Fakta Kucing Langka, Kucing Putih Mata Biru Yang Indah

Di sekitar lingkungan tempat tinggal, pastilah Anda sering menjumpai orang yang begitu menyayangi kucing. Mereka memperlakukan kucing selayaknya anak mereka sendiri. Tetapi pernahkah ada diantara kalian yang melihat orang memelihara kucing putih mata biru?

Kucing yang sering disebut juga dengan kucing odd eyes ini adalah kucing rumahan yang paling dicari oleh cat’s lover. Bagi Anda yang masih penasaran apa yang membuat kucing bermata biru begitu banyak dipuja, tak ada salahnya Anda menyimak informasi yang akan disampaikan berikut ini.

Histori Tentang Kucing Putih Mata Biru

Kucing putih mata biru terbilang controversial. Dimana ada yang beranggapan bahwa kucing mata biru ini adalah kucing yang cacat. Mata biru yang dimilikinya dianggap sebagai suatu kecatatan oleh beberapa ahli.

Mirisnya lagi, kucing cantik dengan mata biru ini dikatakan banyak yang tidak bisa mendengar atau tuli. Bahkan, ada pula yang mengatakan bahwa sekitar 70 persen kucing mata biru yang tuli itu tidak akan bertahan hidup dalam waktu lama.

Namun, ternyata opini orang tentang kucing mata biru mulai terbantahkan ketika ada peneliti yang benar-benar ingin mengungkap keadaan kucing putih mata biru sebenarnya. Hasil yang ditunjukkan sungguh mencengangkan karena fakta mengungkap sebaliknya bahwa kemungkinan hidup si kucing mata biru 70 persen dan ia bisa hidup dengan normal.

Sudah banyak yang tahu bahwa Kucing putih mata biru sering digadang-gadang pencinta kucing karena keunikan yang dimilikinya. Sampai-sampai ada beberapa orang yang sengaja memperlakukannya dengan cara yang begitu istimewa.

Lihat juga Nama Kucing Betina dan Jantan

Seperti contohnya di daerah Turki. Pemerintah kota Turki memerintahkan kepada rakyatnya untuk menjaga betul populasi kucing putih mata biru. Saking cintanya orang Turki pada kucing cantik satu ini, pemerintah sengaja menjadikan kucing odd eyes ini sebagai mascot perlombaan pada tahun 2010 silam. Mascot yang menjadikan si kucing putih warna biru sebagai simbolnya ini dikenal dengan nama bascat.

Ternyata bukan hanya orang Turki yang memuliakan kucing putih mata biru. Menurut cerita muslim, Nabinya yang bernama Nabi Muhammad juga memiliki kucing kesayangan dimana kucing kesayangannya ini mirip sekali dengan kucing yang dikenal sebagai kucing odd eyes pada zaman sekarang.

kucing warna putih polos dan bermata biru milik Nabi Muhammad diberi nama Mueza. Tentunya, sebagai kucing kesayangan, Mueza pernah diperlakukan istimewa. Pada saat itu Mueza tertidur pulas di jubah Nabi. Nabi pun enggan membangunkannya dan memilih memotong lengan jubahnya. Kedua cerita di atas menunjukkan bahwa jenis kucing odd eyes memang membuat jatuh cinta pemiliknya.

Jenis Kucing Mata Biru

Seiring dengan maraknya penelitian tentang kucing, nama odd eyes yang semula hanya diperuntukkan untuk kucing putih polos mata biru, kini nama tersebut menjadi lebih luas jangkauannya.

Segala bentuk kucing, baik yang berwarna putih polos sampai yang hitam pekat, ketika ia memiliki mata berwarna biru, si kucing akan mendapat sebutan kucing odd eyes.

Sebenarnya yang membuat kucing masuk dalam kategori kucing odd eyes bukanlah warna bulu yang dimilikinya. Melainkan mata kucing yang berwarna biru yang disebabkan karena pigmentasi yang kurang sempurna pada warna matanya.

Karakteristik KucingPutih Mata Biru

  1. Warna Bulu

Dilihat dari namanya saja, mungkin Anda yang bukan pencinta kucing pun akan tahu bahwa warna bulu kucing odd eyes yang sering disebut dengan kucing langka ini adalah berwarna putih. Bulu kucing yang tampak putih bersih serta polos membuatnya begitu terlihat mempesona.

Apalagi jika pemilik kucing putih mata biru rajin merawatnya, kucing cantik satu ini pastilah akan menjadi primadona di mata orang-orang. Jadi, ketika Anda ditanya seperti apa warna bulu kucing putih bermata biru. Jawablah dengan lantang bahwa warna bulunya putih bersih dan jangan lupa menambahkan kata polos karena hanya kucing poloslah yang pantas disebut odd eyes.

  1. Warna Mata

Bagi Anda pencinta kucing,warna mata inilah yang dijadikan patokan mengapa mereka menyebut kucing langka cantik ini sebagai kucing putih mata biru. Kucing odd eyes memang memiliki mata yang indah dan unik dimana mata kucing berwarna biru.

Dengan mata yang tajam serta cantik tak heran jika banyak pencinta kucing yang ingin memilikinya. Untuk warna mata kucing yang cenderung biru, warna birunya bukanlah hasil rekayasa genetika. Melainkan mata tersebut sudah bawaan sejak lahir dimana mata kucing mengalami pigmentasi yang berbeda di bagian melanin pada iris.

  1. Sifat Kucing

Jika tadi Anda sudah tahu ciri fisik dari kucing putih mata biru, Anda juga perlu mengetahui sifat dari kucing odd eyes ini. Kucing bermata cantik ini masuk dalam kategori kucing rumahan. Biasanya kucing rumahan dikenal dengan pribadinya yang penurut dan manja.

Begitupun dengan kucing putih bermata biru ini, ia memiliki sifat yang membuatnya disenangi oleh pemilik yaitu penurut. Ketika sang pemilik memintanya untuk melakukan sesuatu, ia pasti paham dan segera melakukan apa yang diminta oleh pemiliknya.

Kucing odd eyes juga dikenal sebagai kucing pintar dimana ia mampu menghafalkan aktivitas dari sang tuan. Sehingga ia benar-benar tepat dijuluki kucing idaman yang bisa diandalkan.

Cara Merawat Kucing Putih Mata Biru

Tidak perlu khawatir, saat Anda berniat untuk menjadikan kucing odd eyes ini sebagai hewan kesayangan untuk teman di rumah, keperluan yang perlu disiapkan tidak akan membuat Anda menjadi pusing tujuh keliling.

Lihat juga Jenis Jenis Kucing

Yang terpenting, Anda sebagai calon pemilik harus mampu menyiapkan kandang yang nyaman dan bersih. Jangan lupa untuk memberikannya makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Anda pun juga harus menjadi pribadi yang bersih dengan menyempatkan waktu untuk memandikan kucing seminggu sekali, memberinya sampo agar bulunya tidak rontok.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memberikan vaksinasi secara berkala agar si kucing terhindar dari dan bulunya tidak rontok. Jika Anda merasa sudah mampu menjalankan tips memelihara kucing odd eyes, berarti Andapun sudah dapat memelihara kucing putih mata biru sekarang juga!

Kucing putih mata biru sering disebut langka karena keunikan pada matanya. Keunikannya tersebut menjadikan para pencinta kucing berlomba memilikinya.

Leave a Comment