[Panduan Lengkap] Cara Merawat Kucing Flatnose

Kucing flatnose, kucing jenis ini adalah kucing yang sedang ngetrend dijadikan sebagai kucing rumahan. Para pecinta kucing pun rela membayar mahal untuk bisa mendapatkan kucing berhidung datar.

Bagi Anda yang masih pemula dalam urusan kucing tetapi Anda sekali memelihara kucing zaman now ini, tak usah khawatir, Anda bisa menggali informasi lebih dalam tentang kucing flatnose lewat informasi berikut ini.

Jenis Kucing Flatnose

bentuk Kucing Flatnose

Ada beberapa jenis kucing hidung datar yang banyak diburu oleh pencinta kucing. Yang paling ternama adalah kucing Persia. Kucing yang dikenal lewat hidungnya yang pesek ini memiliki bentuk yang menggemaskan.

Kucing Persia memiliki bentuk wajah tidak terlalu bulat dan hampir terlihat seperti kotak. Tak heran lihat bentuk mukanya saja, para pencinta kucing sudah tak mampu untuk melewatkannya karena ia begitu lucu dan menggemaskan.

Belum lagi bulu kucing Persia yang panjang, lebat, dan halus juga dijadikan satu alasan pencinta kucing untuk jatuh jika pada kucing flatnose satu ini. Sayangnya, kucing hidung pesek satu ini cukup membutuhkan perawatan karena bulu panjangnya sering kali rontok. Apalagi jika Anda gemar membelainya.

Lihat juga Cara Merawat Kucing Persia

Jenis kucing hidung pesek berikutnya adalah kucing exotic shorthair. Sedikit berbeda dengan kucing Persia, kucing flatnose ini memiliki bentuk bulat. Bentuk badannya yang bulat membuat para pencinta kucing sangat gemas dan tak sabar untuk segera memilikinya.

Sebenarnya, kucing ini sering disangka kembarannya kucing Persia jika Anda melihatnya sekilas. Tetapi ada perbedaan diantara keduanya. Perbedaan tersebut sudah tampak lewat namanya yaitu shorthair.

Kucing hidung pesek ini memiliki bulu yang pendek dan lebat sehingga tidak mudah rontok saat Anda memainkannya. Jika Anda sudah mengetahui jenis kucing flatnose yang banyak ditawarkan di pasaran, kira-kira mana kucing yang bakalan membuat Anda jatuh hati?

Karakter Kucing Flatnose

Jika Anda sudah menentukan pilihan, Anda pun wajib tahu bagaimana karakter kucing hidung pesek yang sebenarnya. Tentunya, jika Anda sudah mengetahui karakternya, Anda akan lebih mudah untuk merawat dan menjadikannya sebagai hewan kesayangan.

Pertama, manja. Kucing hidung pesek adalah salah satu kucing rumahan yang baik. Ia tidak akan menyerang seseorang meskipun si kucing baru pertama kali melihatnya.

Kucing ini juga tidak agresif sehingga Anda tidak perlu menjadikannya sebagai sebuah ancaman. Malahan, kucing flatnose sangat gila akan perhatian atau dapat dikatakan manja.

Ia sangat suka jika Anda membelainya, memangkunya atau mengajaknya bermain. Menyenangkan dan sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

Karakter kucing flatnose yang kedua yaitu tidak suka ditinggal sendiri. Karakter yang satu ini ada kaitannya dengan karakter yang sebelumnya. Sifatnya yang manja membuatnya sangat suka diajak berinteraksi oleh banyak orang.

Lihat juga Cara Merawat Kucing Anggora

Makanya, saat kucing merasa sendirian atau diacuhkan, kucing hidung pesek ini akan menjadi stress dan berusaha untuk mencari perhatian orang yang didekatnya.

Ketiga, kucing flatnose adalah hewan yang cerdas. Kucing begitu senang akan permainan yang dianggapnya baru. Jadi, rasa penasaran si kucing sangat tinggi dan ia juga sangat peka akan perlakuan pemiliknya.

Tips Menjadikan Kucing Flatnose Lucu dan Cantik

Kucing Flatnose

Apakah cukup jika hanya mengetahui informasi tentang jenis dan sifat dari kucing flatnose saja? Tentu saja tidak. Anda juga wajib tahu bagaimana cara untuk merawat si kucing pesek ini agar terlihat lucu dan cantik.

Merawat hewan peliharaan, termasuk merawat kucing tidak cukup hanya sekedar diberi makan dan diberi kandang yang bagus saja. Hewan peliharaan tersebut juga butuh perawatan dan perhatian lebih agar senantiasa bisa menghibur seisi rumah. Mau tahu seperti apa cara merawat kucing hidung pesek ini? Simak baik baik!

  1. Merawat Bulu Si Kucing

Bulu kucing flatnose kerap kali dijadikan PR bagi para pencintanya. Terkadang, para pemilik kucing ini dibuat bingung mengapa bulu-bulu kucingnya rontok. Penyebab kerontokan bulu kucing bisa jadi disebabkan oleh kurangnya perawatan.

Cara merawat bulu kucing hidung pesek terbilang ekstra karena si pemilik harus rajin memandikannya. Tidak hanya itu saja, bulu kucing juga harus secara rutin disisir agar bulunya tetap terlihat halus dan indah.

Apabila Anda sudah melakukan kedua hal tersebut tetapi bulu kucing masih tetap rontok, solusi jitunya adalah membawanya ke dokter hewan.

Bawalah kucing kesayangan Anda tersebut ke dokter dan mintalah untuk divaksinasi. Penyuntikan tersebut selain menjauhkan kucing dari penyakit, dijamin dapat mengurangi rontok dari kucing hidung pesek.

  1. Memberikan Asupan yang Sehat

Asupan juga salah satu hal yang wajib diperhatikan saat Anda memutuskan untuk memelihara kucing hidung pendek. Pilihlah makanan yang kaya akan protein agar tubuhnya tetap sehat dan bulunya tidak gampang rontok.

Mungkin, banyak dari Anda yang lebih memilih makanan dryfood untuk santapan Andalan si kucing. Namun, ada baiknya jangan terlalu sering karena dryfood tidak terlalu baik untuk kesehatan si kucing pesek.

Untuk masalah minuman, berikanlah minuman yang sehat. Jika Anda merasa keberatan memberi si kucing susu, setidaknya berilah air yang bersih. Jangan lupa selalu bersihkan wadah makanan dan minuman si kucing supaya si kucing bebas dari serangan kuman penyakit.

  1. Jangan Membiarkan Si Kucing Stres

Kucing berhidung pesek adalah hewan yang sensitif dan mudah stress. Makanya, agar si kucing tidak stress, Anda bisa mengajaknya bermain jika Anda memiliki waktu luang. Ketika Anda sibuk, sempatkanlah untuk membelainya sebentar.

Lihat juga Cara Merawat Kucing Himalaya

Dengan begitu, si kucing tidak merasa kurang perhatian. Jangan sekali-kali Anda membiarkan kucing hidung pesek sendirian dalam waktu yang lama karena hal tersebut bisa membuatnya stress berkepanjangan.

Apabila Anda berpergian jauh, solusinya Anda bisa menitipkan si kucing sementara waktu kepada kerabat atau teman dekat. Nah, mudah kan ternyata merawat kucing flatnose? Jadi, selamat menerapkan teorinya ya!

Kucing flatnose dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan jika Anda tahu karakter dan cara merawatnya yang baik dan benar.

Leave a Comment