Anggora merupakan salah satu jenis kucing ras yang paling banyak dipelihara. Bentuk tubuhnya yang lucu, cerdas dan menggemaskan membuat pecinta kucing sangat menyukainya. Bulu kucing anggora juga sangat bagus dan lembut, membuat kita ingin terus bercengkerama dengannya. Jenis kucing anggora sangat mudah berinteraksi dengan manusia. Oleh karena itu sangat mudah dilatih dan dekat pemiliknya. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa merawat kucing anggora dengan baik. akhirnya kucing mudah sakit dan mati.

Bagi pemula harus tahu seluk beluk tentang kucing anggora terlebih dahulu. Supaya bisa merawatnya dengan baik. harus tahu bagaimana cara memandikan, makanannya, musim kawin, perawatan sehari-hari dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui semua hal tentang kucing anggora, anda bisa merawatnya dengan baik. kucing bisa tubuh sehat dan cerdas.

Artikel Kucing

Sejarah Asal Usul Kucing Anggora

Untuk mengenal hewan peliharaan, anda harus tahu sejarah asal usulnya. Kucing anggora tidak berasal dari indonesia tetapi dari daerah pegunungan turki. Asal inilah yang membuat bulu kucing anggora tebal. Untuk beradaptasi dengan hawa dingin, hewan di pegunungan turki tumbuh dengan bulu yang panjang. Bulu ini berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari musim dingin yang ekstrim.

Dari banyak penelitian mengatakan bahwa kucing anggora sebenarnya berasal dari kucing biasa. Tetapi karena tempat tinggalnya yang dingin, dia harus beradaptasi dengan lingkungan. Membuat bulunya tumbuh dengan lebat. Sekitar abad ke-16, kerajaan turki memberikan hadiah kucing anggora ke raja inggris. Mulai saat itulah kucing anggora mulai masuk ke benua amerika. Lalu sekitar tahun 1954, rasa kucing ini mulai masuk ke benua amerika. Dan kini kucing anggora sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk indonesia.

Perkawinan Kucing Anggora

Untuk menghasilkan ras baru, anda bisa kawin silangkan kucing anggora dengan jenis lainnya. Sehingga menghasilkan ras baru yang lebih cantik. Ada dua jenis ras kucing yang paling banyak dikawinkan dengan kucing anggora, yaitu kucing persia dan kucing kampung. Keduanya akan menghasilkan ciri kucing yang berbeda-beda.

Kucing Anggora – Persia

Banyak orang yang tidak bisa membedakan kucing anggora dan kucing persia. Keduanya memang memiliki ciri yang hampir sama. Bagi orang awam mungkin akan sulit membedakannya. Tetapi ternyata ada beberapa perbedaan yang terlihat. Terutama dari bentuk wajah dan tubuhnya. Jika kedua jenis ini disilangkan akan menghasilkan kucing yang lebih cantik. Perpaduan keduanya membuat kucing silangkan lebih bagus.

Jika dilihat dari wajahnya, kucing persia memiliki bentuk wajah yang lebih bulat. Bentuk hidung pesek dan bulat. Selain itu bagian hidung, dahi dan dagu lebih datar. sedangkan kucing anggora memiliki bentuk wajah yang mirip dengan kucing lokal dan bentuk wajah sedikit segitiga. Hidung lebih mancung dan panjang. Matanya pun lebih memanjang,

Dengan ciri khas diatas tentunya akan menghasilkan ras kucing yang lebih indah. Hasil kawinan, akan disesuaikan dengan ciri yang dominan. Jadi bisa mirip dengan persia, anggora atau keduanya hampir sama. Hasil persilangannya juga akan mempengaruhi kepribadiannya. Karena kedua jenis kucing ini memiliki kepribadian yang berbeda. Kucing anggora lebih aktif dibandingkan kucing persia. Kucing persia lebih kalem, penurut dan manja. Sedangkan anggora lebih aktif, mudah dilatih dan ingin tahu tinggi.

Kucing Anggora – Kampung

Kucing anggora juga bisa dikawinkan dengan kucing kampung. Banyak orang yang penasaran dengan hasilnya, karena kedua ras kucing ini memiliki ciri yang berbeda. Kucing anggora memiliki bulu yang lebih panjang dan halus. Bahkan dari harganya pun sudah jauh berbeda. Sudah banyak orang yang mencoba mengawinkan kedua jenis kucing ini. hasilnya pun cukup memuaskan. Ada yang memiliki bulu panjang, bulu pendek dan warna bulunya pun semakin cantik. Karena sebagian besar kucing anggora memiliki warna putih. Walaupun ada beberapa yang berwarna hitam dan abu-abu.

Hasil persilangan berpengaruh dengan kromosom yang dominan. Entah dari jantan atau betina. Anda bisa mengawinkan kucing anggora jantan dengan kucing kampung betina atau sebaliknya. Ada beberapa jenis hasil silang kucing anggora dan kucing kampung. Antara lain jenis tabby mix anggora, ginger mix anggora, mackerel mix anggora dan masih banyak lainnya.

Jenis Kucing Anggora

Saat ingin membeli kucing anggora, anda harus tahu ciri-cirinya. Karena bagi orang awam sulit untuk membedakan kucing anggora persia dan asli. Apalagi sekilas keduanya hampir sama. Dengan tahu ciri-cirinya, anda tidak mudah ditipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini beberapa jenis kucing anggora yang harus diketahui.

