Kucing Himalaya adalah salah satu jenis kucing yang sangat banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan banyak sekali yang menjadikan jenis kucing ini sebagai hewan peliharaan kesayangan dirumah.

Anda yang ingin memelihara kucing Himalaya ini sebaiknya mengetahui mengenai sejarah, karakter dan informasi lain yang berkaitan dengan pemeliharaan kucing Himalaya. Ada banyak sekali jenis kucing yang ada di dunia namun jenis kucing yang satu ini memiliki karakter tersendiri sehingga akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan kesayangan anda.

Panduan Lengkap, Bagaimana Memelihara Kucing Himalaya

Kucing Himalaya adalah jenis kucing yang sering juga disebut sebagai kucing Persia titik warna. Nama ini memang sangat cocok dengan karakternya karena kucing ini merupakan hasil kawin silang antara kucing dari ras Persia dengan kucing dari ras siam.

Hasil persilangan kedua jenis kucing ini menghasilkan kucing baru dengan bentuk atau tipe badan yang sama seperti kucing ras Persia namun warna dari bulu kucing dan matanya juga sama seperti kucing siam. Warna mata dari binatang menggemaskan ini adalah biru dengan pola titik warna. Anda yang sudah melihat binatang ini akan sangat mudah untuk mengenalinya karena karakter dan bentuk tubuhnya sangat jelas.

Sejarah kucing Himalaya

Sejarah dari kucing Himalaya sangat penting untuk diketahui apalagi anda berencana untuk memeliharanya. Dengan mengetahui sejarah binatang ini tentu saja akan semakin mudah untuk mengetahui karakter dan juga asal mula dari ras kucing yang unik ini. Kucing Himalaya sudah ada sejak lama bahkan sudah sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Namun di baru diperkenalkan pada tahun 1950an di eropa dengan nama Persia titik warna. Setelah itu pada tahun 1957 kucing ini dikategorikan sebagai kucing ras yang berbeda dengan kucing Persia sehingga Namanya menjadi kucing Himalaya. Hingga saat ini, kucing ini memang sering disebut sebagai kucing Himalaya dan bukan lagi kucing Persia titik warna. Meskipun sudah popular dengan nama ini namun ada juga yang mendaftarkan kucing Himalaya sebagai variasi dari kucing Persia karena memiliki karakter dan pola yang sama.

Hingga saat ini, kucing Himalaya sudah masuk atau terdaftar sebagai salah satu ras yang berbeda dengan ras Persia oleh TICA atau the international cat association. Meskipun masuk ras yang berbeda namun masih tetap masuk dalam kelompok kucing Persia dan juga kucing yang memiliki karakter eksotis. Ras Persia merupakan ras kucing yang sangat unik dan eksotis sehingga kucing Himalaya juga masuk kedalam ras ini berdasar standar kelompok ras Persia. Meskipun bukan masuk kategori Persia namun banyak dari masyarakat yang menganggap jika kucing ini adalah kucing Persia hanya saja memiliki warna yang berbeda dan mata yang berbeda. Bagi masyarakat, memang akan lebih mudah untuk mengenali kucing ini sebagai ras Persia dibanding kucing Himalaya meskipun karakternya sudah sangat berbeda apalagi dari mata dan bulunya.

Karakteristik kucing Himalaya

Kucing himalaya merupakan kucing dengan karakter yang sama dengan kucing persia yakni memiliki tubuh yang gemuk. Selain itu kaki dari kucing ini juga pendek dan besar seperti Persia sehingga mereka akan sangat sulit untuk melakukan lompatan seperti kucing ramping lainnya. Kucing Himalaya selain ada yang memiliki karakter seperti kucing Persia namun ada juga yang memiliki karakter seperti kucing siam. Kucing siam memiliki karakter tubuh yang langsing, ramping dan juga anggun sehingga banyak dari hasil persilangan kucing Persia dan siam yang lebih condong kepada karakter kucing siam.

