Home Artikel Kucing Cara Memelihara Kucing Munchkin

[Panduan Lengkap] Cara Memelihara Kucing Munchkin

4
0

Kucing munchkin adalah salah satu kucing yang banyak menarik pencintanya untuk dijadikan kucing kesayangan di tempat huniannya. Kucing yang sekilas mirip boneka ini memang sangatlah lucu sehingga Anda yang melihatnya, pastinya sudah tak sabar ingin segera memilikinya.

Bagi yang sudah memilikinya, konon katanya kucing munchkin ini tidak akan merepotkan. Malahan ia begitu menghibur pemiliknya. Anda yang sudah penasaran ingin segera tahu banyak tentang kucing asal Amerika ini, tak ada salahnya Anda menyimak informasi berikut ini.

Ciri Fisik Kucing Munchkin

Ciri Fisik Kucing Munchkin

Kucing munchkin dikenal sebagai kucing rumahan yang memiliki bodi yang begitu menggemaskan. Badannya gemuk dengan berat sekitar 4 kg. Badan dan matanya yang sama-sama bulat membuatnya terlihat sangat lucu.

Belum lagi bulunya yang halus dan lebat tentunya membuat sang pemilik gemar untuk membelainya. Ada lagi yang membuat kucing munchkin ini tampak begitu mempesona yaitu hidung peseknya. Hidung pesek yang ia punya adalah keturunan dari kucing sejenisnya, yaitu kucing Persia.

Tak hanya lucu dan menggemaskan jika melihat kucing munchkin. Kucing rumahan satu ini dikenal begitu lincah. Kelincahan dari kucing jenis munchkin ini hampir mirip dengan kelinci. Mengapa ia disamakan dengan kelinci?

Lihat juga Cara Merawat Kucing Flatnose

Ternyata, tidak seperti kucing rumahan biasa, kucing munchkin ini masuk dalam kategori kucing berkaki pendek. Munchkin memiliki kaki pendek di depan dan panjang di belakang sehingga ketika ia melompat atau duduk, ia terlihat mirip hewan bertelinga panjang tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa kaki pendek munchkin didapatkan dari hasil rekayasa genetika. Rekayasa genetika dengan menggunakan sample kucing memang sudah banyak terdengar. Namun, kabar yang terhembus tentang kucing munchkin ini tidak benar.

Setelah diteliti, kakinya memang benar-benar alami. Kaki pendeknya tidak hanya menjadikannya mirip dengan kelinci. Namun, kakinya yang panjang pada bagian belakang membuatnya membungkuk ketika berjalan. Ya, hampir mirip seperti orang tua. Tetapi, hal tersebut malah yang menjadikan kucing munchkin menjadi kucing rumahan yang unik.

Karakteristik Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Jika Anda sudah tahu bagaimana menggemaskan dan lucunya bodi dari kucing munchkin, Anda juga berhak tahu seperti apa sifat yang dimilikinya. Tentu sifat kucing munchkin adalah salah satu hal yang wajib diketahui. Dengan tahu sifatnya, Anda bisa dengan mudah menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Kucing munchkin adalah kucing yang pintar. Ia mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya yang baru. Apalagi, jika pemiliknya adalah orang yang penyayang, pastinya kucing munchkin akan menjadi hewan kesayangan. Ia juga dikenal sebagai hewan yang penurut dan setia. Jadi, Anda tak salah memilihnya sebagai hewan peliharaan di rumah.

Cara Memelihara Kucing Munchkin

ciri Kucing Munchkin

Agar kucing munchkin merasa nyaman tinggal di rumah, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan pada saat menjadikannya hewan peliharaan.

  1. Menyiapkan tempat tinggal

Sebagai kucing rumahan, kucing munchkin memerlukan tempat untuk tidur dan beristirahat. Siapkan kandang untuknya agar ia bisa nyaman tinggal bersama Anda. Tak perlu kandang yang mewah.

Yang terpenting kandang harus dalam keadaan bersih. Jangan lupa pula untuk menyiapkan beberapa keperluan kucing yang wajib ada dalam kandang, seperti tempat untuk BAB, pasir, tempat makan dan juga tempat minum. Dengan begitu, kucing munchkin akan merasa bahwa itu surga dunianya.

  1. Memperhatikan Asupan gizinya dan kesehatannya

Sama seperti halnya manusia, kucing jenis munchkin pastilah membutuhkan asupan nutrisi agar ia tetap sehat. Anda sebagai pemilik harus memperhatikan betul makanan dan minuman untuk si kucing lucu satu ini.

Lihat juga Cara Merawat Kucing Persia

Makanan biasanya diberikan menurut usianya. Pada saat masih bayi, kucing munchkin lebih suka makanan padat. Apabila ia sudah beranjak dewasa, Anda baru bisa memberikannya ikan. Untuk minumannya, memang lebih baik memberikan susu secara berkala. Tetapi untuk kesehariannya, Anda bisa memberikannya air putih.

Satu hal yang harus diperhatikan, kesterilan dari makanan dan minuman adalah kunci sukses si kucing munchkin tumbuh sehat. Tak hanya itu, kesehatannya juga bergantung pada seberapa sering Anda memberinya vaksinasi. Vaksinasi kucing munckin dapat dilakukan berkala. Diharapkan dengan rajin melakukan vaksinasi, si kucing akan terhindar dari penyakit dan bulunya tidak cepat rontok.

  1. Menjaga kebersihannya

Kebersihan adalah salah satu hal yang mesti diperhatikan oleh pemilik kucing munchkin.Bukan hanya masalah kebersihan kandang, minuman, atau makanan saja, Anda juga wajib menjaga kebersihan badannya. Secara rutin, Anda bisa memandikannya agar tidak tumbuh kutu dalam bulunya.

Anda juga sesering mungkin memakaikan sampo agar bulunya tidak lekas rontok dan tetap lebat. Apabila kukunya sudah terlihat panjang, Anda juga harus memotongnya. Kukunya wajib diperhatikan agar tidak membahayakan Anda dan keluarga ketika mengajaknya bermain. Ya, memelihara kucing memang seperti Anda merawat sang buah hati.

Harga Kucing Munchkin

Sudah tak sabar ingin segera memiliki kucing munchkin? Agaknya ketika Anda benar-benar menginginkannya menjadi hewan kesayangan, Anda juga harus rela merogoh kocek agak dalam. Pasalnya harga kucing munckin terbilang mahal. Tetapi, jika Anda mengaku pencinta kucing, harga mahal tidak akan menjadi masalah.

Untuk anakan kucing munckin dijual dengan harga sampai 4 jutaan. Harga yang fantastis untuk kucing dengan umur sekitar 3 sampai 4 bulan. Lain lagi jika Anda menginginkan kucing munckin yang sudah dewasa atau indukan.

Lihat juga Cara Merawat Kucing Himalaya

Harga indukan kucing munckin bisa sampai 7 jutaan. Benar-benar diperlukan persiapan khusus ketika Anda ingin memelihara kucing cantik satu ini. Jadi, masihkah Anda berniat untuk memelihara kucing munchkin?

Kucing munchkin yang dijual dengan harga jutaan bisa menjadi kucing penurut dan manis ketika Anda sudah paham karakter dan cara merawatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here