Kucing anggora persia

Kucing anggora persia merupakan hasil persilangan antara kucing anggora dan persia. Kedua ras kucing ini memiliki ciri yang hampir sama, sehingga hasil persilangannya pun tidak jauh beda. Untuk lebih mengenalnya, anda harus tahu ciri-ciri umumnya antara lain:

  1. Memiliki bulu yang lumayan lebat dan panjang. Sedikit berbeda dengan kucing persia lainnya.
  2. Ukuran kaki terlihat lebih besar dan panjang
  3. Bentuk wajahnya tidak terlalu bulat dan rata. Selain itu bentuk mukanya lebih runcing tetapi tidak seruncing kucing kampung. Hidungnya pun terlihat lebih mancung.
  4. Ukuran telinga terlihat lebih besar dan berdekatan.

Kucing Anggora Asli

Kucing anggora asli berarti jenis kucing yang berasal dari anakan kucing anggora. Induk jantan betinanya berasal dari anggora seutuhnya. Tidak disilangkan dengan ras lain. tapi bagi orang awam sulit membedakan kucing anggora asli dan kucing persia. Karena keduanya memiliki bulu yang panjang, bentuk wajah dan tubuhnya pun hampir sama. Berikut ini ciri-ciri kucing anggora asli yang harus anda waspadai.

  1. Bentuk kepala mirip dengan kucing lokal, seperti segitiga terbalik. Bagian atas lebih lebar dibandingkan bagian dagu. Di kepala bulunya pun tidak terlalu panjang, berbeda dengan kucing persia.
  2. Kucing anggora memiliki telinga yang lebih lebar. Bagian bawah telinga lebih lebar dan mengerucut dibagian atas atau ujungnya. Jarak keduanya pun lebih dekat. Bentuk telinganya mirip dengan kucing lokal. Selain itu telinga tidak diselimuti bulu banyak, berbeda dengan kucing persia.
  3. Mata berbentuk seperti buah almond. Warna matanya bisa berubah-ubah, inilah yang membuat mata kucing anggora berbeda dengan yang lainnya. Kucing anggora yang memiliki mata biru, biasanya tuli. Jadi pilihlah dengan baik.
  4. Bentuk hidung kucing anggora mirip dengan kucing lokal. Terlihat lebih mancung dan sedikit terangkat ke atas. Lubang hidungnya pun sedikit terlihat.
  5. Anggora memiliki tubuh yang langsing. Ukuran tubuh anggora jantan lebih besar dibandingkan betina.
  6. Kaki anggora panjang, sehingga membuat tubuhnya terlihat lebih tinggi, dengan tubuh yang tinggi dan langsing, membuat postur tubuhnya sangat indah.
  7. Memiliki ekor yang panjang dan berbulu lebat
  8. Kucing anggora ada yang memiliki bulu putih, abu-abu dan hitam. Bulu kucing tumbuh sesuai kondisi cuaca. Bila suhu dingin, pertumbuhannya bulunya lebih panjang. Sedangkan suhu panas bulunya lebih pendek.

Perbedaan Kucing Anggora dan persia

Dari penjelasan diatas, seharusnya anda sudah bisa membedakan kucing anggora dengan persia. Karena keduanya memiliki ciri yang berbeda. Tetapi untuk lebih jelasnya berikut ini perbedaan kucing anggora dan persia yang harus anda ketahui:

1. Asal usul

Kucing anggora berasal dari daerah pegunungan turki, sudah ada sejak tahun 1600an. Sedangkan kucing persia berasal dari daerah persia iran.

2. Bentuk Wajah

Kucing anggora memiliki bentuk wajah mirip dengan kucing kampung. Bentuknya seperti segitiga terbalik. Bagian atas lebih lebar dibandingkan bagian bawah. Bentuk hidungnya pun lebih mancung. Telinga tidak berbulu dan berbentuk panjang dan runcing. Sedangkan kucing persia memiliki bentuk wajah bulat. Hidung lebih pesek dan mata lebih bulat. Bagian hidung, dahi dan dagu rata.

Baca: Biaya Steril Kucing Yang Perlu Anda Ketahui

3. Bentuk Tubuh

Kucing anggora memiliki tubuh yang langsung dan tinggi. Begitu proporsional dan cantik. Ototnya tidak menonjol, hampir mirip dengan kucing kampung. Sedangkan kucing persia memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk bulat, kaki lebih pendek, kokok dan besar.

4. Bulu Kucing

Kucing anggora memiliki bulu tebal tetapi tidak setebal kucing persia. Pada ekor kucing anggora memiliki bulu yang lebih panjang dan tebal. Banyak yang menyembut bulu ekor kucing anggora mirip dengan bulu ekor musang. Pada wajah kucing anggora bulunya tidak setebal kucing persia. Karena kucing persia memiliki bulu yang lebih panjang dan tebal. Apalagi untuk jenis kucing persia berdarah murni.

5.  Kepribadian Kucing

Kucing anggora memiliki kepribadian yang lebih aktif, senang bermain dan penurut. Kucing anggora mudah dilatih, karena sangat pintar. Selain itu sangat mudah berinteraksi dengan manusia. Sedangkan kucing anggora memiliki sifat yang lebih kalem. Sangat penurut, lembut dan pemalas. Kucing persia suka manja dan tidur-tiduran di dekat pemiliknya.

