Artikel kali ini akan mengulas tentang makanan kucing kampung atau pun cara merawat kucing kampung, semoga kita tidak selalu mengulas tentang kucing ras saja, seperti anggora, persia, sphynx dll. Kucing kampung juga harus masuk hitungan karena kucing ini juga mempunyai keunikannya sendiri dan juga gak kalah bagus dan lucu asal dirawat dengan baik.

Kucing kampung yang pastinya punya karakteristik sendiri dibanding kucing ras lainnya. Kucing kampung juga sangat mudah untuk dirawat dan tidak butuh yang ribet, ibarat kata dikasih makan apa saja yang penting dia suka.

Kucing kampung sendiri memang dilahirkan dari kondisi yang mengharuskannya untuk hidup mandiri, yang dia situasi mengharuskan dia untuk bisa mencari makanan sendiri diluar rumah. Tapi bagi kalian yang mengaku sebagai pecinta kucing sudah seharusnya kalian memperlakukan kucing kampung sama seperti kalian memperlakukan kucing ras pada umumnya.

Lihat juga: Makanan Kucing Anggora.

Kebutuhan makanan kucing kampung

Pada dasarnya kucing kampung sama seperti kucing ras yang sama sama jenis hewan karnivora obligat dengan menyukai makanan yang mengandung protein dari hewani dari pada protein nabati. Kesimpulannya kucing kampung lebih menyukai ikan atau daging dibanding dia memakan sayuran.

Secara hitungan, kucing dewasa segala jenis yang mempunyai berat 5kg akan membutuhkan asupan 300 kalori tiap hari dan untuk kebutuhan makanan biasanya dihitung dari berat kucing tersebut. Contoh bila kuncing kalian memiliki berat 5kg makan 2% dari jumlah berat badannya, yang dia butuhkan berarti makan sebanyak 100gr/hari.

Macam macam makanan kucing kampung

Dari para ilmuwan ada beberapa macam petunjuk makan yang direkomendasikan untuk diberikan ke segala jenis kucing. Ada larangan yang seharusnya tidak dilakukan seperti memberi kucing makan yang terkandung bawang putih, merah, buah anggur, kismis, rumput laut, makanan yang berkafein, beralkohol serta coklat.

Baca: 5 Makanan Kucing Flibite

Harus diketahui bahwa satwapedia sudah menganjurkan kepada masyarakat yang memelihara kucing unutk menghindari makanan makanan yang tidak sepantasnya diberi kepada kucing, karena bila dilanggar akan sangat membahayakan si kucing meski dalam porsi yang sedikit. Nah, untuk jenis makanan kucing kampung yang dianjurkan adalah sebagai berikut :

1. Daging

Makanan kucing kampung yang pertama adalah daging. Kucing kampung merupakan hewan karnivora alias pemakan daging yang sangat menyukai daging-daging berprotein tinggi. Daging daging yang direkomendasikan untuk kucing kampung adalah daging ayam dan daging sapi.

Tapi alangkah baiknya daging tersebut dimasak terlebih dahulu selain membuang bakteri jahat seperti bakteri salmonella yang sangat membahayakan kucing terkadang kucing klo belum terbiasa makan daging mentah dia tidak akan mau memakannya. Jadi bila ingin mencegah penyakit yang akan hinggap kepada kucing, alangkah baiknya menyiapkan daging yang sudah dimasak entah di goreng ataupun di rebus.

2. Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan favorit bagi kucing kampung namun tidak dianjurkan untuk memberi ikan mentah atau sejenis makanan sushi yang biasa dimakan orang karena sangat berbahaya bagi tubuh kucing itu sendiri, sushi yang menggunakan ikan tuna mengandung merkuri yang akan mengancam kesehatan pada kucing kampung itu sendiri.

Untuk ikan yang sudah dimasak akan memberi omega-3 serta asam lemak yang pastinya akan menyehatkan mata kucing kalian agar tetap tajam. Memberi ikan kepada kucing juga mencegah kucing kampung dari penyakit ginjal dan gangguan jantung. Jenis ikan yang bisa kalian beri kepada kucing ialah ikan lele, ikan teri, ikan bandeng dan segala macam jenis ikan darat lainnya.

3. Telur Goreng

Selain ikan, telur juga mengandung protein yang sangat tinggi terutama pada putih telur, tapi tetap saja telur tidak baik untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah. Anjuran ini sudah diungkap sebelumnya oleh Dr. Colleran.

