Kucing Persia bisa dibilang sebagai kucing paling imut dan lucu.

Namun tahukah kamu jika kucing Persia ada berbagai macam jenisnya?

Salah satu yang paling banyak disukai pecinta kucing adalah kucing Persia peaknose. Lalu, apa yang spesial dari kucing Persia jenis ini?

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa peaknose adalah jenis kucing Persia dengan hidung pesek. Pasti sangat menggemaskan, ya!

Lihat juga: Mengenal Kucing Persia Medium Lengkap.

Ciri-ciri Kucing Persia Peaknose

Dibanding dengan kucing Persia pada umumnya, jenis Peaknose punya ciri-ciri sendiri, lho. Salah satunya adalah tubuhnya yang lebih gemuk dan hidungnya yang lebih pesek dari jenis kucing Persia lainnya.

Karena itulah kucing Persia ini sangat menggemaskan. Jadi, tak heran jika banyak pecinta kucing yang menyukainya. Bahkan saking imutnya, kucing Persia yang satu ini sering diikutsertakan dalam berbagai kontes.

Sebenarnya, kucing Persia sendiri diklasifikasikan menjadi 2 jenis. Selain Peaknose, ada juga Doll Face Persia yang bentuk wajahnya normal dan hidungnya agak mancung.

Sedangkan Peaknose wajahnya datar dan hidungnya pesek. Peaknose sendiri juga bisa disebut Pekeface Persian.

Intinya, perbedaan yang ada terletak pada wajahnya yang normal dan datar serta hidungnya yang mancung dan pesek. Kini, kalian sudah tahu kan ciri-ciri kucing Persia Peaknose?

Daftar Harga Kucing Persia Peaknose

daftar-harga-kucing-persia-peaknose Mengenal Kucing Persia Peaknose

Apakah kamu tertarik membeli kucing Persia jenis ini? Tapi sebelumnya, kamu harus tahu harganya dulu.

Perlu kamu ketahui, Peaknose adalah kucing Persia yang paling mahal harganya. Selain itu, kamu juga harus bisa merawatnya dengan baik supaya sehat dan tetap cantik.

Harganya mahal karena bulunya sangat lebat dan secara keseluruhan sangat imut. Itulah kenapa banyak pecinta kucing mengadopsi kucing Persia Peaknose ini.

Jika masih berumur 3 bulan dan belum divaksin, kucing Persia jenis ini dibanderol dengan harga 6 sampai 7 jutaan rupiah sedangkan yang sudah divaksin harganya berkisar antara 8 dan 9 jutaan rupiah.

Jika umurnya sudah 6 bulan, harganya menjadi 10 sampai 11 jutaan rupiah untuk yang belum divaksin dan 12 sampai 13 jutaan rupiah untuk yang sudah divaksin.

Mahal juga, ya? Meski begitu, harganya yang mahal tak mengurangi minat pra pecinta kucing untuk mengadopsinya. Tentu saja, memelihara kucing jenis ini menjadi sebuah kepuasan dan kebanggaan tersendiri.

Tips dalam Merawat Kucing Persia Peaknose

merawat-kucing-persia-peaknose Mengenal Kucing Persia Peaknose

Setelah mengetahui tentang harga kucing Persia Peaknose, kamu harus tahu cara merawatnya.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Pada dasarnya, perawatan kucing Persia tidak boleh dilakukan sembarangan karena perawatannya lebih rumit dari kucing lain pada umumnya.

Jika tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa Persia Peaknose milikmu bukan hanya akan sakit tapi bulunya juga tidak cantik terawat lagi. Agar tetap sehat dan cantik terawat, berikut beberapa tips yang harus kamu ikuti:

1. Membersihkan Bulunya

Bulu menjadi daya tarik tersendiri bagi kucing Persia yang satu ini. Untuk itu, kamu harus selalu merawat bulunya.

Agar bulunya tetap halus, lembut dan bersih, kamu harus rajin-rajin menyikat dan menyisirnya, terutama jika bulunya panjang-panjang. Dengan begitu, tidak ada bulu yang menggumpal dan tetap rapi.

Jika tidak disisir secara teratur, bulunya akan menggumpal yang nantinya bisa menyebabkan kerontokan. Lebih jauh lagi, hal ini juga bisa menjadi sarang kutu yang berakibat pada kesehatan kulit si kucing.