6. Ekor kucing

Kucing anggora memiliki ekor yang lebih panjang dan lebat. Ekornya mengembang seperti ekor musang. Sedangkan kucing persia memiliki bulu yang panjang dan lebat tetapi tidak selebat kucing anggora.

7. Harga kucing

Untuk harganya, kucing anggora lebih mahal dibandingkan kucing persia. Apalagi untuk kucing anggora asli. Tetapi sayangnya sulit menemukan kucing anggora asli di indonesia,Karena sangat langka. Harganya bisa mencapai 4-15 juta rupiah per ekornya.

Anak Kucing Anggora

3 bulan pertama, pertumbuhan anak kucing anggora sangat cepat. Anak kucing yang masih bayi, tidak bisa mendengar dan melihat, tetapi sudah bisa mengeong. Berat badanya kurang dari 100 gram, berat badan akan bertambah terus menerus dengan bertambahnya umur kucing. Berikut ini tahapan pertumbuhan anak kucing anggora setiap minggunya.

1. Umur 1 Minggu

Umur 1 minggu anakan kucing anggora masih banyak tidur. Saat tidur tubuhnya sering berkedut, karena tubuhnya sedang menstimulus pertumbuhan sistem syaraf dan otot. Umur 2-3 hari, tali pusar kucing akan putus sendiri. Bayi kucing tidak bisa mengatur suhunya, oleh karena itu induk harus membantu mengatur suhunya. Supaya bayi kucing tidak kepanasan dan kedinginan. Di umur 1 minggu ini, belum banyak pertumbuhan yang terjadi. kucing harus mendapatkan makanan yang tepat dan tempat yang bersih.

2. Umur 1 Bulan

Anak kucing anggora yang berumur 1 bulan atau 4 minggu sudah mulai aktif bermain. Dia juga mulai berani meninggalkan sarangnya. Kemampuan pendengaran dan penglihatannya sudah mulai meningkat. Ia sudah bisa menjilati bulunya sendiri, walaupun terkadang induk masih tetap menjilati bulu anaknya.

3. Umur 2 Bulan

Umur 2 bulan menjadi puncak pertumbuhan kucing, sebelum menjadi kucing dewasa. Dia sudah bisa diajak bersosialisi atau berkomunikasi dengan manusia. Misalnya dipegang bagian bulu, mata, tangan dan lainya. Anda bisa memberikan mainan yang mampu mengangsang pertumbuhan kucing anggora. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dan lakukan vaksinasi pertama. Pemberian vaksinasi digunakan untuk menjaga kesehatan kucing dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Umur 3 bulan

Umur 3 bulan kucing sudah lebih aktif. Dia bisa bermain sendiri dan jauh dari induknya. Anda juga bisa menyapih dari induknya. Sehingga kucing bisa makan dan minum sendiri. Tetapi tetap perhatikan makanan, minuman, tempat dan kesehatan kucing. Sehingga bisa tumbuh menjadi kucing anggora yang sehat. Jangan lupa untuk memandikan dan membersihkan bulunya dengan rutin.

Macam-Macam Warna Kucing Anggora

Kucing anggora bisa dibedakan berdasarkan warnanya. Karena warna kucing anggora tidak hanya putih, tetapi juga ada warna lain. apalagi sudah di kawin silangkan dengan jenis kucing lainnya, sehingga menghasilkan warna bulu yang berbeda. Berikut ini beberapa macam warna kucing anggora yang popular.

1. Kucing anggora kuning

Warna kuningnya bukan warna kuning yang cerah. Tetapi lebih ke kuning emas kecoklatan. Biasanya jenis ini sudah disilangkan dengan jenis kucing kampung, yang memiliki bulu warna kuning.

2. Kucing anggora putih

Kucing anggora putih menjadi jenis yang paling popular. Karena warna asli kucing anggora adalah putih bersih. Jika memelihara kucing anggora putih, anda harus merawat bulunya dengan baik. supaya tidak cepat kotor dan berkutu. Apalagi kucing anggora sangat aktif bermain, mereka pasti suka bermain di tempat yang kotor. Jadi pastikan untuk memandikan secara rutin,

3. Kucing anggora hitam

Kucing anggora warna hitam juga hasil dari persilangan dengan jenis kucing berbulu hitam. Memiliki warna bulu hitam lebat membuat penampilannya lebih cantik dan anggun. Apalagi untuk jenis warna bulu hitam campuran warna putih, membuat gayanya semakin menawan.

4. Kucing anggora abu-abu

Kucing anggora juga memiliki warna bulu abu-abu. Warnanya abu-abunya tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Cocok buat anda yang ingin memelihara kucing yang terlihat sedikit menyeramkan tetapi tetap menawan.

5. Kucing anggora pink

Warna pink disini bukanlah warna merah muda yang mencolok. Tetapi lebih ke warna putih ke merah muda. Sampai saat ini belum ditemukan kucing anggora yang memiliki warna bulu pink pekat, kecuali anda mengecatnya dengan warna pink.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Setiap jenis kucing memiliki ciri yang berbeda-beda. Bisa dilihat dari bentuk tubuh, wajah, perilaku dan masih banyak lainnya. Jika anda ingin memelihara kucing anggora harus tahu ciri-ciri kucing khas pegunungan turki ini,

1. Kepala

Bentuk kepala kucing anggora mirip dengan kucing kampung. Berbentuk segitiga terbalik, bagian dagunya meruncing dan semakin keatas bentuknya semakin membesar. Selain itu pertumbuhan bulu di kepalanya tidak terlalu lebat. Berbeda dengan kucing persia, yang bagian kepalanya memiliki bulu lebat.

