Penyebab Dan Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning

Kucing kesayangan anda mungkin sering mengalami atau pernah mengalami muntah kuning. Sebelum melakukan pengobatan anda sebaiknya mendiagnosis atau membawanya kedokter hewan.

Namun mungkin karena mahal untuk pergi kedokter hewan maka sebaiknya anda mendiagnosis sendiri kucing anda.

Mengobat kucing muntah kuning tanpa melakukan diagnosis adalah perlakuan yang cukup berbahaya untuk si kucing. Namun jika anda sudah mengetahui penyebab dan gejala-gejala yang di perlihatkan maka anda bisa langsung menentukan obat yang dapat digunakan untuk kucing anda.

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Kita mungkin jarang sekali menemui kucing yang muntah kuning, karena kucing biasanya punya kekebalan dan daya tahan tubuh yang sangat bagus. Kucing adalah hewan karnivora yang sebenarnya tidak gampang sakit kecuali karena kalah dalam perkelahian dengan sesama kucing.

Kucing biasanya bertengkar dan banyak terluka saat lawan yang dihadapi mungkin lebih garang. Luka biasanya terdapat pada telinga dan sekitar paha karena kucing menganggap bagian itu yang penting untuk dilumpuhkan terlebih dahulu.

Lihat juga obat cacing kucing terbaik

Selain penyakit fisik kucing juga ternyata bisa terjangkit penyakit dalam atau penyakit organ dalam atau gangguan-gangguan kesehatan tertentu. Seperti halnya manusia kucing juga merasakan atau bisa terjangkit penyakit yang menyebabkan kucing muntah kuning. Adapun beberapa penyebab kucing muntah kuning yaitu :

  1. Keracunan

Kucing yang mengalami keracunan mungkin cukup langka namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada kucing.

Kucing dengan penciuman yang tajam dan biasanya tidak sembarang memakan makanan karena biasanya kucing adalah hewan yang sangat selektif. Namun bisa jadi kucing keracunan bahan-bahan kimia yang sengaja atau tidak sengaja masuk kedalam ikan atau makanan kucing.

  1. Virus Panleukopenia

Virus ini adalah jenis virus ganas yang menyerang kucing dan bisa saja membuat kucing langsung mati. Virus ini berkembang di area mulut kemudian menyerang pertahanan tubuh lalu menyebar keseluruh tubuh.

Virus ini hampir sama dengan virus yang menjangkit pada anjing tipe 2 juga tipe enteritis cepelai. Gejala yang terlihat pada kucing yang terjangkit virus ini salah satunya adalah gejala kucing muntah kuning.

  1. Infeksi Bronkial

Penyakit penyebab kucing muntah kuning ini disebut infeksi bronkial yang menyerang saluran pernafasan sehingga gejala yang ditunjukkan adalah muntah kuning.

Maka untuk memberikan pengobatan yang tepat kenali terlebih dahulu penyebab penyakit kucing muntah. Seperti halnya infeksi bronkial kepada kucing berbeda dengan virus yang menjangkit pada kucing.

Pengobatan Kucing Muntah Kuning

cara mengatasi Penyebab Kucing Muntah Kuning

Setelah melakukan diagnosisi anda baru bisa menentukan obat yang akan diberikan kepada kucing. Semakin cepat anda memberikan obat maka semakin cepat kucing anda akan tertolong.

Beberapa jenis penyebab penyakit kucing muntah kuning yang telah diuraikan adalah penyebab yang bisa saja menyebabkan kucing mati dengan cepat jika tidak diberikan penanganan dengan cepat. Adapun beberapa langkah-langkah untuk melakukan pengobatan kepada gejala kucing muntah kuning yang di sebabkan oleh keracunan, virus dan infeksi yaitu :

  1. Keracunan

Jika kita sudah mengetahui penyebab penyakit kucing yaitu keracunan maka sebaiknya ditangani sesegera mungkin. Keracunan pada kucing begitu sangat cepat penyebar keseluruh tubuhnya. Seperti halnya manusia, kucing yang keracunan tidak langsung mati seketika begitu saja melainkan dalam hitungan menit.

Lihat juga mengatasi kucing tidak mau makan

Kucing keracunan bisa bertahan 3-4 jam jika tidak ditangani atau diobati segera sebelum mati. Mengobatinya yaitu dengan membersihkan racun yang ada dalam tubuhnya bisa dengan obat dokter atau obat-obat herbal yang lain.

Anda bisa mencoba menggunakan air kelapa untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh kucing. Setelah itu anda bisa memberikan kucing minuman air putih yang banyak untuk membuang racun melalui urine.

  1. Virus Panleukopenia

Kucing yang terjangkit virus dengan gejala yang ditunjukkan adalah muntah kuning, lemah lesu dan lain sebagainya bisa diatasi dengan vaksin. Namun vaksinasi dilakukan hanya sebelum virus menjangkit si kucing.

Jika virus sudah menjangkit maka sudah tidak bisa lagi diberikan vaksin. Pengganti vaksin untuk menawar virus yang menjangkit kucing adalah obat langsung yang bereaksi. Kucing tidak punya kekebalan tubuh untuk pulih sendiri ketika terjangkit virus panleukopenia.

Dia harus dibantu dengan obat-obatan yang dapat mempercepat proses pemulihan. Kucing yang terjangkit virus ini sebaiknya dijauhkan dari kucing yang lainnya. Karena virus ini bersifat menular kepada kucing lain yang keadaan kekebalan tubuhnya melemah.

  1. Infeksi Bronkial

Infeksi bronkial sama halnya dengan virus panleukopenia untuk mengobatinya membutuhkan penanganan khusus. Jadi ketika ada kucing yang mengalami infeksi bronkial diharapkan segera cepat mengambil tindakan. Infeksi berbeda dengan keracunan, jika keracunan memakan waktu 3-4 jam maka untuk infeksi bisa saja memakan waktu kurang dari itu sampai kucing mati seketika.

Kucing yang mati seketika akibat infeksi ini sebaiknya dijauhkan dari jangkauan kucing lainnya. Untuk menghindari terjangkitnya kepada kucing yang lain maka sebaiknya bangkai kucing dikubur didalam tanah supaya tidak di endus oleh kucing lain atau dijilati. Infeksi bronkial pada kucing sangat berbahaya 2 kali lipar dibandingkan dengan keracunan atau terjangkit virus.

Maka dari itu mengobat kucing muntah kuning tidaklah gampang karena harus melakukan diagnosis penyebab gejala yang ditunjukkan. Diagnosis yang salah akan menyebabkan kematian kucing yang lebih cepat karena bisa jadi penanganan yang dilakukan salah.

Lihat juga Obat Kutu Kucing terbaik

Kucing peliharaan maupun kucing liar sama-sama beresiko tinggi mengalami ketiga gejala tersebut. Kucing liar terutama yang berasal dari lingkungan yang tidak bersih dan juga makanan yang sembarangan resiko terjangkit lebih tinggi.

Penyebab Kucing Muntah Kuning sangat tergantung pada hasil diagnosis gejala yang ditimbulkan. Penanganan yang diambil saat kucing muntah kuning juga tergantung dari diagnosis yang dilakukan.

Leave a Comment