Selain itu, kamu juga harus menjaga bulu kucing tetap bersih dari debu dengan menyekanya menggunakan tisu bayi. Intinya, kucing Persia Peaknose akan tetap dan selalu cantik kalau kamu merawat bulunya dengan baik dan benar.

2. Membersihkan Telinganya

Kucing memang hewan peliharaan yang imut dan menggemaskan. Tapi kucing juga mudah terserang penyakit, apalagi kucing Persia. Salah satunya adalah telinga kucing yang cepat kotor.

Untuk itu, kamu harus rajin-rajin membersihkan telinga kucing Persia kesayanganmu. Jangan sampai telinga kucingmu jadi sarang bakteri dan kuman yang menyebabkan penyakit.

Tapi kamu tak perlu panik, membersihkan telinga kucing tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Apalagi kucing Persia termasuk kucing yang pendiam sehingga ia akan nurut jika telinganya dibersihkan.

3. Memotong Kukunya

Kuku adalah bagian yang selalu tumbuh. Jika kuku sudah panjang, pasti akan mudah kotor dan menjadi sarang bakteri & kuman.

Sebagai pecinta kucing, pastinya kamu tidak mau kan jika kucing Persia kesayanganmu sakit gara-gara kukunya menjadi sarang kuman?

Oleh karena itu, kamu harus merawat kucing Persia Peaknose yang salah satu caranya adalah dengan memotong kukunya secara teratur. Jika sudah terlihat memanjang, segera potong kukunya pelan-pelan dan hati-hati agar tetap rapi dan bersih.

4. Memberi Vitamin

Seperti manusia, kucing juga butuh vitamin. Begitu juga kucing Persia yang memang rentan terkena penyakit.

Untuk itu, berilah vitamin pada kucing Persia kesayanganmu secara berkala, terutama Persia jenis Peaknose untuk kontes.

Dengan diberikan vitamin, kucing Persia milikmu akan semakin sehat dan tentu saja cantik menawan. Berikut tips yang perlu kamu ikuti:

  • Cek kesehatan kucing Persia milikmu secara rutin 3 bulan sekali agar kamu bisa memastikan keadaan kesehatannya secara akurat dan tepat.
  • Selain itu, kamu juga harus melakukan vaksinasi pada kucing Persia kesayanganmu khususnya Persia Peaknose yang masih kecil / baru lahir.
  • Kemudian, anda juga harus dijaga kebersihannya seperti membuang kotorannya setiap hari. Dengan begitu, kandangnya akan selalu bersih.
  • Terakhir, jangan lupa luangkan waktu sejenak untuk mengajaknya bermain-main agar ia lebih akrab denganmu.

Sifat & Karakteristik Kucing Persia Peaknose

sifat-kucing-persia-peaknose Mengenal Kucing Persia Peaknose

Umumnya, kucing Persia jenis ini punya sifat yang sama dengan Persia jenis lain. Ia cenderung pemalas, bahkan jenis kucing persia ini bisa dibilang lebih pemalas lagi.

Ia juga sering menyendiri. Untuk itu, kamu perlu memberikannya mainan agar ia bisa bermain-main dan tidak stress maupun gelisah.

Yang paling penting adalah membuatnya selalu nyaman. Meski pemalas, kucing Persia jenis ini punya sifat penyayang dan setia.

Tapi ia juga suka manja terutama kepada pemiliknya. Agar tidak stress, jangan pernah meninggalkan kucing Persia ini terlalu lama.

Jenis-jenis Kucing Persia Peaknose

jenis-kucing-persia-peaknose Mengenal Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia sendiri masih dibagi lagi menjadi 2 macam. Yang pertama adalah Peaknose Extreme dimana ia punya hidung sangat pesek.

Jenis ini mirip anjing Pekingese dari CIna. Ia tak punya moncong sama sekali di wajahnya. Varian yang ada hanya 1 yaitu merah tabby.

Jenis lainnya adalah Peaknose Long Hair yang mana bulunya lebat & ekornya panjang. Ia punya wajah bulat dan hidung pesek yang menggemaskan.

Keduanya sama-sama memiliki harga yang mahal, apalagi jika Persia Peaknose tersebut masih murni, bukan hasil persilangan dengan kucing Anggora ataupun jenis kucing lainnya.

Setelah memperhatikan penjelasan di atas, kamu bisa mencoba mengadopsinya untuk teman di rumah, dan apabila kalian kurang perhatian dalam merawat kucing persia peaknose, anda bisa mengadopsi kucing kampung yang lebih mudah dalam perawatannya.

peaknose 2019, peaknose kucing