2. Telinga

Ukuran telinganya lebih besar dan lebar. Jarak antar kedua telinganya lebih dekat. Selain itu bagian telinga tidak ditumbuhi bulu terlalu lebat.

3. Cakar

Bentuk kaki yang panjang membuat cakarannya juga panjang. Bentuk cakarannya sama dengan kucing kampung. Berbeda dengan kucing persia, yang bentuk cakarannya lebih bulat.

4. Tubuh

Kucing anggora memiliki tubuh yang tinggi, kecil dan langsing. Bentuk tubuhnya sangat proposional dibandingkan jenis kucing lainnya. Ukuran kucing anggora jantan lebih besar dibandingkan kucing anggora betina. Berat kucing anggora lumayan ringan, sehingga kucing ini banyak diminati untuk dipelihara.

5. Mulut

Mulut kucing anggora berbentuk kecil. Memiliki gigi yang tajam di dalamnya. Di sekitar mulut pertumbuhan bulunya tidak terlalu lebat. Dengan tambahan kumis yang panjang, membuat mulutnya sedikit tertutup.

6. Mata

Warna kucing anggora ada yang biru dan kuning. Ada juga yang memiliki sebelah warna kuning dan sebelah warna biru. Kucing yang memiliki warna biru, biasanya memiliki sistem pendengaran yang kurang maksimal.

7. Hidung

Kucing anggora memiliki hidung yang mancung dan menonjol. Hampir mirip dengan hidung kucing kampung. Lubang hidungnya terlihat dan letaknya sedikit ke atas.

8. Bulu

Pertumbuhan bulu kucing anggora sangat berpengaruh dengan cuaca. Saat cuaca panas, pertumbuhan bulunya lebih pendek. Sedangkan saat suhu dingin, pertumbuhan bulunya lebih panjang. Inilah yang membuat kucing anggora mudah beradaptasi dengan lingkungan. Bulu kucing anggora lebih lebat dibandingkan kucing kampung. Selain itu bulunya sangat lembut dan halus, apalagi anda merawatnya dengan benar.

9. Kaki

Kaki kucing anggora lumayan panjang, sesuai dengan bentuk tubuhnya. Sehingga saat berjalan, akan membuat postur tubuhnya semakin indah dan mempesona.

10. Ekor

Ciri yang paling terlihat dari kucing anggora, ada pada ekornya. Bentuk ekor kucing anggora berbeda dengan kucing pada umumnya. Memiliki ekor yang panjang, dengan bulu yang lebat. Sehingga terlihat begitu indah dan mempesona. Bahkan bentuk ekornya agak mengembang seperti bentuk ekor musang. Ketika berjalan, akan membuat keindahan ekornya semakin terlihat.

11. Warna

Ada beberapa warna bulu kucing anggora. Yang paling popular warna putih. Selain itu ada warna hitam, abu-abu dan kuning.

Cara Merawat Kucing Anggora

Perawatan kucing anggora itu susah-susah gampang. Untuk pemula mungkin akan sedikit mengalami kesulitan. Oleh karena itu, anda harus tahu cara merawat kucing anggora dengan benar. Berikut ini beberapa masalah perawatan yang sering terjadi.

Biar bulu tidak rontok

Penyebab bulu kucing rontok bisa dikarenakan kekurangan gizi, pemberian vitamin berlebihan, memang sudah waktunya, alergi, suhu, kutu, tungau atau penggunaan produk yang salah. Anda harus tahu penyebab bulu kucing rontok. Sehingga bisa diatasi dengan baik. untuk mengatasinya rawat bulu seperti biasanya. Seperti dimandikan, disisir dan lainnya. Cobalah untuk mengganti produk mandinya, mungkin tidak cocok. Kalau kondisinya sudah semakin parah, lebih baik diperiksakan ke dokter. untuk penanganan lebih lanjut.

Biar tetap sehat

Anda harus menjaga kesehatan kucing anggora. Untuk merawat kucing supaya tetap sehat, anda harus menjaga asupan makan dan minumnya dengan baik. jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit. Takaran makanan disesuaikan dengan umur kucing. Selain itu jagalah kebersihan badan dan kandangnya. Mandikan secara rutin dan bersihkan kandang. Ini akan menghindari kucing dari serangan kutu dan penyakit.

Biar poop pada tempatnya

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, supaya kucing mau buang air besar di tempatnya. Anda harus melatihnya dengan sabar, apalagi anda merawatnya sejak bayi. Siapkan tempat untuk buang air besar. Gunakan bak yang berukuran besar, supaya kucing lebih nyaman buang air besarnya. Jika kucing masih kecil,tambahkan jembatan kecil supaya lebih mudah naiknya.

Baca: Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Selain itu pilihlah pasir yang baik, jangan menggunakan pasir yang wangi. Gunakan pasir yang mudah diserok. Jangan terlalu sering mengganti jenis pasirnya, supaya lebih mudah dikenali kucing. Taruh bak di tempat yang mudah dikenali kucing. Anda harus mengenalkannya sejak dini. Letakan kotak di tempat yang sama terus menerus. Kalau perlu taruh kucing diatas bak tersebut dan jangan lupa berikan kasih sayang padanya. Sehingga dia tidak merasa takut dan tertekan.