Baca: 5 Cara Membuat Makanan Kucing Buatan Sendiri

Dokter tersebut juga mengungkapkan bahwa telur mentah mengandung bakteri salmonella. Bakteri-bakteri yang ada pada telur mentah terkadang membuat kucing yang mengkonsumsinya menjadi sakit dan bisa merepotkan kalian pastinya. Maka dari itu dokter colleran lebih merekomendasikan telur yang sudah dimasak untuk diberikan kepada kucing kampung peliharaan.

4. Tempe

Tempe, bukan manusia saja yang menyukai makan tempe, kucing pun juga suka makan tempe, apalagi tempe yang sudah digoreng. Tempe sendiri mengandung protein nabati yang tinggi, selain itu tempe juga bisa digunakan sebagai obat mencret pada kucing jadi tidak perlu khawatir untuk memberikannya kepada kucing kampung yang kalian pelihara. Tempe bisa menjadi makanan alternatif untuk kucing apabila stock makanan untuk si kucing sudah habis atau butuh waktu untuk membelinya diluar rumah. Nah, maka dari itu kalian bisa memberikan tempe kepada kucing yang sudah kelaparan sembari kalian memberi makan makanan utama untuk dia seperti daging, ikan dan sejenisnya.

Bagaimana untuk makanan kemasan bagi kucing kampung ?

Sangat dianjurkan bila kalian ingin memberikan makanan kemasan pada kucing kampung, asalkan kucing kalian menyukainya dan mau memakannya. Tidak ada yang harus di khawatirkan untuk memberi makan kemasan, justru dimakanan kemasan sudah jelas tercantum nutrisi serta kandungan-kandungan yang dibutuhkan kucing, meski pada umumnya makanan kemasan cenderung diberikan untuk kucing anggora atau persia, kucing kampung juga memiliki kebutuhan asupan yang sama pada kucing lainnya.

Sebenarnya bisa menjadi pekerjaan yang lebih praktis bagi kalian sebagai pemelihara, bila membeli makanan kemasan dalam hal biaya tidak jauh berbeda dari membeli ayam goreng atau menyiapkan daging yang harus di goreng terlebih dahulu lalu diberikan kepada kucing, bila di hitung-hitung biaya yang dikeluarkan tidak jauh berbeda.

Baca: 9 Makanan Kucing Murah dan Terlaris

Tinggal tergantung pemiliknya saja mau memberikan makanan yang seperti apa, yang jelas kita sebagai pencinta kucing dan memiliki kuncing peliharaan dirumah entah jenis kucing apapun kita harus memberikan makanan yang berkualitas dan menyehatkan untuk kucing tersebut.

Minuman untuk kucing kampung

1. Susu

Bukan hanya manusia, kucing sangat menyukai susu yang kita ketahui bersama bahwa susu mendung banyak nutrisi mulai dari kalsium hingga protein. Kandung yang ada pada susu tersebut sudah jelas sangat bagus bagi pertumbuhan serta kesehatan pada kucing. Tapi disini saya tidak berbicara mengenai susu sapi, susu sapi tidak begitu dianjurkan karena kucing tidak bisa mencerna protein susu dengan maksimal. Apabila kalian ingin memberi susu, belikanlah susu yang tersedia di petshop.

2. Air putih

Semua makhluk hidup pastinya membutuhkan air, air merupakan tanda adanya kehidupan,baik manusia, tumbuhan ataupun hewan sama sama membutuhkan air tidak terkecuali kucing, memberikan air mineral kepada kucing setiap hari sangatlah diwajibkan agar kucing kesayangan anda tidak mengalami dehidrasi, cara memberikannya pun sangat mudah tinggal ditaruh disebuah wadah yang berdekatan dengan wadah makanannya tapi perlu diingat untuk selalu mengganti atau membersihkan wadah minumnya tiap hari atau sekiranya sudah tidak bersih.

Kesimpulan

Mengingat begitu penting ketika kalian ingin membuat kucing pelihara terlihat sehat dan aktif, alangkah baiknya bila kalian selalu memberikan makanan kucing kampung yang bervariasi dan mengandung akan protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh si kucing kampung. Apabila sudah memberikan makanan dan minuman yang tepat maka kucing kalian bisa memiliki berat tubuh yang ideal, dengan bulu yang lebih lebat dan akan terlihat lebih montok dibanding kucing kampung pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here