Kucing jenis anggora dan persia merupakan jenis kucing yang paling banyak diminati untuk diadopsi, baik bagi orang Indonesia maupun di seluruh dunia.

Kucing anggora persia sangat banyak dikenal oleh masyarakat umum.

Semua orang ingin memeliharanya yang di mana kucing-kucing tersebut mempunyai bulu yang indah dan sifat yang lucu.

Tapi bagi para pecinta kucing akan sangat mudah membedakan yang mana kucing anggora dan yang mana kucing persia. Lalu bagaimana orang awam bisa mengetahui ciri-ciri kucing angora persia tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips membedakan kucing angora Persia mulai dari bentuk fisik hingga sifat kucing. Saya akan bantu menjelaskan. Berikut tipsnya.

Lihat juga: Tips Membedakan Kucing Anggora Yang Asli Atau Palsu.

Perbedaan Kucing Anggora Asli dan Persia

1. Daerah asal

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Kucing anggora merupakan satu dari sekian kucing dengan ras tertua yang berasal dari Angora yang saat ini dinamakan Ankara yang berada di Turki, diketahui sudah sejak tahun 1600-an.

Kucing Persia,sesuai dengan namanya, kucing persia berasal dari daerah Persia yang sekarang dikenal dengan Iran.

Yang pada awalnya di bawa ke negara Italia pada tahun 1620an untuk diperkenalkan dan pada akhirnya kucing persia dikenal seluruh dunia termasuk Indonesia.

2. Bentuk wajah

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Kucing anggora mempunyai bentuk wajah yang hampir mirip dengan kucing lokal yang di mana bentuk wajahnya seperti segitiga terbalik dengan hidung sedikit mancung serta telinganya yang panjang dan runcing.

Kucing persia umumnya mempunyai wajah yang cenderung bulat, dan hidung yang pesek (untuk persia peaknose) atau tidak begitu mancung (untuk kucing persia medium), apabila kamu memperhatikan dahi, hidung, dagu dari samping akan terlihat datar, serta mata dari kucing persia mempunyai variasi yang banyak bila dibandingkan dengan kucing anggora.

3. Tubuhnya

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Kucing anggora bila dilihat dari bentuk tubuhnya lebih kelihatan ideal, dengan postur yang tinggi, terlihat langsing dan mempunyai otot yang tidak terlalu menonjol.

Kucing persia bila dilihat dari bentuk tubuhnya akan terlihat lebih gemuk dan bulat badannya pun tidak terlalu tinggi namun tetap terlihat kokoh dan kuat dengan cakar yang melengkung.

4. Ekor dan bulu

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Kucing anggora memiliki bulu yang tidak terlalu tebal dibanding kucing persia namun pada bulunya kucing anggora justru memiliki bulu yang paling panjang dan tebal layaknya ekor musang karena kemiripannya.

Kucing persia memiliki bulu yang sangat tebal, dilihat dari bulu di wajahnya saja sudah tebal mulai dari leher hingga ekor dipenuhi dengan bulu yang sangat subur khususnya bagi kucing persia yang berdarah murni.

Meski pada ekornya tidak setebal bulu ekor kucing anggora.

5. Kepribadian dan aktivitas

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Kucing anggora merupakan ras kucing yang, sangat energik, penurut dan cukup cerdas, punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi, sangat suka berinteraksi dengan manusia, mudah untuk dilatih dan ramah dengan manusia dan hewan lain.

Cara berjalan dari ras kucing anggora terlihat lebih luwes bak seorang model dan tentu saja sangat menggemaskan.

Kucing persia mempunyai sifat yang lebih kalem meski terlihat manja dan malas kucing persia juga merupakan kucing yang penurut, dilihat dari sifat yang sedikit malas dan berbeda jauh perbandingannya dengan kucing angora persia lebih suka berdiam di tempat ataupun tidur.

Dari segi berjalan terkesan lambat dan manja.

Tips Merawat Kucing Anggora Persia Tanpa Kandang

Kita sering melihat kucing angora Persia adalah hewan yang mandiri akan tetapi kucing peliharaan juga membutuhkan perawatan yang baik agar tetap sehat.