Biar tidak pipis sembarangan

Selain mengajarkan untuk buang air besar di tempatnya. Anda juga harus mengajari kucing untuk tidak pipis sembarangan. Jika kucing anda suka pipis sembarangan, padahal anda sudah menyediakan tempatnya. Mungkin ada yang salah dengan tempat tersebut. Perhatikan letaknya, jenis pasir dan juga kebersihan kotak tersebut. Selain itu perhatikan kesehatan kucing, mungkin inilah yang menjadi masalah kucing suka pipis sembarangan.

Kemudian latih dengan perlahan. Pindahkan kotak di tempat yang biasa dijadikan pipis kucing. Pastikan tempat tersebut terang dan bersih. Kemudian ajarkan secara perlahan, sehingga kucing bisa pipis di tempat tersebut dengan sendirinya.

Biar kandang tetap bersih

Untuk merawat kucing supaya kandang tetap bersih tentunya sulit. Apalagi anda merawat kucing anggora yang sangat aktif. Pastikan untuk membersihkan kandang setiap hari. selalu mengganti makanananya dan mengajarkan kucing untuk buang air besar serta buang air kecil di tempatnya. Ini akan membantu kandang tetap bersih.

Biar mau mandi

Kucing biasanya takut dengan air. Oleh karena itu anda kesulitan dalam memandikannya. Dia akan berontak dan lari saat akan di mandikan. Inilah kendala yang sering dialami oleh para pemula. Merawat kucing memang dibutuhkan keahlian khusus, anda harus tahu cara memandikan kucing dengan benar. Buatlah dia nyaman terlebih dahulu. Anda bisa mengusap-usap kepalanya. Lalu mandikan kucing dengan suhu yang tepat. Jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin.

Anda tidak perlu memandikan kucing setiap hari, cukup 3-7 hari sekali. Ini sudah cukup merawat kulit dan bulu kucing. Tetapi bila kucing sering bermain di luar rumah, lebih baik sering dimandikan. Usahakan jangan memandikan kucing lebih dari jam 4 sore. Pegang bagian tekuknya, ini akan membuat kucing lebih tenang. Ajarkan kebiasaan yang baik saat mandi, ini akan membuat kucing lebih mudah untuk dimandikan.

Biar mau bermain

Kucing anggora termasuk jenis kucing yang aktif. Dia sangat suka bergerak dan bermain. Tetapi bila kondisinya kurang sehat, dia menjadi pemalas dan tidak mau bermain. Bila hal ini terjadi, cobalah cek kondisi kesehatan kucing. Kemudian berikan mainan yang dia sayangi. Misalnya pancingan, bola dan lainnya. Ini akan membuat insting kucing tergerak untuk bermain.

Kandang Kucing Anggora Yang Bagus

Kandang menjadi hal penting dalam merawat kucing anggora. Karena tempat ini digunakan untuk tidur dan hidup kucing anda. Kini sudah banyak model kandang yang bisa anda gunakan. Ada yang terbuat dari kayu, besi, dan lainnya. Kalau rumah anda luas, mungkin bisa membuat ruangan sendiri untuk kucing anggora anda.

Kandang sederhana

Tidak perlu membuat kandang yang terlalu mewah. Kandang yang sederhana pun sudah bagus untuk kucing anda. Yang penting tempat tersebut nyaman dan aman ditinggali. Buat ukuran kandang yang sesuai dengan umur kucing. Jangan sampai kucing merasa dikekang, karena akan mempengaruhi kesehatannya. Kandang yang sederhana bisa dibuat dari kayu bekas. Buat kandang berbentuk kotak, lalu beri alas yang bersih. Kalau perlu tambahkan beberapa mainan kucing.

Kandang dari kayu

Anda bisa membuat kandang dari kayu. Bisa kandang yang berbentuk kotak tertutup atau terbuka. Tentunya disesuaikan dengan kondisi rumah anda. Jika membuat kandang dari kayu, perhatikan jenis kayunya. Jangan sampai kayu terlalu tajam dan melukai kucing. Atau jenis kayu yang mudah berjamur dan berayap, karena bisa menginfeksi kucing anggora anda.

Kandang dari kardus

Jika biaya terlalu minim, anda bisa membuat kandang dari kardus. Gunakan kardus bekas, lalu dibuat dengan senyaman mungkin. Bagian atasnya biarkan terbuka, lalu tambahkan alas supaya kucing lebih nyaman. Anda bisa membuat bantal dari kain bekas, kemudian diletakan di atas kardus. Ini sudah bisa membuat kucing anggora nyaman dan hangat.

Ukuran kandang

Ukuran kandang disesuaikan dengan umur kucing. Yang paling penting, jangan sampai terlalu sempit dan membuat kucing tidak nyaman. Buatlah kandang yang luas, sehingga kucing lebih leluasa untuk bergerak dan tidak membuatnya cepat stres. Selain itu sesuaikan dengan berat badan kucing anggora.

Mainan Yang Paling Disukai Kucing

Kucing anggora juga suka bermain dengan manusia. Beberapa alat dibawah ini mungkin ada yang disukai. Yuk simak apa saja mainan kucing anggora.

Pancing-pancingan

Mainan ini sangat disukai kucing. Berbentuk seperti alat pancing dibagian ujungnya ada bulu-bulu halus. Anda tinggal menarik ke atas pancingan tersebut. Kucing akan mencoba menangkapnya. Tarik ke atas kemudian lepaskan secara terus menerus. Permainan ini tidak hanya membuat kucing merasa senang, tapi juga lebih sehat karena dia akan terus meloncat.

