Kucing Lokal Indonesia Yang Sering Dijumpai

Kucing di indonesia ada banyak jenis yang bisa di temukan. Beberapa yang sudah anda kenal adalah kucing lokal biasa dengan corak warna yang beragam.

Namun tahukan anda , sebenarnya kucing yang ada di indonesia ini ada banyak jenisnya namun mereka merupakan jenis kucing liar.

Lihat juga jenis jenis kucing peliharaan

Di dunia, ada sekitar 40 jenis kucing liar yang bisa ditemukan. Sedangkan di indonesia ada 9 kucing liar yang memang masuk sebagai kucing lokal indonesia.

Anda perlu untuk mengetahui mengenai beberapa jenis kucing lokal ini agar semakin paham bahwa jenis kucing yang ada di dunia ini bukan hanya yang sering dipelihara di rumah-rumah saja.

Kucing Lokal Indonesia

Kucing Lokal Indonesia

  • Kucing congkok atau leopard cat

Kucing congkok atau leopard cat

Jenis kucing lokal pertama yang bisa ditemukan di alam liar indonesia adalah jenis kucing congkok. Jenis kucing yang satu ini sering juga disebut dengan leopard cat. Hal ini dikarenakan memang memiliki kesan yang mirip seperti leopard.

Kucing ini sebenarnya bisa juga ditemukan di berbagai neraga lainnya seperti filipina, china, pakistan dan negara asia lainnya. Karakter bulu kucing ini adalah memiliki warna kucing yang dikombinasi dengan wrna abu-abu.

Selain itu juga terdapat tutul hitam yang membuatnya terlihat begitu cantik. Populasi kucing ini masih terbilang aman dan belum masuk kategori langka. Meskipun demikian, kita tidak boleh memburunya.

  • Kucing hutan atau flat-headed cat

Kucing hutan atau flat-headed cat

Jenis kucing lainnya yang juga masuk sebagai kucing lokal adalah kucing hutan atau sering disebut juga dengan flat headed cat. Kucing yang satu ini memiliki ukuran tubuh hingga mencapai 50cm. Berat kucing ini mencapai 2,5kg.

Ukurannya memang tidak jauh berbeda dengan kucing pada umumnya. Anda bisa menemukan kucing ini di wilayah sumatra dan juga kalimantan. Meskipun masuk dalam kategori kucing lokal, namun kucing ini juga tersebar hingga ke malaysia. Mereka biasanya tinggal di dekat rawa tau tepi sungai.

Pola warna kucing ini sangat cantik karena memiliki kombinasi putih diperut dan hitam di ekor. Pada punggungnya sangat khas kucing liar. Ada tentu juga pernah melihat kucing ini meskipun hanya di dalam gambar saja.

  • Kucing bakau atau fishing cat

Kucing bakau atau fishing cat

Kucing bakau juga merupakan salah satu jenis kucing yang bisa ditemukan di indonesia. Kucing ini selain disebut sebagai kucing bakau juga sering disebut dengan fishing cat.

Mereka senang berburu ikan dan senang sekali berenang. Kucing biasanya sangat malas dengan air namun berbeda dengan kucing yang satu ini. Mereka memiliki ukuran panjang mencapai 78cm dan juga berat mencapai 16kg.

Bulu kucing bakau ini berwarna abu-abu hijau atau seperti buah zaitun dan dilengkapi dengan pola totol yang membujur di sepanjang tubuh.

Mereka termasuk sebagai hewan nokturnal atau yang senang berburu di waktu malam hari. Mereka adalah penyelam handal dan pandai menangkan ikan, kepiting, atau binatang kecil khas bakau.

  • Kucing merah atau borneo bay cat

Kucing merah atau borneo bay cat

Kucing merah atau borneo bay cat merupakan salah satu hewan endemik kalimantan. Binatang ini khas indonesia dan memang hanya bisa ditemukan di wilayah kalimantan.

Kucing yang satu ini memiliki tubuh dengan ukuran 53-67 cm. Panjang ekor kucing ini adalah sekitar 32-39 cm. Sedangkan untuk berat badannya bisa mencapai 3-4 kg.

  • Kucing emas atau asiatic golden cat

Kucing emas atau asiatic golden cat

Kucing emas atau asiatic golden cat (pardofelis temminckii) juag termasuk sebagai salah satu kucing lokal di indonesia. Kucing yang satu ini memiliki ukuran sedang . Panjang tubuh kucing ini biasanya sekitar 66-105 cm dengan panjang ekor 40-57 cm dan berat sekitar 9-16 kg.

Lihat juga makanan kucing yang bagus

Kucing ini juga memiliki tinggi bahu mencapai 56 cm. Mereka sebenarnya juga tersebar di berbagai negara lain seperti beberapa negara di asia selatan, china dan juga asia tenggara. Di indonesia sendiri, mereka hanya bisa ditemukan di wilayah sumatera.

  • Kucing batu atau marbled cat

Kucing batu atau marbled cat

Kucing lokal liar indonesia lainnya yang perlu anda tahu adalah kucing batu. Jenis kucing yang satu ini memiliki ukuran yang terbilang kecil karena hanya sekitar 45-62 cm untuk panjang tubuhnya. Sedangkan untuk panjang ekor memiliki panjang sekitar 35-55 cm.

Kucing batu mampu tumbuh hingga mencapai berat 2-5 kg. Kucing batu dikenal sebagai kucing yang sangat gesit. Mereka begitu lincah dan juga pandai memanjat pohon. Kemampuannya memanjat pohon membuatnya tampak seperti macan dahan.

  • Macan dahan atau sunda clouded leopard

Macan dahan atau sunda clouded leopard

Macan dahan atau sunda clouded leopard (neofelis diardi) memiliki ukuran yang terbilang sedang. Mereka juga termasuk kucing liar yang bisa ditemukan di indonesia.

Bentuk macan ini tidak berbeda dengan kucing liar lainnya hanya saja ukurannya tentu saja lebih besar. Mereka disebut macan dahan karena memang senang bertengger dipohon.

  • Macan tutul jawa atau leopard

Macan tutul jawa atau leopard

Macan tutul jawa sering disebut juga dengan macan kumbang. Kucing ini memiliki ukuran yang besar karena memang termasuk dalam kategori kucing besar.

Kucing ini memiliki motif bulu yang bertotol-totol namun terlihat dominasi warna hitam di seluruh tubuhnya. Kucing yang satu ini termasuk kucing lokal khas indonesia yang bisa ditemukan di beberapa hutan di indonesia.

  • Harimau sumatera atau sumatran tiger

Harimau sumatera atau sumatran tiger

Kucing lainnya yang juga merupakan salah satu kucing lokal adalah harimau sumatra. Dari namanya memang harimau ini termasuk harimau yang hanya bisa ditemukan di pulau sumatera.

Kucing ini memiliki ukuran yang besar karena memiliki panjang mencapai 198-204 cm dan berat 90-150 kg. Kucing ini jumlahnya hanya sekitar 400 ekor. Hal ini menyebabkan iucn redlist menyatakan jika harimau ini masuk dalam kategori terancam.

Lihat juga cara merawat kucing hutan

Kucing lokal indonesia ada banyak namun yang termasuk kucing liar lokal di negeri ini ada sekitar 9 jenis. Beberapa diantaranya merupakan hewan endemik yang memang khas indonesia. Itulah beberapa kucing lokal indonesia yang bisa anda ketahui. Semoga menambah wawasan kita semua.

Leave a Comment