Ada Berapa Jenis Kucing Liar Di Dunia?

Ada banyak sekali jenis kucing yang bisa anda temukan di dunia ini. Anda tentu saja sudah mengenal beberapa jenis kucing. Namun kebanyakan jenis kucing yang dikenal oleh masyarakat adalah kucing rumahan yang memang mereka sering dipelihara oleh manusia.

Beberapa jenis kucing yang sangat dikenal oleh masyarakat diantaranya seperti kucing angora, kucing persia, kucing kampung atau lokal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kucing -kucing ini tentu saja sangat ramah dan juga bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan.

Lihat juga jenis jenis kucing peliharaan

Namun tahukah anda? Ternyata ada banyak jenis kucing lain namun termasuk dalam kategori kucing liar. Ada beberapa jenis kucing liar di dunia yang perlu anda ketahui. Beberapa diantaranya ada juga yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan namun sangat langka dipelihara karena memang sulit untuk mendapatkannya.

Jenis Kucing Liar Di Dunia

  1. Pallas cat

Pallas cat

Jenis kucing pertama yang merupakan salah satu jenis kucing liar yang cukup terkenal adalah pallas cat. Jenis kucing yang satu ini merupakan salah satu jenis kucing liar yang biasanya hidup di padang rumput asia tengah.

Kucing ini memiliki bentuk yang unik serta memiliki ciri khas kucing tersendiri. Mereka memiliki bulu yang panjang, lebat dan indah. Sebenarnya ukuran kucing ini hanya separuh ukuran kucing rumahan. Namun bulu kucing yang lebat membuatnya tampak seperti kucing biasa atau terlihat lebih besar.

Di alam liar kucing ini bisa menyesuaikan dengan kondisi alam. Bulu kucing akan menjadi lebat saat musim dingin dan akan menipis saat musim panas. Corak bulu yang dimiliki kucing ini adalah seperti titik hitam yang membuat mereka tampak liar. Binatang ini senang menyendiri dan jarang ditemui berkelompok.

  1. Leopard cat

Leopard cat

Jenis kucing selanjutnya yang juga masuk sebagai salah satu kucing liar adalah leopard cat. Dari namanya memang kucing ini tampak seperti macan tutul. Anda bisa menemukan kucing ini di benua asia.

Mereka memiliki corak warna bulu seperti macan tutul. Binatang yang satu ini memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan warna kucing lokal.

Hanya saja yang membedakan adalah kakinya yang lebih besar dan panjang karena memang dialam liar mereka sering berenang dan juga mamanjat pohon.

Kucing ini termasuk pemburu yang handal di malam hari. Ketika akan melihatnya maka akan berasa melihat leopard dengan ukuran kecil.

  1. Jaguarundi

Jaguarundi

Kucing liar selanjutnya yang juga perlu anda ketahui adalah jenis jaguarundi. Jenis yang satu ini memang cukup terkenal karena memiliki bentuk dan juga corak yang mirip seperti jaguar.

Kucing yang satu ini jika dilihat sekilas akan sangat mirip dengan jaguar hanya saja ukurannya tentu tidak sebesar dengan jaguar.

Anda bisa menemukan kucing ini dengan berat 5 hingga 9 kg. Mereka hidup di hutan amerika. Kucing ini lebih aktif di siang hari dan senang berburu mangsa seperti ikan, burung dan mamalia kecil.

  1. Ocelot

Ocelot

Di wilayah amerika selatan, anda bisa menemukan jenis kucing liar yang ada di dunia lainnya yakni ocelot. Kucing yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan jenis yang lainnya. Jika dilihat, ukurannya memang lebih mirip seperti leopard yang masih muda.

Mereka memiliki kaki yang besar, ekor panjang dan corak warnanya adalah coklat dan hitam. Kucing yang satu ini senang berburu diwaktu malam hari. Pada waktu siang hari, mereka lebih senang tidur untuk menyiapkan tenaga berburu.

  1. Fishing cat

Fishing cat

Jenis kucing liar selanjutnya adalah fishing cat. Jenis kucing yang satu ini memang sangat senang bermain air dan menangkap ikan. Oleh karena itu, kucing satu ini disebut dengan fishing cat.

Kucing ini merupakan kucing yang aktif di waktu malam hari untuk berburu mangsa atau beraktifitas. Makanan mereka antara lain seperti ikan, katak, kepiting atau binatang air lain yang memang disukai oleh mereka. Biasnaya mereka tinggal disekitar sungai atau rawa.

  1. Margay

Margay

Margay merupakan jenis kucing liar yang banyak ditemukan di hutan amerika selatan. Kucing ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kucing biasa. Mereka merupakan binatang yang cukup pemalu sehingga lebih senang hidup sendiri.

Kelebihan yang mereka miliki adalah mampu memanjat pohon dengan baik dan pandai melompat diatas ranting-ranting pohon dengan lihai. Mereka adalah kucing yang aktif di malam hari untuk berburu.

  1. Lynx

Lynx

Jenis kucing lenajutnya yang hidup di alam liar adalah lynx. Kucing ini memang sangat menarik karena menjadi salah satu karakter dalam game shadow fight. Lynx terdiri dari 4 jenis spesies yaitu lynx kanada, lynx eurasi, lynx iberia dan bobcat.

Lihat juga kucing benggal

Mereka banyak ditemukan di hutan eropa, asia dan juga amerika. Jenis yang paling langka adalah lynx liberia karena jumlahnya memang sangat sedikit. Kucing ini memiliki karakter bulu seperti pallas cat yang bisa menebal dan menipis sesuai musim. Mereka juga aktif pada waktu malam hari.

  1. Serval

Serval

Jenis kucing lainnya yakni serval. Kucing yang satu ini memiliki karakter seperti cheetah karena memiliki kaki yang panjang, telinga lebar serta lehernya panjang dan kekar.

Kucing ini mampu berlari hingga 40 mil per jam. Mereka juga memiliki ukuran yang cukup besar karena bisa mencapai 19 kg. Mereka adalah binatang malam namun terkadang bisa juga berburu di malam hari.

  1. Clouded leopard

Clouded leopard

Kucing ini mirip dengan leopard karena memiliki corak macan tutul yang sangat jelas. Mereka dapat ditemukan di pedalaman hutan di asia tenggara.

Binatang ini sangat tangkas dalam memanjat pohon. Mereka juga senang berburu mamalia kecil seperti kelinci, rusak kecil, tupai dan lain sebagainya. Mereka biasanya aktif di malam hari.

  1. Caracal

Caracal

Jenis kucing liar di belahan dunia yang terakhir adalah caracal. Jenis ini sangat lincah karena memiliki kemampuan berlari sampai 50mil perjam.

Lompatan kucing ini juga sangat tinggi yakni sekitar 3 meter. Dalam berburu, kucing caracal akan sangat mengandalkan kecepatan. Corak warna kucing ini terlihat seperti kucing liar lainnya dengan bulu yang tebal dan corak coklat hitam.

Lihat juga makanan kucing yang bagus

Itu dia 10 jenis kucing liar di dunia dengan kelebihannya masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Jenis kucing liar di dunia ada banyak namun memang ada beberapa yang paling populer di dunia. Kucing liar tentu berbeda dengan kucing rumahan karena memiliki corak dan bentuk yang unik.

Leave a Comment