Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu kegemaran atau dambaan bagi sebagian orang. Apalagi untuk anda yang betah di rumah namun merasa kesepian di rumah. Adanya hewan peliharaan tentu akan menjadi hiburan tersendiri untuk anda.

Dalam hal ini, ada beberapa hewan yang cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan. Salah satunya adalah kucing. Kucing itu sendiri merupakan jenis hewan yang lucu dan juga penurut.

Terlebih lagi kucing juga sering bertingkah lucu sehingga akan sangat menyenangkan memeliharanya. Namun sebelum memutuskan memelihara kucing.

Anda juga harus memikirkan kandang untuk kucing anda beristirahat. Dalam ulasan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat kandang kucing tingkat.

Kucing merupakan jenis hewan yang umumnya tinggal di rumah. Apalagi untuk jenis kucing tertentu seperti persia, anggora dan lain sebagainya. Biasanya kucing sejenis ini tidak akan dibiarkan begitu saja berkeliaran di luar rumah.

Oleh karena itu, kucing rumahan sebaiknya disediakan kandang. Hal ini mencegah kucing berkeliaran ke luar rumah jika sedang anda tinggal bepergian misalnya. Jika masih dalam pantauan anda, maka bukan masalah jika membiarkan kucing bermain-main di luar rumah sebentar.

Sehingga kucing juga tidak mengalami stress. Namun anda juga perlu menyediakan kandang kucing untuk kondisi-kondisi tertentu. Seperti ketika anda tinggal bepergian.

Lihat juga: Kandang Kucing Dari Kayu.

Hal Yang Harus Diperhatikan  Membuat Kandang Kucing Tingkat

Cara Membuat Kandang Kucing Tingkat

Kandang kucing tingkat adalah jenis kandang yang biasanya dibutuhkan oleh anda yang memiliki beberapa kucing di rumah. Sehingga ini memudahkan anda membuatkan rumah untuk kucing-kucing anda.

Dengan membuat kandang tingkat untuk kucing ini bukan hanya meminimalkan penggunaan tempat yang terlalu banyak. Namun kandang jenis ini juga lebih praktis atau ringkas tentunya.

Selain itu, pembuatan untuk kandang kucing yang tingkat juga tidak sulit. Ada beberapa jenis kandang tingkat yang dibedakan dari material yang digunakan.

Mulai dari kandang kucing kayu, kandang kucing besi dan lain sebagainya. Sebelum itu, anda juga harus tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang untuk kucing anda.

Ukuran

Cara Membuat Kandang Kucing Tingkat

Hal yang harus diperhatikan pertama kali ketika membuat kandang kucing yang tingkat adalah ukurannya. Dalam hal ini, anda tentu harus mengetahui kebutuhan kandang yang akan dibuat.

Jika anda ingin membuat kandang untuk beberapa kucing sekaligus. Maka ukuran yang harus dibuat tentu juga lebih besar. Namun juga anda hanya memerlukan kandang untuk kucing dalam jumlah yang sedikit.

Anda juga bisa segera memperkirakan ukuran kandang yang dibutuhkan. Jangan sampai kandang yang anda buat terlalu sempit sehingga membuat ruang gerak untuk kucing sangat terbatas. Ini tentu akan membuat kucing tidak nyaman.

Alas

Cara Membuat Kandang Kucing Tingkat

Bukan hanya ukuran kandang saja yang perlu anda perhatikan ketika akan membuat kandang untuk kucing.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah alasnya. Dalam hal ini, alas pada kandang kucing akan sangat menentukan kenyamanan bagi kucing. Jika alas yang digunakan tidak memiliki daya serap bau yang baik. Maka ini akan membuat kandang menjadi tidak nyaman. Belum lagi bau yang menyengat tentu akan sangat mengganggu.

Oleh karena itu, anda bisa memilih alas kandang yang mungkin menghasilkan bau wangi. Kemudian juga alas yang memiliki celah rapat sehingga kaki kucing tidak terjebak dalam celah.

Jenis Kandang

Hal yang harus diperhatikan berikutnya ketika membuat kandang kucing tingkat adalah jenis kandang. Jenis kandang untuk kucing itu sendiri cukup beragam. Baik jenis dari material yang digunakan, atau jenis dari penggunaannya.