Dalam memelihara kucing ada bisa memilih menggunakan kandangatau tanpa kandang. Sebenarnya kedua cara ini memiliki perawatan yang hampir sama akan tetapi Ketika anda memutuskan untuk merawat kucing tanpa kandang dapat dikatakan lebih baik karena aku tidak menyukai tempat yang bebas sehingga ia bisa mendownload serta mencegah kucing stress.

Berikut beberapa panduan atau cara merawat kucing anggora persia tanpa kandang yang dapat anda ikuti.

1. Silakan lakukan pemeriksaan tahunan

Sama yaitu melakukan pemeriksaan tahunan secara rutin. Saat ini sangat disarankan untuk mendeteksi penyakit yang ada pada kucing sebelum penyakitnya semakin parah.

Ketika melakukan pemeriksaan Anda juga bisa berdiskusi mengenai kesehatan atau perawatan kucing dengan dokter hewan silakan Anda Jelaskan beberapa hal yang berbeda pada kucing misalnya mengeong, cara berjalan makan serta tingkah laku kucing.

Ketika memeriksa bulan ini kucing juga akan diberi vaksin sehingga ia lebih bebas dari kotoran ternyata bisa mendeteksi parasit kotoran.

2. Selalu sisir bulu kucing

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Nah yang tidak dipelihara di dalam kandang tentu akan lebih sering berkeliaran sehingga melakukan pembersihan secara rutin merupakan salah satu hal yang harus anda lakukan. Bulunya panjang silakan anda bahwa ke tempat kucing atau pet shop agar dilakukan grooming.

Sikat berbentuk segitiga yang memiliki ukuran lebih kecil juga bisa dimanfaatkan untuk menyisir bagian tubuh kucing seperti bagian telinga dan wajah

Istilah in menyisir kucing berbulu panjang ada bisa bahasa Inggris yang bergigi rapat sedangkan untuk yang berbulu pendek juga dipilih yang bergigi rapat.

3. Sediakan Tempat khusus

Meskipun kucing dipelihara tanpa kandang akan tetapi mereka juga butuh tempat khusus yang nyaman bersantai sedang beristirahat. Anda bisa menambahkan bantal atau selimut lembut dengan dicuci secara berkala agar tetap bersih.

4. Siapkan tempat kotoran kucing

Kucing yang dipelihara tanpa kandang kebersihannya setiap hari karena kucing menyukai tempat buang air yang bersih agar bisa mencegah dari penyakit.

Anda bisa menyiapkan kotak kotoran yang bersih agar kucing tidak buang kotoran sembarangan. Tanda memelihara lebih dari 1 kucing sebaiknya dapatkah lebih banyak dari jumlah kucing yang dipelihara supaya kucing tersebut tidak berebut tempat kotoran.

5. Pelajari jenis makanan kucing

5 Tips Membedakan Kucing Anggora Persia

Untuk mempelajari jenis makanan kucing Anda bisa pergi ke dokter dan meminta saran terkait dengan makanan kucing yang berkualitas.

Instruksi atau penduduk yang ada pada label dimana takaran makanan kucing akan dihukum sesuai dengan berat badan umur serta aktivitasnya akan tetapi secara umum kucing lebih suka makanan dengan porsi sedikit namun sering diberikan.

Jangan memberikan kucing makanan manusia kecuali jika memang disarankan oleh dokter hewan anda beberapa jenis makanan manusia dapat membuat kucing sakit atau bisa juga mengandung racun.

Kucing adalah hewan karnivora sehingga membutuhkan makanan hewan yang memiliki kandungan asam amino tinggi serta komponen protein lain supaya kesehatannya tetap terjaga dengan baik bukan hanya itu saja berikan kucing air putih yang bersih serta hindari memberikan susu karena susu ini sulit dicerna.

6. Makan dengan jenis hewan peliharaan lain

Jika kucing bermain dengan hewan peliharaan lain sebaiknya Anda Biarkan saja biasakan kucing untuk bermain dengan hewan peliharaan lain dan dengan menyediakan tempat tidur kucing lainnya.

Selain itu berikan makanan kucing dengan menggunakan media yang berbeda agar kita saling belajar mengenali bau kucing lainnya.

Dengan melihat beberapa tips membedakan kucing anggora Persia diatas, semoga anda tidak kebingungan lagi ketika ingin membedakan kucing anggora persia serta membuat anda lebih mengenali tentang kucing persia dan kucing anggora.

Tags: anggora, Anggora turki, kucing anggora persia