikian maka Scottish fold ini merupakan kucing dengan telinga terlipat ke dalam.

Bukan hanya bentuk wajah serta kepalanya yang bulat melainkan hampir semua tubuhnya juga memiliki bentuk agak bulat termasuk pada bagian matanya. Sehingga tidak mengherankan jika siapa saja tertarik untuk memilikinya.

3. Kucing American curl

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Jenis kucing peliharaan selanjutnya yang memiliki telinga unik yaitu American Curl.

Kucing satu ini memiliki telinga dengan bentuk tidak runcing seperti jenis kucing pada umumnya, melainkan memiliki telinga terlipat ke depan serta bengkok sehingga Nampak seperti busur. Bentuk telinga seperti busur inilah yang menjadikan American curl memiliki ciri khas.

Bukan hanya bagian telinganya saja yang lucu melainkan juga memiliki sifat yang cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. American Curl ini merupakan jenis kucing yang suka bermain namun kelebihannya tidak berisik. Suara mengeongnya juga lembut bahkan hampir tidak terdengar.

4. Kucing Ragdoll

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Jenis kucing peliharaan yang lucu nan imut selanjutnya yaitu jenis Ragdoll. Berbeda dengan jenis kucing peliharaan pada umumnya dimana ragdoll ini termasuk jenis kucing berukuran besar serta berat bahkan bobotnya pun bias mencapai 8 kg.

Dikarenakan tubuhnya berukuran besar tersebut maka beberapa orang menyebut jenis kucing ini mirip dengan anjing.

Sebutan tersebut juga didasari karena memang sifatnya yang anjing banger” dimana suka ikut orang tanpa adanya tali pengencang. Yaa karena memiliki bulu yang lebat nan tebal maka kamu harus siap-siap untuk selalu membawanya ke salon.

5. Kucing Birman

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Kamu termasuk orang yang suka membelai bulu kucing? Jika iya maka birma ini bias kamu pertimbangkan sebagai hewan peliharaan.

Bukan hanya bulunya saja yang lebat melainkan juga unik karena binatang satu ini memiliki dua warna yang kontras pada bagian wajah, kaki serta ekornya sehingga semakin Nampak cantik.

Ciri khas selanjutnya yaitu pada bagian sarung kaki yang melekat pada tubuhnya. Sarungnya tersebut merupakan bulu dengan warna putih yang ada dibagian empat kakinya. Manakala digabungkan maka akan Nampak seperti sarung tangan atau sarung kaki.

Birma ini mampu membuat jatuh hati setiap orang yang melihatnya ditambah karakteristiknya yang setia akan menambah kamu semakin jatuh hati.

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Tak Berbulu

Di Indonesia memang tidak bias dipungkiri jika kucing berbulu merupakan jenis kucing peliharaan yang paling banyak. Namun di beberapa Negara terkenal dengan hairless cat yaitu kucing tanpa bulu. Apa saja jenis hairless cat tersebut?

1. Kucing Sphynx

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Nama kucing ini mirip dengan symbol Negara mesir. Sphinx merupakan kucing dengan ukuran kecil serta kurus. Kemudian dibagian badannya terdapat beberapa bercak. Warna bercak tersebut seharusnya menjadi warna bulu kucing, namun karena tidak ada bulu maka akan Nampak seperti bercak.

Terkait dengan bentuknya yang kecil menjadikan pergerakan dari kucing satu ini semakin lincah ditambah hewan peliharaan satu ini gemar bergerak kesana kemari dan memiliki rasa keingintahuan tinggi bahkan cenderung ekstrovert.

2. Kucing Peterbald

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Untuk sifatnya kucing satu ini bertolak belakang dengan Sphynx. Paterbald ini merupakan kucing yang cenderung kalem serta cintai akan kedamaian. Meskipun keduanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi paterbald lebih senang mengikuti majikannya dibandingkan mencari kesenengan sendiri.

3. Kucing Bambino

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Bambio merupakan kucing hasil persilangan Antara munchkin dan sphinx sehingga tidak heran manakala hasil kombinasi dari kedua kucing tersebut menghasilkan kucing dengan rambut tipis, kaki pendek serta telinga yang lebar.

Si bambino ini memiliki keriput pada sekujur tubuhnya sehingga akan Nampak seperti bayi baru lahir meskipun sudah dewasa.

4. Kucing Ukranian levkoy

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Tidak jauh dari namanya, kucing peliharaan satu ini memang dibudiadayakan di Ukraina. Adapun ciri khasnya tidak memiliki bulu, mata besar serta memiliki telinga dengan terlipat hingga ke bagian depan.

Telinga pada kucing ini memang mirip dengan Scottish fold karena memang hasil persilangan Antara Scottish fold dan donskey. Bukan hanya fitur tubuhnya saja yang mirip melainkan sifatnya juga ada kemiripan diantaranya ramah, ceria serta mudah akrab dengan beberapa hewan peliharaan lainnya.

5. Kucing Donskoy

Jenis Jenis Kucing Peliharaan yang Paling Populer di Indonesia

Memang sudah bukan rahasia lagi jika Rusia merupakan tempat lahirnya kucing-kucing unik. Kucing unik selanjutnya yang berasal dari Rusia adalah donskoy.

Secara sekilas bentuknya mirip dengan sphinx akan tetapi keduanya tidak memiliki hubungan keluarga sama sekali.

Berbeda dengan beberapa hairless cat dengan tubuh unik hasil persilangan, donskoy memiliki tubuh unik dikarenakan adanya mutasi genetic. Donskoy tergolong dalam kucing yang ramah, mudah dilatih serta suka membaur dengan hewan peliharaan lainnya.

Jenis kucing peliharaan ada beberapa macam, yang popular di Indonesia juga cukup banyak diantaranya memiliki tubuh mungil, mata bulat serta bulu lebat.

Dari beberapa jenis kucing di atas, mana yang menjadi kesukaan kalian? Di Indonesia sendiri jenis kucing yang paling banyak di pelihara salah satunya kucing kampung.

Tags: Fitur kucing anggora, jenis kucing peliharaan, kucing kuping pendek, Kucing sebagai teman