Garukan kucing

Semua kucing sangat suka menggaruk. Karena cakarnya memang berfungsi untuk menggaruk suatu benda. Kucing yang hidup dialam, akan menggunakan cakarnya untuk menggaruk tanah atau pohon. Supaya tidak menggaruk kursi, meja atau lemari di rumah. Lebih baik sediakan mainan garukan kucing. Sudah banyak toko yang menjualnya, ada yang berukuran kecil dan besar. Ini akan membuat kucing semakin senang bermain-main.

Bola kucing

Anda bisa bermain dengan menggunakan bola kucing. Permainan ini sangat mudah dilakukan dan akan membuat kucing semakin aktif. Anda tinggal melemparkan bola ke bawah meja atau dinding. Kucing pasti akan langsung senang dan mengejar bola tersebut. Anda juga bisa melemparkan bola ke bak mandi, ini akan membantu kucing lebih senang saat mandi. Pastikan memilih bola kucing yang aman. Perhatikan bahan dan bentuknya, sehingga tidak mengganggu kesehatan kucing,.

Ikan-ikanan

Untuk melatih gigi dan mulutnya, anda bisa membelikan mainan ikan-ikanan. Kucing pasti suka dengan ikan. Dia akan selalu mengigitnya dan merangsang pertumbuhan gigi. Mainan ini bagus diberikan untuk anakan kucing anggora, yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Makanan Kucing Anggora

Makanan sangat penting bagi kesehatan kucing anggora. Anda harus memperhatikan asupan gizi dan takarannya. Perlu anda tahu bahwa kucing adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Walaupun ada beberapa kucing yang suka memakan tumbuhan. Anda harus memperhatikan kandungan gizinya dengan baik. jangan memberikan sembarang makanan ke kucing, karena bisa mempengaruhi kesehatannya. Selain itu kucing anakan dan dewasa membutuhkan jenis makanan yang berbeda.

Makanan untuk anak kucing anggora

Anak kucing anggora bisa diberikan makanan oleh manusia, bila sudah berumur 3-4 minggu. Saat baru lahir, induknya yang akan memberikan asupan makanan. Berikan makanan basah, jangan makanan kering karena anak kucing belum bisa mengunyah makanan kering. Anda bisa menyuapinya dengan sendok teh atau pipet. Makanan kucing direndam dulu di dalam air supaya lembut. Jika sudah berumur 2-3 bulan, anakan kucing anggora sudah bisa makan makanan kering.

Makanan untuk kucing anggora dewasa

Kucing anggora dikatakan dewasa, bila sudah berumur 1 tahun. Semakin bertambah umurnya, semakin banyak kebutuhan gizinya. Apalagi kucing anggora termasuk jenis kucing yang aktif. Mereka suka bergerak kesana kemari, membuat energinya cepat hilang. Anda bisa membeli makanan yang dijual di pasaran. Pastikan terdapat tulisan completed atau balanced. Tanda tersebut menandakan bahwa makanan tersebut memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi kucing.

Makanan kucing anggora menurut umur

Saat memberikan makanan kucing, anda harus memperhatikan umurnya. Karena setiap umur membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Anak kucing membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan kucing dewasa. Untuk umur anakan, anda harus menyuapinya. Tetapi untuk kucing dewasa, cukup letakan di tempat makanannya. Berikan di jam yang sama dan takaran yang tepat, sehingga kucing akan terbiasa makan dengan teratur.

Untuk pengukuran takaran, anda bisa memperhatikan kondisi kucing. Misalnya kucing memiliki berat 5 kg dan membutuhkan asupan 300 kalori per harinya. Berarti anda harus memenuhi jumlah kalori tersebut dari makanan yang diberikan. Anda bisa melihat kandungan kalori makanan di kemasan makanan kucing. Anda bisa membagi kebutuhan jumlah kalori menjadi 2-3 kali makan.\

Nutrisi kucing anggora

Kucing membutuhkan beberapa nutrisi, sehingga tubuhnya tumbuh dengan sehat dan kuat. Makanan kucing yang baik harus mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Kandungan lemaknya rendah
  2. Kandungan protein tinggi, minimal 25%. Semakin tinggi kandungan proteinnya, semakin baik untuk kucing anggora
  3. Memiliki kandungan pH rendah
  4. Mengandung vitamin A, niacin, B12 dan thiamin
  5. Mengandung asam arakidonat

Minuman Kucing Anggora

Untuk minuman kucing anggora tidak membutuhkan minuman khusus. Anda bisa memberikan air putih untuk konsumsi air setiap harinya. Saat masih anakan, anda bisa memberikan susu khusus kucing. Jangan pernah memberikan jenis minuman lain. seperti teh, kopi, minuman bersoda atau minuman instan lainnya. Karena jenis minuman tersebut tidak diperuntukan buat kucing. Jika tidak cocok bisa mempengaruhi pencernaan kucing anggora.

