7 Jenis Kucing Langka Di Dunia

Para pecinta kucing tentu saja sudah sangat kenal dengan sifat-sifat kucing yang dimiliki. Binatang yang satu ini memang sangat menggemaskan dan banyak dipilih oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan.

Anda tentu juga senang untuk memelihara kucing bukan? Di dunia ini ada banyak sekali jenis kucing yang bisa ditemukan. Kucing yang ada di rumah mungkin hanya sebagian kecil dari jenis kucing yang ada di dunia.

Anda mungkin hanya mengenal beberapa jenis kucing saja seperti angora, persia, kucing lokal, kucing blacan atau yang lainnya.

Namun di dunia ini ada kucing yang bahkan termasuk sebagai kucing yang sudah langka dan sulit untuk ditemukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa kucing yang masuk dalam kucing langka di dunia.

Jenis Kucing Langka Di Dunia

  1. Lynx kanada (lynx canadensis)

Lynx kanada

Kucing pertama yang masuk dalam daftar kucing langka adalah lynx kanada. Jenis kucing yang satu ini memiliki penampilan yang sangat indah dan cantik karena mereka bisa hidup di daerah yang bersalju.

Lihat juga jenis jenis kucing peliharaan

Kucing yang satu ini termasuk sebagai salah satu kucing yang langka karena memang sudah cukup sulit untuk di temukan di alam liar. Bahkan spesies yang tersisa dari kucing ini semakin sedikit.

Mereka memiliki bentuk tubuh seperti kucing pada umumnya hanya saja bulunya tebal dan juga bisa menyesuaikan dengan iklim. Mereka biasanya tinggal di hutan kanada, alaska dan juga di berbagai wilayah di amerika utara.

  1. Singa (panthera leo)

Singa (panthera leo)

Kucing selanjutnya yang termasuk dalam hewan yang sudah cukup langka adalah singa. Binatang yang satu ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat diberbagai dunia. Jenis kucing ini sebenarnya termasuk kucing besar yang ganas karena senang berburu binatang yang besar juga seperti rusa, kerbau, bahkan banteng.

Binatang ini bisa ditemukan di daratan afrika. Disana memang menjadi tempat yang sangat nyaman untuk tinggal singa karena memang tersedia banyak makanan yang melimpah. Di indonesia sendiri tentu akan sangat sulit menemukannya. Mungkin anda hanya akan bisa melihatnya di kebun binatang saja.

  1. Macan tutul (panthera pardus)

Macan tutul (panthera pardus)

Jenis kucing selanjutnya yang juga termasuk kucing yang langka di dunia adalah macan tutul. Macan yang satu ini juga termasuk dalam kategori kucing besar yang ganas. Mereka sangat senang tinggal di hutan.

Di indonesia akan sangat sulit ditemukan hewan besar yang satu ini. Jika bertemu dengan macan tutul sebaiknya harus waspada karena mereka kuat, liar dan juga ganas.

Apalagi dalam hal memburu mangsa. Macan tutul akan lebih mudah ditemukan di afrika selatan. Mereka memiliki corak warna tutul yang khas sehingga sangat mudah dikenali.

  1. Citah (acinonyx jubatus) namibia

Cheetah (acinonyx jubatus) namibia

Citah juga merupakan jenis kucing besar yang sudah langka serta cukup sulit untuk di temukan. Anda mungkin pernah melihat binatang ini di telefisi.

Namun untuk melihatnya secara langsung akan sangat sulit karena mereka merupakan binatang tercepat di dunia dan hanya bisa ditemukan di afrika saja. Kemampuan mereka berlari sungguh luar biasa. Tidak ada hewan darat yang mampu menandingi kemampuan berlari binatang yang satu ini.

  1. Karakal (caracal caracal) namibia

Caracal (caracal caracal) namibia

Kucing indah yang selanjutnya dan juga merupakan salah satu jenis kucing langka di dunia adalah caracal. Kucing yang satu ini memang sangat cantik karena memiliki ciri khas pada telinga dan bulunya.

Kucing ini memiliki daun telinga yang menjuntai sehingga terlihat berbeda dengan kucing pada umumnya. Bulu kucing ini juga sangat indah dengan ketebalan yang memukau.

Hal yang perlu anda tahu, kucing ini memiliki kemampuan melompat hingga 3 meter. Jadi mereka bisa menangkan burung yang bahkan sedang terbang rendah.

  1. Ocelot (leopardus pardalis)

Ocelot (leopardus pardalis)

Jenis kucing liar langka yang selanjutnya adalah ocelot. Kucing yang satu ini memiliki bentuk dan corak yang mirip seperti macan tutul.

Hanya saja ukurannya memang tidak sebesar macan tutul. Mereka sering kali disebut juga dengan macan tutul kurcaci karena mirip sekali dan hanya berbeda pada ukuran tubuhnya. Kucing ini sangat senang memanjat pohon untuk berburu atau bahkan bersantai.

  1. Serval (leptailurus serval) afrika selatan

Serval (leptailurus serval) afrika selatan

Jenis kucing lainnya adalah serval. Kucing yang tsau ini memiliki ciri khas pada kakinya yang panjang dan juga memiliki telinga yang unik. Tubuh dari kucing ini juga terlihat panjang. Hal ini membantu mereka untuk mengintai mangsa di balik semak dengan lebih mudah.

Kaki yang panjang juga membuat mereka mampu berlari cepat dan menangkan buruan dengan lebih mudah.

Ukuran kucing ini memang kecil dan bisa dikatakan yang terkecil di dunia namun anda jangan meremehkan kucing yang satu ini. Mereka juga tercatat sebagai kucing paling mematikan di dunia. Tinkah keberhasilan berburu bisa mencapai 60%.

Lihat juga Nama Kucing Betina dan Jantan

Sebenarnya masih ada banyak kucing liar langka di dunia lainnya yang bisa ditemukan. Kucing langka memang sangat sulit untuk ditemui. Namun anda tidak harus melihatnya secara langsung karena untuk menemukannya tentu akan membutuhkan perjuangan yang sangat berat.

Para peneliti bahkan melakukan penelitian dan perjuangan yang panjang untuk bisa berjumpa dengan kucing kucing langka tersebut. Di indonesia sendiri ada beberapa jenis kucing liar yang bisa ditemukan namun memang mereka lebih senang untuk bersembunyi rapat di dalam hutan agar tidak bertemu dengan manusia.

Begitu juga dengan binatang-binatang yang telah disebutkan diatas. Sekian pembahasan mengenai kucing yang masuk dalam kucing langka di dunia. Semoga bermanfaat untuk anda.

Kucing langka di dunia ada banyak namun memang tidak semuanya bisa dibahas. Ada beberapa kucing langka yang perlu anda ketahui karena unik dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Leave a Comment