Meskipun demikian, kebanyakan dari kucing Himalaya memiliki bentuk seperti Persia. Anda akan sangat menyukai bentuk tubuh dari kucing ini karena sangat lembut dan menggemaskan. Namun mata yang dimiliki sangat tajam dengan warna biru yang sangat eksotis. Tidak heran jika kucing ini memiliki banyak penggemar dan banyak dijadikan sebagai salah satu kucing peliharaan dengan harga jual yang lumayan tinggi. Anda yang sedang mencari referensi kucing peliharaan yang cantik dan menarik maka kucing Himalaya bisa menjadi pilihan yang sangat istimewa.

Selain itu, karakter sifat dari binatang ini lebih cenderung seperti Persia yakni lebih senang bermain dan juga senang untuk aktif bergerak. Mereka bukan tipe kucing yang malas atau senang diam saja dan terlalu lama tidur atau bangun hanya untuk makan. Berbeda sekali dengan kucing siam yang merupakan indukan dari jenis kucing ini. Kucing siam lebih senang diam dan juga terkesan sangat tenang. Jika anda senang dengan kucing yang lucu maka kucing Himalaya akan menjadi teman menggemaskan untuk anda. Karakter tubuh, bulu dan juga sifat sama-sama sangat baik. Hal ini juga yang menjadikan kucing Himalaya memiliki harga yang cukup mahal.

Jenis jenis kucing himalaya

Kucing Himalaya adalah jenis kucing yang sangat istimewa dengan dua jenis yang berbeda. Anda bisa menemukan kucing Himalaya dengan dua karakter yang berbeda. Jenis yang pertama adalah kucing Himalaya dengan wajah boneka sedangkan jenis yang kedua memiliki wajah datar. Kedua jenis ini memang tidak jauh berbeda namun anda akan dapat membedakannya jika melihat kucing ini dari samping. Jenis yang pertama yakni wajah boneka. Kucing dengan wajah boneka berarti memiliki hidung yang pesek sehingga kucing ini terlihat sangat menggemaskan karena masih sangat terlihat hidungnya namun cukup pesek.

Jenis yang kedua adalah wajah datar. Jenis ini memang sangat istimewa karena kucing memiliki hidung namun sangatlah pesek sehingga apabila anda melihatnya dari samping akan sangat terlihat jika kucing ini seperti tidak memiliki benjolan hidung. Keduanya sama-sama menarik namun memang semakin pesek kucing biasanya akan semakin istimewa dikalangan para pecinta kucing. Karakter dari kedua jenis ini sama-sama memiliki hidung pesek namun tingkat kepesekan hidung menjadi penentu dari jenis kucing Himalaya yang ada.

Ciri-ciri kucing Himalaya

Bagi anda yang ingin memiliki kucing dengan cara membelinya memang akan sangat penting untuk mengetahui ciri kucing dengan jelas. Dengan mengetahui ciri-cirinya maka akan semakin mudah untuk mengetahui jika jenis kucing tersebut memang merupakan jenis kucing Himalaya. Ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya anda ketahui ciri-cirinya seperti :

– Tubuh

Tubuh dari kucing Himalaya memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kucing Persia bahkan bisa dikatakan sama. Bentuk tubuh kucing ini sangatlah gemuk dengan bentuk kaki yang besar. Anda bisa memegang dan menyentuh tubuh dari kucing ini untuk memastikan apakah kucing ini memiliki bentuk sama seperti persia. Bentuk tubuh yang bulat dan menggemaskan ini menjadikan kucing terlihat besar apalagi dengan bulu yang lebat. Anda bisa merasakan sendiri betapa nyamannya ketika menggendong kucing menggemaskan satu ini.

– Kepala

Bentuk kepala dari kucing Himalaya juga sangat mirip dengan kucing persia. Perbedaannya memang ada pada bagian mata. Mata dari kucing himalaya memiliki warna biru dan juga pola titik warna. Selain itu bulu yang ada di bagian telinga juga sangat Panjang sehingga akan memberi kesan anggun dan eksotis. Bentuk hidung dari kucing ini juga mirip dengan kucing Persia dengan bentuk hidung yang pesek atau bahkan sangat pesek. Dari bentuk hidung tersebut, kucing Himalaya dibagi menjadi dua jenis yakni wajah boneka atau wajah datar. Keduanya sangat istimewa sehingga jika anda ingin memeliharanya hanya tinggal memilih sesuai selera.

