Kucing merupakan salah satu binatang yang paling banyak disukai untuk dipelihara selain anjing. Hal itu disebabkan kucing ini mirip anjing dan tidak berbahaya untuk dipelihara. Terlebih di indonesia, kebanyakan orang menyukai hewan satu ini sehingga jika kita lihat ada banyak kucing yang melintas dirumah-rumah. Selain itu, ada banyak sekali Jenis kucing yang bisa kita jumpai di Indonesia.

Akan tetapi, tidak semuanya juga disukai untuk dipelihara oleh masyarakat Indonesia karena alasan tertentu. Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih menyukai jenis Persia dan Anggora untuk dipelihara karena dua kucing tersebut memiliki perawakan dan penampilan yang cukup imut sehingga banyak kita jumpai kedua jenis tersebut yang dipelihara di indonesia. Akan tetapi, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis yang cukup banyak ditemukan di Indonesia untuk dipelihara.

Lihat juga: Suara Kucing Yang Gemesin.

Daftar jenis kucing yang paling banyak dipelihara di Indonesia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya selain anggora dan Persia, masih ada banyak lagi kucing yang dipelihara di Indonesia. Meskipun ada banyak ras kucing yang berasal dari seluruh dunia, akan tetapi ada beberapa jenis populer yang bisa kita temui di Indonesia. Jenis yang lainnya jarang ditemukan disebabkan mungkin karena yang dipelihara hanya yang populer saja. Tentu saja ada berbagai pertimbangan untuk memelihara berbagai jenis dari kucing untuk dipelihara. Beberapa pertimbangan misalnya seperti keunikan, karakteristik, dan lain sebagainya tentu dipikirkan oleh calon majikan. Untuk anda yang tertarik untuk mengetahui kucing jenis apa yang paling banyak dipelihara di Indonesia, berikut ini daftar jenis yang bisa anda jadikan referensi.

Baca: 10 Kucing Lucu Sedunia dengan Wajah Imut dan Gemesin

1. Kucing anggora

Jenis kucing populer yang bisa kita jumpai di Indonesia yang pertama adalah jenis Anggora. Kucing ini sendiri memang sangat familiar untuk masyarakat indonesia karena banyak sekali masyarakat yang memeliharanya dirumah. Kucing satu ini sendiri berasal dari Negara Turki dan merupakan salah satu ras kucing alami yang sudah tua. Ciri-ciri yang bisa kita ketahui dari kucing satu ini adalah bulunya yang cukup lebat menggembung dan panjang. Tidak sampai disitu saja karena kucing satu ini juga memiliki bentuk badan yang cukup ramping dan ukuran yang lebih besar. Walaupun begitu, kucing satu ini memiliki harga yang cukup mahal terlebih untuk jenis anggora murni.

2. Kucing persia

Adapun pada urutan kedua yang bisa kita jumpai untuk jenis yang paling banyak dipelihara adalah kucing Persia. Sama seperti jenis sebelumnya, kucing ini juga sangat populer bagi telinga masyarakat Indonesia meskipun bukan ras asli Indonesia. Salah satu yang khas dari kucing ini adalah wajahnya yang bulat tapi pendek dan bulu panjang mirip seperti kucing anggora. Selain itu, ciri lain yang membuatnya disukai oleh masyarakat Indonesia adalah bulu yang tebal. Kucing ini sendiri bisa hidup dilingkungan yang terbuka sehingga tidak harus dikandang. Akan tetapi anda juga wajib memperhatikan lingkungan agar kucing tidak melarikan diri. Seperti kucing anggora, kucing satu ini juga memiliki harga yang cukup mahal.

3. Kucing kampung

Tentu saja jenis kucing yang paling banyak dipelihara lainnya adalah kucing domestik atau kucing asli Indonesia. Kucing jawa ini memang sering kita jumpai diberbagai rumah dan di jalan karena memang disitulah kucing kampung berada. Meskipun tidak dipelihara oleh manusia, kucing ini bisa beradaptasi dengan baik dan tidak jarang masuk kerumah manusia yang kemudian menjadi majikannya setelah diberikan makan. Daya tubuh dari kucing ini memang tidak diragukan bisa dikatakan yang paling kuat diantara jenis kucing lainnya. Karena banyak ditemui dijalan, jika anda mau anda tidak perlu membelinya. Anda bisa mengambilnya untuk dibawa ke rumah.