Cara Memberikan Makan Kucing Anggora

Ada banyak cara untuk memberikan makan kucing anggora. Bisa dengan cara disuapi, ditaruh di bak dan lainnya. Hal ini juga disesuaikan dengan umur kucing. Saat masih bayi, anda harus menyuapinya dengan pipet atau sendok. Karena mereka belum bisa makan sendiri. Tetapi saat dewasa, cukup letakan makanan di bak makanan kucing. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan hal berikut ini:

Baca: 5 Tips Membedakan Kucing Anggora Yang Asli Atau Palsu

Selalu sediakan makanan dalam wadah

Selalu sediakan makanan dalam wadah yang disediakan. Jangan sampai kucing tidak menemukan makanan di tempat biasa dia makan. Letakan wadah di tempat yang mudah di jangkau kucing. Selain itu jangan letakan wadah berpindah-pindah. Letakan di tempat yang sama terus menerus. Apalagi kucing anggora sangat aktif, dia akan sering merasa lapar dan mencari makanan. Bila tidak menyediakan makanan di wadah, dia akan mencari makanan lain yang bisa di makan.

Sediakan minuman yang cukup

Selain menyediakan makanan, anda juga harus menyediakan minuman. Letakan minuman dan makanan berdekatan. Anda bisa membeli wadah, yang menyediakan tempat minum sekalian tempat makan. Ini akan memudahkan kucing untuk menemukan asupan makanan dan minumannya. Cukup berikan air putih untuk kebutuhan minum kucing setiap harinya.

Atur jam makan kucing anggora

Berikan makanan secara teratur, di tempat yang sama dan jam yang sama. Terutama untuk kucing anggora dewasa. Anda bisa memberikan makanan 2-3 kali sehari. Sesuaikan dengan kebutuhan si kucing. Misalnya anda biasa memberi makan jam 6 pagi, jam 12 dan jam 5. Jadi pastikan untuk selalu menyediakan makanan di jam tersebut. Letakan makanan dengan minuman, bila kucing haus bisa langsung minum. Hal ini dilakukan untuk menghindari kucing minum dari tempat yang tidak semestinya.

Vitamin Kucing Anggora

Supaya kucing semakin sehat dan gemuk, anda perlu memberikan vitamin tambahan. Dari makanan saja tidak cukup memberikan nutrisi yang tepat. Ada banyak jenis vitamin kucing yang dijual di pasaran. Selain itu kebutuhan vitamin kucing berbeda-beda. Anda bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu, bila ragu memberikan asupan vitamin yang tepat. Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan kucing anggora antara lain vitamin A, vitamin B, thiamin dan masih banyak lainnya.

Jenis Penyakit Kucing Anggora

Kucing yang kita pelihara tidak selamanya sehat. Pasti akan mengalami sakit. Saat kucing sakit kita pasti ikut merasa sedih. Dia jadi kurang bersemangat, tidak bergerak aktif dan terlihat murung. Ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang kucing anggora. Bila kucing terkena penyakit, anda harus mengatasinya secepat mungkin. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang sering menyerang kucing anggora.

Kutu

Kutu merupakan penyakit yang paling mudah ditemukan. Apalagi anda tidak menjaga kebersihan kucing dengan baik. Jika dibiarkan kutu akan menggigit kulit kucing dan lebih parahnya membuat luka di kulit. Luka tersebut akan berubah menjadi koreng dan infeksi kulit. Untuk menanganinya, gunakan shampo khusus kucing yang bisa menghilangkan kutu. Mandikan kucing secara teratur. Setelah mandi langsung keringkan, jangan biarkan bulu kucing basah terlalu lama.

Muntah

Muntah juga sering dialami oleh semua jenis kucing. Ada banyak penyebab muntah pada kucing. Bisa dikarenakan makanan, menelan benda tertentu, kondisi tubuh melemah dan masih banyak lainya. Anda harus bisa membedakan muntah karena penyakit atau muntah alami. Untuk muntah alami karena hairball bukan masalah yang serius. Tetapi bila muntahnya terus menerus, lebih baik untuk segera membawa ke dokter hewan.

Sakit mata

Bila mata kucing mengalami masalah, akan sangat mengkhawatirkan. Karena mata menjadi organ penting bagi kucing. Ada beberapa jenis penyakit mata yang sering dialami kucing yaitu radang selaput mata (kojungtivitar), glaucuma, radang mata, penyakit retina dan masih banyak lainya. Anda harus waspada dengan gejalanya. Sehingga bisa ditangani segera mungkin.

Bila mata kucing sering mengeluarkan cairan kental, bulu mata basah, muncul kotoran dan lainnya berarti mata kucing anda bermasalah. Anda bisa mengobatinya dengan obat tetes. Tetapi bila kondisi tidak semakin membaik atau sakit mata karena bakteri, anda harus membawanya ke dokter. supaya diberikan antibiotik. Jangan pernah anggap sepele penyakit yang diderita kucing anda.

Jamur

Penyakit jamur dikenal juga dengan istilah kudis. Penyakit ini sering menyerang bagian muka, telinga dan kaki kucing. Penyakit jamur disebabkan oleh kondisi bulu yang lembab, sehingga mudah berjamur. Oleh karena itu langsung keringkan bulu kucing setelah di mandikan. Anda bisa menghilangkan jamur kucing dengan menggunakan shampo khusus atau salep 88. Oleskan dibagian kulit yang berjamur. Selain itu selalu rawat kucing dengan baik, pastikan untuk selalu tetap kering.