– Kaki

Bentuk kaki dari kucing himalaya sama seperti kucing Persia yakni besar dan juga pendek. Anda bisa melihat kucing ini berjalan dengan sangat santai dan tidak terlalu lincah apalagi untuk melompat. Meskipun demikian, sebagai kucing hias, kucing Himalaya memiliki karakter yang sangat cantik.

– Bulu

Pada bagian tubuh kucing himalaya ditumbuhi banyak sekali bulu yang lebat seperti kucing Persia. Perbedaannya ada pada titik warna yang Panjang di bagian telinga. Selain itu, titik warna juga akan sangat jelas terlihat dibagian wajah, ekor serta kaki. Bulu pada kucing ini memiliki pola link, pola tabi dan bahkan torti sehingga warnanya seperti warna anjing laut. Bahkan ada beberapa kucing Himalaya yang memiliki warna bulu seperti ungu, biru, krem, merah dan bahkan ada juga yang berwarna cokelat.

– Ekor

Bagian ekor menjadi salah satu bagian yang juga sering mencuri perhatian. Kucing Himalaya memiliki warna ekor yang sangat cantik yakni dengan bulu titik warna seperti pada bagian wajah, telinga dan kaki. Bentuk dari ekor sangat mirip seperti kucing Persia yakni tebal dan Panjang. Ketika kucing berjalan ekornya akan berada dibelakang sehingga kucing memiliki kesan yang Panjang namun terkadang juga akan tegak keatas sehingga begitu anggun dan terkesan gagah.

Cara merawat kucing Himalaya

Jika anda memelihara kucing Himalaya sebaiknya mengetahui bagaimana cara perawatan yang baik dan benar. Dengan begitu kucing akan tubuh sehat, gemuk dan juga ceria. Apabila kucing tidak dirawat dengan baik tentunya pertumbuhan dan perkembangannya tidak akan maksimal sehingga kucing tidak memiliki semangat untuk bermain dan cenderung lesu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan perawatan pada kucing yakni seperti pemberian makan, minum, vitamin dan juga menjaga kondisi kandang agar tetap baik.

– Makanan kucing Himalaya

Makanan adalah hal yang sangat penting dibutuhkan oleh makhluk hidup. Makanan yang baik akan memberikan nutrisi yang baik juga untuk kesehatan kucing himalaya. Anda perlu untuk memperhatikan jenis makanan yang paling cocok untuk kucing ini. Ada beberapa jenis makanan yang baik diberikan untuk kucing Himalaya. Sama seperti kucing persia, kucing ini juga akan sangat cocok untuk diberi makan pellet kucing. Pilih pellet kucing yang sehat dan banyak mengandung ikan dan nutrisi sehingga sambal makan, kucing juga akan mendapatkan perawatan dari makanan yang diberikan.

Selain pellet, jenis makanan lainnya yang bisa diberikan kepada kucing ini adalah seperti ikan tuna segar yang sudah direbus atau yang sudah dibersihkan. Beri pakan ini sebagai tambahan nutrisi sehingga kucing akan lebih lincah dan juga aktif.

– Minuman kucing Himalaya

Kucing membutuhkan cairan agar tubuhnya selalu sehat. Pemberian minuman kucing menjadi hal yang juga tidak kalah penting. Anda sebaiknya selalu menyediakan minuman di tempat khusus minum kucing atau letakkan di dekat kendang. Dengan begitu apabila kucing anda sedang haus akan bisa langsung meminumnya. Air putih yang bersih sudah cukup sebagai minuman bagi kucing namun anda harus mengganti airnya setiap hari.