Baca: 10 Gambar Kucing Imut Banget

4. Kucing maine cooon

Kucing satu ini memang cukup populer di dunia sehingga tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menyukai ras kucing satu ini. Kucing tersebut juga memiliki julukan kucing salju karena bulunya yang cukup tebal dan anti air. Mirip seperti kucing kampung, kucing ini juga memiliki ketahanan tubuh yang cukup kuat dan bisa beradaptasi dilingkungan manapun. Kucing ini sendiri dipercaya merupakan nenek moyang kucing anggora. Kucing ini bisa mencapai ukuran yang cukup besar dan harganya pun cukup mahal sama seperti kucing luar negri lainnya.

5. Kucing Russian Blue

Jenis kucing ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu kucing yang cukup cerdas didunia dimana kucing ini memiliki karakteristik yang cukup menarik. Selain cerdas, kucing ini memang memiliki kedekatan yang cukup khusus dengan majikannya karena ia bisa sangat lengket dengan majikannya. Seperti namanya, kucing ini memang berasal dari Russia yang mana memiliki bulu yang cukup pendek dengan warna bulu biasanya adalah abu-abu dan mata hijau menyala yang cukup menarik.

6. Kucing American shorthair

Jenis ras kucing satu ini memang cukup menarik dimana berasal dari keturunan European shorthair dan British shorthair. Akan tetapi seiring berjalanannya waktu, nama kucing ini berubah nama menjadi American shorthair. Ukuran badan dari kucing ini sedang, dimana otot kaki dan cakar cukup kuat. Bentuk badan mereka sendiri diselimuti oleh bulu badan yang cukup pendek akan tetapi tebal. Bulu tebal pada kucing ini berfungsi sebagai pelindung tubuh dari hawa panas dan cuaca dingin. Dengan penampilan yang cukup menggemaskan tidak heran jika masyarakat kita menyukai jenis ras satu ini meskipun harganya pun sama mahalnya dengan kucing luar negri lainnya.

Baca: 10 Kucing Kartun Tom And Jerry Bikin Ketawa

7. Kucing Persia himalaya

Sama seperti kucing Persia, jenis kucing populer satu ini juga diminati banyak masyarakat Indonesia. kucing ini sendiri sebenernya merupakan hasil persilangan dari kucing Siam dan kucing Persia. Hal itulah yang membuat penampilan kucing satu ini terlihat menarik dan unik. Bentuk dari kucing satu ini pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kucing Persia yang mana memiliki hidung pesek dan bulu yang tebal dan panjang. Akan tetapi, warna matanya lebih menarik yaitu biru cerah membuatnya disukai oleh masyarakat Indonesia.

8. Kucing Siamese

Kucing ini merupakan kucing oriental yang berasal dari Thailand. Kucing ini termasuk jenis kucing populer di dunia dan banyak orang menyukainya untuk dipelihara. Tubuh kucing ini cukup ramping dengan ekor panjang disertai warna mata yang biru. Keunikan dan menariknya kucing ini membuat banyak orang menyukai kucing ini untuk dipelihara termasuk masyarakat Indonesia.

9. Kucing Norwegian Forest

Bagi pecinta kucing, nama jenis satu ini pastinya tidak asing lagi. Kucing ini berasal dari Norwegia dan Skandaniva yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Ciri khas dari kucing ini sendiri terletak pada ukuran bulunya yang sangat panjang dan tebal. Hal unik yang bisa dilihat dari kucing ini adalah bulu warna putih dan bulu panjang berwarna gelap pada kucing. Dengan karakter ramah terhadap manusia, maka kucing ini juga menjadi favorit bagi masyarakat pecinta kucing.

10. Munchkin

Jenis terakhir yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah kucing Munchkin. Kucing satu ini cukup energik dan sangat senang bermain dengan anak-anak. Kucing ini memiliki penampilan yang cukup unik dan imut menggemaskan seperti boneka sehingga banyak anak-anak menyukai kucing satu ini.

Itulah kesepuluh Jenis kucing yang sering dipelihara di Indonesia. Anda tentunya bisa memilih salah satu sebagai hewan peliharaan dirumah anda agar rumah bisa lebih ramai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here