Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang paling banyak disukai di dunia.

Hal itu disebabkan karena penampakan dari kucing satu ini yang sangat cantik dan menggemaskan.

Akan tetapi pernahkah anda mendengar kata kucing persia medium?

Ya, nama kucing ini memang sering kita dengar di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan lain sebagainya.

Jika anda menanyakan nama tersebut didaerah Eropa ataupun dunia Barat tidak akan pernah menjumpai nama tersebut.

Oleh karena itu, jika anda masih bingung dengan jenis kucing tersebut, disini kami akan menjelaskan secara mendetail mengenai jenis kucing persia medium ini sehingga anda akan memahami betul kucing Persia yang dimaksud.

Lihat juga: Foto Kucing Anggora Tercantik Di Dunia

Persebaran kucing persia medium yang ada di Indonesia

Mengenal Kucing Persia Medium Lengkap

Kebanyakan orang mungkin akan kebingungan dan sering keliru ketika memilih saat mengadopsi atau membeli kucing Persia karena kebanyakan orang tidak mengetahui jenis kucing tersebut.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kucing yang berkeliaran seperti kucing liar hingga kucing kampung sehingga biasanya akan mengakibatkan perkawinan silang antara kucing lokal dengan kucing Persia tersebut.

Hal itulah yang membuat kucing satu ini muncul. Artinya, kucing Persia jenis medium ini bukanlah kucing Persia ras asli.

Untuk membedakannya, kita bisa melihat hal mencolok pada bentuk hidung. Bentuk hidung untuk kucing satu ini bisa dibilang sangat jauh berbeda dengan yang aslinya. Hal itu disebabkan karena kucing asli cenderung lebih pesek.

Akan tetapi, jenis medium ini sedikit berbeda karena kucing satu ini hidungnya cenderung mancung.

Hal itu disebabkan karena kucing ini merupakan hasil dari perkawinan silang atau mix dengan kucing lainnya. Salah satunya adalah kawin dengan kucing lokal Indonesia.

Akan tetapi, disebut kucing Persia jenis medium tidak hanya ketika kawin silang dengan kucing local Indonesia karena jika kawin dengan kucing anggora pun disebut sebagai kucing medium.

Hasil perkawinan silang ini melahirkan kucing jenis baru. Untuk mengetahui perbedaannya, akan lebih baik jika kita mengetahui ciri-ciri dari kucing ini.

Ciri-ciri kucing persia medium yang perlu diketahui

Mengenal Kucing Persia Medium Lengkap

Pada dasarnya, ciri-ciri dari kucing Persia bisa dikatakan hampir sama. Akan tetapi, setiap jenis kucing memiliki ciri-ciri yang menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan ciri khusus dari kucing yang dimaksud.

Untuk itu, anda yang ingin mengetahui kucing medium ini lebih lanjut, berikut ini ciri-cirinya.

1. Ukuran kaki lebih besar dibandingkan dengan kucing local

Jika anda ingin mengetahui ciri-ciri dari kucing ini, anda bisa melihatnya dari ukuran kakinya.

Persia medium cenderung memiliki ukuran kaki yang lebih panjang dan juga sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kucing lokal atau kucing kampung.

Oleh karena itu, meskipun hidungnya tidak pesek akan tetapi jika memiliki ukuran kaki yang berbeda dengan kucing kampung, kucing tersebut bisa masuk ke golongan kucing medium.

2. Bulu yang cukup panjang dan lebat

Ciri selanjutnya adalah memiliki bulu yang cukup lebat dan panjang. Kucing lokal atau kampung biasanya memiliki bulu yang cenderung lebih pendek dan juga tidak terlalu lebat.

Kucing satu persia medium ini memiliki bulu yang lumayan panjang dan lebat. Akan tetapi, kucing ini tidak seperti jenis kucing Persia lainnya yang mana bulunya lebih lebat dan lebih panjang.

Akan tetapi, ciri dari bulu tersebut merupakan ciri yang paling mudah dimengerti.

3. Bentuk telinga yang lebih besar dan berdekatan

Mengenal Kucing Persia Medium Lengkap

Adapun karakteristik lainnya yang mudah untuk dimengerti dari kucing persia medium satu ini adalah bentuk telinganya yang lebih besar dan lebih berdekatan.

Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki kucing persia medium ini, ciri tersebut juga cukup penting untuk diketahui agar nantinya anda bisa mendapatkan jenis kucing yang terbaik untuk dipelihara.

4. Bentuk wajah yang akan berbeda

Sedangkan ciri terakhir adalah bentuk wajah dari kucing yang tidak terlalu rata dan hidungnya juga tidak terlalu pesek.

Selain itu, bentuk wajahnya juga agak runcing tetapi juga tidak seruncing kucing lokal. Bentuk wajah yang cukup unik inilah yang menjadi ciri khusus yang terdapat pada kucing jenis satu ini.

Cara merawat kucing persia medium yang wajib anda ketahui

Mengenal Kucing Persia Medium Lengkap

Apabila anda sudah mengetahui ciri-ciri tersebut diatas, maka selanjutnya adalah merawat kucing persia medium agar nantinya bisa hidup lebih lama dan terlihat cantik menggemaskan.

1. Sediakanlah pasir kucing

Langkah awal untuk merawat kucing Persia jenis medium ini agar sehat dan terlihat menggemaskan adalah menyediakan pasir kucing. Pasir ini sendiri berfungsi untuk tempat kucing mengeluarkan kotorannya.

Pasir kucing ini sendiri cenderung lembut sehingga akan membuat anda mudah untuk mengumpulkan kotoran kucing.

Untuk membuang kotoran tersebut, anda juga bisa menyaring terlebih dahulu kucing tersebut agar kotoran tidak menumpuk pada pasir. Cara ini juga agar kandang selalu bersih dari kotoran.

2. Berilah kandang kucing yang bagus

Selain itu, beri juga rumah untuk kucing. Kandang kucing cukup penting agar kucing bisa berisitirahat dengan tenang saat berada dirumah.

Untuk kandang sendiri, sebaiknya carilah kandang kucing yang cukup luas dan nyaman untuk si kucing. Selain itu, jangan lupa pula untuk membuat kucing selalu nyaman dengan tempat tinggalnya.

3. Jagalah mood kucing

Mengenal Kucing Persia Medium Lengkap

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah menjaga mood si kucing. Jika kucing stress, mereka cenderung akan keluar rumah dan bisa hilang bermain dengan kucing lain atau orang lain yang menyukai kucing anda.

Untuk itu, agar bisa membuat mood kucing Persia tipe medium tetap baik, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk bermain dengan kucing anda.

Untuk bermain bersama kucing, anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada dirumah seperti tali dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jangan buat kucing anda bermain dengan timun karena kebanyakan kucing takut dengan timun sehingga bisa membuat mereka stress.

4. Berilah stok makanan kucing yang bagus

Hal penting lain yang wajib anda perhatikan saat perawatan kucing adalah memberikan stok makanan kucing dengan kualitas bagus. Untuk itu, anda bisa memberikan makanan kucing dengan merk-merk terkenal.

Selain itu, anda juga bisa mencampurnya dengan daging ikan dan nasi. Daging ikan memiliki nutrisi yang cukup baik untuk kucing sehingga kucing akan lebih sehat dan bertenaga ketika bermain bersama anda dirumah.

Kucing juga akan jarang sakit jika diberikan makanan dengan kualitas bagus.

5. Jagalah kebersihan kandang kucing

Sedangkan cara merawat kucing terakhir yang juga tidak kalah pentingya adalah selalu menjaga kebersihan kandang kucing.

Dengan rajin-rajin membersihkan kandang kucing, dan juga membawanya ke dokter hewan secara rutin juga bisa membuat kondisi kucing selalu bugar dan selalu sehat sehingga anda bisa bermain sepuasnya dengan kucing dirumah tanpa takut sakit.

Demikianlah beberapa hal yang wajib anda ketahui mengenai kucing persia medium.

Dengan mengetahui ciri-ciri dan juga cara perawatan tersebut, tentunya anda akan mendapati kucing medium anda selalu sehat dan asyik untuk diajak bermain.

Tags: kucing persia medium besar, persia medium, kucing lokal bulu panjang