Penjelasan Kenapa Kucing Bisa Gila

Kenapa kucing gila? Pertanyaan ini terkadang muncul dari kepala para pencinta kucing. Pencinta kucing tentu saja ingin binatang kesayangannya itu baik-baik saja dan tetap bisa menyenangkan ketika diajak bercanda.

Tetapi yang namanya makhluk hidup, sama halnya seperti manusia, kucing juga kadang kala bisa mengalami stress. Stress kucing jika dibiarkan lama-kelamaan juga dapat menyebabkan kucing menjadi gila dan mungkin akan membahayakan pemiliknya.

Nah, agar Anda sebagai pemilik kucing bisa mencegah kegilaan dari binatang yang lucu ini, simak informasi tentang ciri kucing yang stress berikut ini.

Ciri Kucing Gila

Ciri Kucing Gila

Ciri dari kucing gila ini wajib diketahui oleh Anda yang mengaku pencinta kucing. Apalagi jika Anda memiliki kucing di rumah, tentu saja informasi ini nantinya akan sangat berguna. Jika anda minim informasi tentang kucing yang stress, siapa tahu keadaan binatang kesayangan Anda tersebut malah bisa membahayakan Anda dan keluarga.

Lihat juga Kucing Putih Mata Biru

Tentu Anda tidak mau bukan? Maka dari itu, agar Anda tetap bisa bercanda dengan kucing kesayangan tetapi keselamatan keluarga juga tetap terjaga, perhatikan dengan benar informasi yang akan disampaikan.

  1. Suka Sendirian

Sudah disinggung bahwa kucing hampir mirip dengan manusia ketika ia mengalami stress. Kucing dapat dikatakan stress jika ia melakukan kebiasaan ini. Kucing stress biasanya suka menyendiri. Mirip bukan seperti manusia?

Manusia juga lebih pengen sendiri ketika mereka merasa stress atau depresi. Jika anda mendapati kucing yang lebih suka sendiri, maka ada baiknya Anda mendiamkannya dahulu.

Jangan mengajaknya bercanda agar rasa stresnya bisa segera reda. Meskipun ada yang mengatakan bahwa kucing yang tiba-tiba menyendiri itu menandakan bahwa kucing sedang sakit. Namun, Anda tetap harus waspada jika kesendirian kucing tersebut berlarut-larut.

  1. Sering Memainkan Bulunya (Grooming)

Ada satu kebiasaan kucing yang bisa Anda lihat setiap hari, yaitu grooming. Grooming biasanya dilakukan oleh kucing untuk menata bulunya agar terlihat indah dan menarik di mata lawan jenisnya. Ada pula kucing yang grooming karena ia memiliki banyak kutu di bulunya.

Nah, banyak kutu inilah yang terkadang bisa membuat kucing menjadi gila. Mungkin jika hanya satu atau dua kutu saja yang bersarang di bulunya, si kucing sudah pasti dapat mengatasinya. Tetapi jika kutu yang menyerang begitu banyak, si kucing pasti merasa stress karena dengan grooming saja, kutu di tubuhnya tidak akan hilang.

Lihat juga Obat Kutu Kucing

Maka dari itu, jika Anda mendapati kucing dengan banyak kutu, sebaiknya Anda lebih memperhatikan kebersihannya. Atau, jika cara tersebut belum efektif, Anda bisa membawa kucing kesayangan ke dokter hewan untuk memberikan vaksinasi. Jadi, kegilaan kucing bisa teratasi dan tidak membahayakan Anda dan anggota keluarga.

  1. Kucing Sering Berak

Kucing sering buang air besar adalah salah satu tanda kucing stress. Terkadang pemilik kucing tidak menyadari hal tersebut dan menganggap diare yang dialami oleh kucing tersebut sebagai hal yang wajar.

Memang, ada beberapa penyebab mengapa kucing mengalami diare, salah satunya yang paling sering adalah makanan yang kurang bersih.

Tetapi biasanya diare yang disebabkan oleh makanan tersebut akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, Anda perlu mewaspadai jika kucing diare terus-menerus dalam waktu yang relatif lama. Bisa jadi, diare yang dialaminya adalah dari stress yang sedang ia rasakan.

  1. Kucing Menjadi Galak

Siapa sih yang tidak suka bermain dengan kucing. Anda yang mengaku pencinta kucing tentu saja sering menghabiskan banyak waktu untuk bercanda dengan hewan peliharaan Anda tersebut.

Kebanyakan kucing akan suka ketika pemiliknya membelainya, mengajaknya bermain atau mengajaknya ngobrol. Ia pun terlihat riang dengan melompat kesana kemari mengikuti mainan yang diberikan.

Namun, lain halnya ketika kucing sedang mengalami stress. Meskipun Anda hanya membelainya, ia akan meresponnya dengan galak. Tak jarang, si kucing malah menggigit orang yang mengajaknya bercanda.

  1. Lebih Sering Tidur

Kucing yang mengalami stress memang memiliki banyak cara untuk menunjukkan rasa stresnya. Jika tadi ada kucing yang berubah menjadi agresif, ada juga kucing yang lebih banyak menggunakan waktunya untuk tidur.

Jika Anda adalah pemilik kucing, tentu saja Anda akan tahu berapa lama kucing kesayangan biasanya tidur. Apabila Anda mendapati kucing dengan rentang waktu tidur lebih lama dari biasanya, sebaiknya Anda membiarkan kucing tersebut.

Jangan mengajaknya bercanda dulu agar stresnya bisa hilang. Saat Anda tetap saja membangunkannya untuk mengajaknya bercanda, pastilah si kucing tidak akan menghiraukannya.

  1. Sering Mual dan Muntah

Jangan salah ya dengan gejala yang satu ini. Jangan dianggap ketika Anda mendapati kucing muntah, berarti kucing habis makan tikus. Walaupun, beberapa kucing memang sering muntah ketika mereka selesai melahap tikus.

Kucing yang sering mual adalah salah satu tanda kucing bisa gila. Si kucing tidak bisa mengatasi rasa stresnya dan tubuhnya pun menjadi sering muntah. Ketika dia memakan apapun, ia akan sering muntah bukan Cuma saat ia menyantap tikus. Jadi, perhatikan benar ya gejala muntah dari kucing kesayangan Anda.

Lihat juga Vitamin Kucing yang bagus

Kira-kira dari beberapa ciri tersebut, apakah salah satunya pernah ditunjukkan oleh kucing Anda? Jangan takut, setidaknya Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan ketika si peliharaan kesayangan menunjukkan gelagat yang seperti yang telah dijelaskan tadi.

Perlu Anda tahu, kucing akan mengalami stress bahkan sampai gila apabila ia harus menetap di lingkungan yang baru. Stress yang dialami kucing juga bisa dikarenakan si kucing kehilangan buah hatinya. Jadi, dengan Anda paham ciri kucing gila dan penyebabnya, Anda akan lebih bisa menyayangi kucing kesayangan serta menjaga keluarga atau diri Anda dari amukan kucing gila.

Kucing gila bisa diketahui cirinya lewat tingkah laku, salah satu yang paling sering ditunjukkan adalah sikap kucing yang berubah menjadi lebih agresif.

Leave a Comment