– Vitamin kucing Himalaya

Anda yang sayang dengan kucing sebaiknya juga memberikan vitamin agar kucing selalu sehat. Beri vitamin sebulan sekali atau sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Biasanya kucing akan diberi vitamin setelah melakukan perawatan di dokter hewan atau juga setelah mandi di salon kucing. Pemberian vitamin ini bukan hal yang wajib namun demi kesehatan tentu saja vitamin menjadi hal yang sangat penting. Pemberian vitamin secara rutin akan membantu kucing tidak gampang sakit sehingga anda tidak akan kerepotan karena kucing selalu dalam kondisi yang sehat.

– Kandang kucing Himalaya

Kendang adalah bagian yang sangat penting juga untuk diperhatikan dalam perawatan kucing menggemaskan ini. Anda bisa memberikan kendang kucing pada umumnya dan kemudian anda juga harus menyediakan pasir sebagai tempat untuk buang air si kucing. Pasir juga harus diganti secara teratur dan jangan sampai menyebabkan ruangan bau. Selain itu, tempat untuk minum dan makan juga harus bersih. Sesekali cuci tempat minum dan juga tempat makan agar tidak menjadi sarang bakteri.

Perawatan kucing Himalaya akan semakin lengkap jika anda memberikan treatment yang tepat memandikan kucing menjadi hal yang juga wajib dilakukan agar kucing selalu terjaga. Bulu kucing juga akan terlihat sehat dan lembut apabila sering dirawat ke jasa grooming paling dekat. Selain memandikan kucing, pemotongan kuku, pembersihan telinga dan pengecekan kesehatan secara rutin akan menjadikan kucing semakin menyenangkan untuk disentuh dan dipeluk.

Kesehatan kucing Himalaya

Kucing Himalaya memiliki ketahanan tubuh yang cukup baik sehingga dari segi kesehatan kucing ini tidak akan mudah terserang penyakit. Meskipun demikian tetap saja bisa mengalami penyakit keturunan yang berasal dari kucing Persia. Jenis penyakit yang sering menjangkiti kucing ini adalah penyakit ginjal yakni seperti penyakit ginjal polikistik atau sering disebut juga dengan kista pada organ ginjal. Anda yang ingin mendapatkan kucing yang sehat memang perlu untuk melakukan perawatan yang baik. Beri makanan yang tepat, minuman yang baik dan bersih serta vitamin secara rutin dan teratur agar kondisi kesehatan kucing selalu terjaga. Apabila kucing sudah mengalami penyakit seperti kista ginjal maka harus memeriksakannya ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Warna kucing Himalaya

Warna dari kucing himalaya memiliki karakteristik yang sangat unik dan berbeda dengan kucing Persia. Bulu yang Panjang menjadikan kucing ini begitu lembut dan sangat nyaman ketika disentuh. Warna bulunya adalah seperti warna anjing laut atau bahkan bisa berwarna biru, krem, merah, ungu, hingga cokelat. Pada bagian telinga, wajah, ekor dan kakinya akan terdapat bulu dengan titik warna sehingga akan terlihat gradasi yang sangat cantik. Warna bulu hadir dengan pola yang sangat cantik yakni penggabungan dari pola links, tabi serta torti. Anda akan sangat menyukai karakter warna dari binatang ini.

Kucing himalaya merupakan kucing yang memang banyak dijadikan sebagai kucing hias dan kucing kesayangan. Mereka senang sekali bermain sehingga terkesan sangat aktif sama seperti kucing kampung yang terkenal aktif. Berbeda dengan kucing siam, mereka lebih senang diam. Kucing Himalaya merupakan jenis kucing yang memiliki watak seperti kucing Persia yang sangat manis, cerdas, lembut, komunikatif, tenang dan senang bermain. Kucing ini juga begitu senang jika dibelai apalagi dengan kasih sayang. Kucing ini juga memiliki sifat yang setia kepada pemiliknya dan juga mudah bersahabat sehingga terkadang akan begitu manja dengan majikannya.

