Mengenal Kucing Persia Himalaya

3 min read

Mengenal Kucing Persia Himalaya

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan kucing Persia.

Tapi apakah kamu tahu tentang kucing Persia Himalaya? Ini adalah jenis kucing Persia yang sangat populer.

Ia memiliki bulu yang cantik menawan dan tubuh menggemaskan. Itulah alasan kenapa banyak pecinta kucing tertarik mengadopsinya.

Jika kalian memang pecinta kucing khususnya kucing Persia, maka kamu harus mengenalnya lebih jauh lagi.

Lihat juga: Mengenal Kucing Persia Peaknose.

Berapa Harga Kucing Persia Himalaya?

Mengenal Kucing Persia Himalaya

Memelihara kucing Persia memang sangat menyenangkan, termasuk Persia Himalaya. Tapi tahukah kamu berapa harganya?

Jangan kaget karena harga kucing Persia Himalaya sangat mahal. dengan segala keunikan dan kecantikan yang dimilikinya, kucing Persia jenis ini biasanya dibanderol paling murah mulai dari 700 ribu rupiah.

Kucing Persia jenis ini bahkan ada yang harganya mencapai 14 juta rupiah jika kualitasnya istimewa.

Benar-benar harga yang fantastik, bukan? Dengan harga yang sangat mahal tersebut, tak sembarang orang bisa dan mau membelinya.

Apa Saja Ciri-cirinya?

Mengenal Kucing Persia Himalaya

Membeli kucing dengan harga yang sangat mahal adalah hal yang sah-sah saja. Tapi kamu harus tahu ciri-ciri kucing Persia Himalaya terlebih dahulu agar tidak tertipu penjual.

Perlu kalian ketahui, kucing Persia jenis ini mempunyai tubuh yang gemuk dan kaki yang pendek. Jadi ia nampak bulat.

Bentuk tubuhnya yang demikian membuatnya susah melompat. Tapi ada juga Persia Himalaya yang tubuhnya mirip Siamese yang anggun, ramping dan langsing. Bahkan ia bisa melompat tinggi hingga 2 meter.

Berdasarkan bentuk wajahnya, Persia Himalaya sendiri diklasifikasikan menjadi 2 kelompok. Yang pertama adalah Himalayan Doll Face sedangkan satu lagi adalah Himalayan Ultra-Face.

Jenis pertama mempunyai wajah pesek dilihat dari samping sedangkan jenis yang kedua wajahnya sangat pesek bahkan terlihat datar. Kucing Persia ini mempunyai bulu yang panjang.

Di bagian telinga, ia punya warna point sedangkan bagian wajah, kaki & ekor punya pola tabby, tortie, dan lynx. Untuk warnanya, ada beberapa macam yaitu cokelat, krem, krem kemerahan, abu-abu kecoklatan, abu-abu, dan cokelat kehitaman.

Bagaimana Persia Himalaya bisa ditemukan? Ini adalah jenis kucing Persia yang dihasilkan dari persilangan antara kucing Persia dengan Siam.

Ciri-ciri fisik kucing persia himalaya yang cukup mencolok. Berikut ciri-ciri selengkapnya:

1. Warna Kucing Persia Himalaya

Warna  Persia Himalaya memiliki perbedaan yang begitu mencolok bahkan di setiap sudut tubuhnya dengan bentuk lynk, torty dan taby. Warnanya cukup bervariasi seperti yang sudah kita sebutkan di atas.

2. Bentuk Tubuh Kucing Persia Himalaya

Bentuk tubuhnya juga sudah dijelaskan di atas bahwa ia terlihat bulat dengan bulu lebat dan kaki pendek. Tapi ada yang ramping dan lincah karena merupakan warisan dari sifat kucing Siam.

3. Bulu Kucing Persia Himalaya

Sekilas, tak ada bedanya antara Persia Himalaya dengan Persia jenis lain. Bulunya sama-sama cukup panjang yaitu sekitar 2 hingga 3 cm.

4. Bentuk Wajah Kucing Persia Himalaya

Berbicara masalah wajah, Persia Himalaya terdapat 2 macam jenis. Ada Himalayan Doll Face dan Himalayan Ultra-Face yang sudah kita bahas perbedaannya di atas.

5. Sifat Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia memang terkenal sebagai kucing yang tenang namun cerdas. Jika dirawat dengan baik, kucing Persia ini bisa berteman dengan baik dan menjadi sahabat setia.