Cacingan

Ada beberapa jenis cacing yang bisa menginfeksi kucing. Misalnya echinococcus, dibothriocephalus, taenia taeniaeformis dan masih banyak lainnya. Kucing anggora yang cacingan memiliki bulu yang kusam, gusi tidak sehat, kotoran kucing terdapat cacing, kucing muntah cacing, nafsu makan menurun dan perut membesar. Pengobatannya bisa menggunakan obat cacing. Anda bisa memberikan obat yang diresepkan dokter. hati-hati dengan efek sampingnya dan pastikan untuk melakukan pemeriksaan lagi sampai cacing di dalam tubuh kucing hilang.

Tidak mau makan

Ada banyak sekali penyebab kucing tidak mau makan. Bisa dikarenakan jenis makanananya, nafsu makan menurun, terkena penyakit mulut dan pencernaan, stres, bosan dan lainnya. Anda harus tahu apa yang menyebabkan kucing tidak mau makan. Ini akan memudahkan penanganannya. Cobalah untuk memberikan variasi makanan, mungkin kucing bosan dengan makanan yang diberikan. Tambahkan obat nafsu makan, untuk memacu nafsu makan kucing yang hilang. Bila menderita penyakit, segera obati penyakitnya supaya kucing mau makan lagi. Cara terakhir dengan menyuapinya langsung.

Cegukan

Tidak hanya manusia yang bisa mengalami cegukan. Kucing pun bisa mengalami cegukan. Biasanya cegukan dialami oleh kucing yang masih kecil, semakin dewasa frekuensi cegukannya berkurang. Anda tidak perlu khawatir, cegukan bisa sembuh dengan sendirinya. Anda juga bisa memberikan minuman dan mengelus bagian lehernya. Ini akan membantu cegukan lebih cepat sembuh.

Batuk

Batuk pada kucing bisa disebabkan oleh gangguan saluran pernafasan. Jangan pernah anggap sepele batuk pada kucing, bila tidak diatasi sedini mungkin bisa menyebabkan kematian. Batuknya kucing seperti sedang tersedak, seolah ada yang mengganjal dibagian tenggorokannya. Jika hal ini terjadi, lebih baik segera dibawa ke dokter hewan. Supaya kucing anggora segera diobati.

Gambar Kucing Anggora

Kucing anggora lucu

kucing anggora dengan bulu putih halus dan tubuh proposional, menjadikan kucing ini menjadi kucing anggora yang lucu. Dengan warna mata berbeda yaitu warna kuning dan biru. Apalagi jenis kucing ini merupakan kucing anggora asli, yang tidak bercampur dengan ras lainnya. Dari tampilannya saja begitu lucu dan menggemaskan.

Kucing anggora tercantik di dunia

Kucing anggora termasuk kucing tercantik di dunia. Dengan harga yang mahal mencapai puluhan juta rupiah. Memiliki bulu yang panjang dan halus. Salah satu kucing anggora tercantik di dunia dimiliki oleh warga korea selatan. Bentuk wajahnya sangat sempurna, warna bulu putih bersih dan bentuk tubuhnya sangat proposional.

Kucing anggora comel

Dalam bahasa malaysia, comel artinya lucu. Jika anda sering nonton upin upin pasti sering mendengarnya. Kucing anggora comel ini memang memiliki wajah yang lucu. Sangat cantik dan imut-imut. Membuat kita ingin selalu menggedongnya dan mengambil fotonya. Bulunya pun terlihat halus dan bentuk wajahnya sempurna. seperti tidak ada cacat sama sekali.

Anak kucing anggora imut

Bila melihat anak kucing, kita pasti langsung merasa gemas dan lucu. Apalagi untuk anak kucing anggora imut yang satu ini. bentuknya masih kecil, tetapi memiliki bulu yang lembut. Wajahnya pun begitu lucu dan menggemaskan. Umurnya masih satu bulan tapi terlihat begitu menggemaskan.

Harga Kucing Anggora

harga kucing anggora bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Hal ini tergantung dengan umur kucing, bentuk wajah, kondisi bulu dan masih banyak lainnya. Selain itu ras anggora juga sangat berpengaruh dengan harganya. Kucing anggora asli memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kucing anggora campuran.

Harga kucing anggora murah

Harga kucing anggora umur 2-6 bulan mulai dari Rp 200.000. harga kucing yang belum divaksin biasanya lebih murah. Sedangkan yang sudah divaksin lebih mahal.

1. Harga kucing anggora persia umur 3 bulan belum di vaksin sekitar Rp 300 ribu – Rp 700 ribu

2. Harga kucing anggora kampung umur 3 bulan sekitar Rp 200 ribu – Rp 400 ribu. Yang umur 6 bulan sudah divaksin sekitar Rp 600 ribu

3. Harga kucing anggora mix himalaya sekitar Ro 300.000

Harga kucing anggora mahal

Harga kucing anggora yang mahal adalah jenis kucing anggora asli. Yang berumur 3 bulan sekitar Rp 3 juta belum di vaksin dan 7 juta jika sudah divaksin. Jika umurnya lebih dari 6 bulan, harganya bisa dua kali lipat mencapai 15 juta rupiah tergantung kondisi kucing anggoranya.

Video Kucing Anggora

Inilah video kucing anggora yang sangat lucu dan membuat gemas. Setelah melihat video ini, anda pasti tergoda untuk memeliharanya.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan tentang tips merawat kucing anggora. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Deskripsi: kucing anggora merupakan kucing yang sangat cantik, memiliki bulu yang panjang, halus dan bentuk wajah yang lucu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here