Harga kucing Himalaya

Kucing ini memang sangat menarik untuk dimiliki. Jika anda ingin mendapatkannya maka bisa membelinya secara online di toko hewan peliharaan yang ada di kota anda. Harga dari kucing ini terbilang tinggi karena bisa menjadi dua juta lebih. Namun kebanyakan harga kucing ini hanya berkisar 3-4 jutaan untuk usia 3 bulan. Sedangkan usia 6 bulan bisa mencapai 9-10 jutaan. Semuanya akan tergantung dengan usia dan juga kelebihan. Apabila kucing sudah banyak mengikuti kontes, harganya akan jauh lebih tinggi. Oleh karena itu membeli kucing Himalaya akan lebih murah jika usianya masih kecil atau sudah berhenti menyusui dari ibunya.

Gambar kucing HimalayaPanduan Lengkap, Bagaimana Memelihara Kucing Himalaya

Kucing himalaya memiliki karakter yang sangat menggemaskan sehingga siapapun akan sangat menyukainya. Mereka sangat senang bermain dan memiliki tatapan mata yang tajam. Apabila diambil foto, akan banyak sekali pose yang bisa didapatkan. Gambar kucing Himalaya yang sangat menarik akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai koleksi di handphone atau bahkan bisa dicetak sehingga menjadi pajangan yang sangat menarik. Kecantikan dari kucing ini membuat banyak orang merasa begitu senang untuk memandanginya. Karakter dari kucing kebanyakan memiliki kesan yang manis sehingga anda tidak akan merasa bosan untuk melihatnya.

Video kucing Himalaya

Kucing Himalaya memang begitu menggemaskan dengan karakter yang ceria dan juga aktif. Mereka senang bermain apalagi jika usia mereka masih muda. Semakin sering kucing merasakan kebahagiaan maka akan semakin terbentuk karakternya yang aktif. Anda bisa melihat video kucing Himalaya yang senang melakukan aktifitas seperti makan, tidur, bermain Bersama majikan atau bahkan yang sedang bermain dengan anak-anaknya. Kucing ini juga begitu setia sehingga akan mudah manja dengan majikan. Banyak dari pecinta kucing Himalaya yang senang untuk mengunduh videonya. Hal ini akan membantu pemilih kucing untuk melatih kucing dan menginspirasi diri supaya lebih baik dalam memberikan perawatan kepada kucing Himalaya yang dimiliki.

Memelihara kucing Himalaya tidaklah sulit karena kucing ini memiliki ketahanan yang sangat baik. Selain itu kucing ini juga sangat jarang sakit kecuali mendapatkan perawatan yang tidak tepat. Anda bisa membeli kucing ini ketika usianya sudah mencapai 3 bulan. Harga yang telah disebutkan bisa saja berbeda dengan harga kucing Himalaya yang anda temukan dikota. Jika anda membeli langsung kepada peternaknya atau teman yang memang memiliki banyak kucing Himalaya tentu saja harganya akan jauh lebih murah. Kucing ini memiliki wajah yang sangat menggemaskan sehingga anda akan sangat senang tidur bersamanya dan juga bermain dengan kucing ini.

Bulu-bulunya yang lembut menjadikan kucing Himalaya sangat nyaman untuk disentuh. Anda bisa mengajaknya bermain atau berjalan-jalan dihalaman karena memang mereka sangat setia dan bersahabat. Biasanya apabila kucing sudah sangat terikat dengan majikannya, bisa mengikuti kemanapun majikannya berjalan. Kucing yang manja akan membuat suasana hati pemiliknya merasa semakin menyayangi kucing tersebut. Bahkan terkadang akan ada ikatan batin antara majikan dengan kucing. Jadi jika anda ingin memelihara kucing ini bisa coba dapatkan di pet shop atau bisa juga dengan mencarinya secara online.

kucing Himalaya merupakan kucing yang berasal dari hasil perkawinan antara kucing ras Persia dengan kucing ras siam sehingga hasilnya memiliki bentuk Persia namun mata seperti siam.

Tags: cara memelihara kucing himalaya
ads