6. Kesehatan Kucing Persia Himalaya

Untuk kesehatan, semuanya tergantung dari perawatannya. Selama dirawat dengan baik dan benar, Persia Himalaya akan terhindar dari berbagai penyakit.

Tapi kamu harus hati-hati dengan penyakit turunan yaitu Polycystic Kidney Disease (PKD) atau biasa disebut penyakit kista pada ginjal.

Penyakit ini memiliki beberapa ciri seperti turunnya berat badan secara drastic, terlalu sering buang air kecil, tidak adanya nafsu makan, terlalu sering kehausan, dan depresi yang panjang.

Sampai saat ini, penyakit PKD belum ditemukan obatnya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kucing Persia yang mengalami penyakit ini tidak akan terselamatkan.

Panduan Memilih Kucing Persia Himalaya

Mengenal Kucing Persia Himalaya

Tertarik mengadopsi kucing Persia jenis ini? jangan terburu-buru karena kamu harus tahu cara memilihnya.

Jangan sampai uang banyak yang kamu keluarkan justru akan mengecewakan. Jadi, kalian harus memperhatikan panduan dan tips berikut ini:

1. Beli di Tempat Legal

Kucing Persia jenis apapun bisa kita dapatkan di berbagai tempat. Bahkan ada kucing Persia yang dijual oleh perorangan.

Di sinilah kalian harus berhati-hati. Pastikan kalian membeli kucing Persia ini di tempat yang legal. Begitu juga kondisinya, pastikan ia sehat dan terawat agar tak timbul masalah di kemudian hari.

2. Perhatikan Kesehatannya

Jangan hanya terpukau dengan kecantikannya, namun kamu juga harus memperhatikan kesehatannya sebelum memutuskan membeli kucing Persia ras Himalaya ini.

Kamu bisa meminta surat imunisasi atau bentuk lain sebagai bukti perawatannya yang baik.

3. Cek Harganya

Jangan pernah tergiur dengan harga murah. Saat ini, banyak sekali penipuan yang mengiming-imingi harga murah termasuk dalam jual beli kucing Persia.

Jadi, kamu harus tahu harga pasarannya terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

4. Minta Bukti Pembelian

Kucing Persia adalah kucing yang mahal. Jadi, jangan terburu-buru dalam bertransaksi. Pastikan kamu meminta bukti pembelian atau bukti tertulis lainnya untuk menghindari unsur penipuan.

Jika perlu, mintalah garansi untuk menjamin kondisi kesehatan kucing tersebut.

Tips Merawat Kucing Persia Himalaya

Mengenal Kucing Persia Himalaya

Setelah memutuskan untuk membelinya, kamu harus tahu cara merawatnya juga, dong! Untuk itu, kami akan membantu memandu dalam merawat kucing Persia ini.

1. Kandang

Pertama, kamu harus beri kandang yang layak dan nyaman. Memberi kandang saja tak cukup, tapi kamu juga harus merawatnya agar tetap bersih dan nyaman. Kebersihan kandang akan sangat berpengaruh pada kesehatannya.

2. Pasir

Tak klah pentingnya, kamu juga harus memberi pasir kucing. Pasir ini sangat membantu menjaga kebersihan kandang dari kotoran. Jangan lupa juga siapkan saringannya untuk memisah antara kotoran dan pasir.

3. Makanan & Minuman

Agar tidak terlantar, kamu harus memberinya makan dan minum setiap hari. Untuk yang satu ini, kamu tidak perlu bingung mencarinya karena makanan dan minuman kucing sudah tersedia banyak di petshop-petshop terdekat. Harganya juga bervariasi.

4. Kebersihan

Kucing juga perlu mandi, lho! Untuk itu, sesekali kamu perlu memandikannya agar tetap bersih dan terawat.

Memandikan kucing juga akan menjaga kucing dari bahaya penyakit karena jika kotor pasti akan banyak kuman dan bakteri, bukan?

Itulah tips yang harus kamu perhatikan dalam merawat kucing Persia Himalaya.

Namun tak kalah pentingnya, kamu juga harus meluangkan waktu untuk mengajaknya bermain karena Persia Himalaya adalah kucing yang mudah stress.

Dengan membuatnya tetap nyaman dan senang, kucing Persia kesayanganmu akan tetap sehat.

Intinya, jagalah selalu kesehatan dan kecantikan kucing Persia yang satu ini agar kamu puas memeliharanya.