Ada kandang kucing yang dibuat untuk kepentingan ternak saja, namun juga ada yang digunakan harian. Oleh karena itu, anda harus menentukan terlebih dahulu jenis kandang mana yang akan dibuat. Dengan begitu anda bisa membuat kandang kucing yang tepat.

Beberapa hal diatas merupakan komponen penting atau hal yang harus anda perhatikan dan pikirkan terlebih dahulu sebelum membuat kandang.

Apalagi kandang merupakan rumah yang diharuskan dapat membuat kucing nyaman berada dalam kandang. Jika kandang yang dibuat membuat kucing tidak nyaman, kucing bisa saja mengalami stress.

Itu sebabnya pastikan bahwa anda membuat kandang yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Kemudian juga memperhatikan alas yang digunakan agar tepat dan nyaman untuk kucing. Lalu yang paling penting adalah jenis kandang yang akan dibuat.

Beberapa Langkah Membuat Kandang Kucing Tingkat Dari Besi

Cara Membuat Kandang Kucing Tingkat

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas, maka yang selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara membuat kandang kucing.

Sebagian orang biasanya akan memilih cara praktis yaitu membeli kandang yang sudah jadi. Namun jika anda ingin membuat kandang kucing yang sesuai dengan keinginan. Selain itu juga sesuai dengan kebutuhan untuk kucing anda. Maka anda bisa membuat kandang kucing sendiri.

Ada beberapa langkah cara membuat kandang kucing yang tingkat. Dalam ulasan berikut ini kita akan membahas tentang cara membuat kandang kucing dengan material besi. Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada penjelasan dibawah ini.

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan yang digunakan untuk membuat kandang kucing. Diantaranya adalah besi, kawat strimin, karpet, keramik, cat, gergaji dan juga kardus. Jangan lupa juga untuk menyiapkan pasir serta wadah makan.
  2. Gunakan besi sekitar 10 buah dengan ukuran 10 mm.
  3. Selanjutnya adalah mengukur dan kemudian memotong besi untuk kepentingan kandang kucing. Dalam hal ini, anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari berat, tinggi kemudian juga kucing yang akan dimasukkan kandang.
  4. Bentuk potongan besi tersebut hingga membentuk persegi panjang.
  5. Setelah itu anda bisa menggunakan kawat strimin untuk menyatukan besi-besi yang ada.
  6. Keramik merupakan salah satu pilihan alas yang tepat untuk kandang kucing. Hal ini akan memudahkan anda ketika membersihkan kandang.
  7. Anda juga perlu menentukan letak kasur yang nantinya digunakan tidur kucing. Dalam hal ini, anda kemudian bisa meletakkan kardus dan juga karpet diatas kasur tersebut.
  8. Jangan lupa juga untuk menentukan letak tempat membuang kotoran kucing. Sehingga kandang bisa tertata rapi dengan letak yang sudah dipikirkan ketika akan membuat kandang.
  9. Langkah yang selanjutnya adalah membuat pintu. Dalam membuat pintu ini bisa menggunakan engsel.
  10. Jika pembuatan kandang sudah selesai, semua materialnya sudah disatukan. Maka langkah berikutnya adalah mengecat kandang. Anda bisa menggunakan cat yang khusus untuk besi. Ini akan mempercantik kandang yang anda buat tentunya.
  11. Langkah yang terakhir adalah meletakkan kandang pada tempat yang tepat tentunya.

Itulah beberapa langkah dari membuat kandang kucing tingkat menggunakan besi dengan mudah.

Sebelum membuat kandang pun anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti yang telah dijelaskan diatas. Dengan begitu, anda bisa membuat kandang yang nyaman dan juga tepat untuk kucing-kucing anda.

Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Terutama bagi para pecinta kucing yang ingin membuat rumah untuk kucing-kucingnya. Sehingga tidak sembarangan berkeliaran.

Tags: kandang kucing, macam macam kandang kucing kayu, membuat kandang kucing, estimasi pembuatan kandang kucing, desain kandang kucing tingkat, kandang kucing kayu tingkat, kandang anak kucing anggora, kandang kucing tingkat 3, cara membuat rumah rumahan atau kandang untuk kucing, macam macam kandang kucing:anggora