Kucing menjadi salah satu binatang yang banyak dipelihara oleh banyak orang, beberapa orang menyebutkan dengan memelihara kucing akan memberikan kelancaran rezeki bagi si pemelihara.

Beberapa lagi bilang memelihara kucing karena gemas, ada juga yang sengaja memelihara untuk diternakkan.

Apapun itu alasan anda, jika memang sudah memelihara kucing sayangilah, peliharalah seperti anak kalian sendiri karena kucing juga makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang dan kenyataannya memelihara kucing itu ga susah kok.

Kucing itu binatang yang paling mudah untuk dipelihara dibandingkan hewan lainnya seperti anjing, kelinci ataupun ikan.

Merawat kucing banyak sekali aspek yang harus diperhatikan salah satunya memberinya makan agar tetap sehat, happy, dan bersih. Makanan untuk kucingpun tidak bisa sembarang lho, karena tidak semua makanan bisa diberikan ke kucing.

Lihat juga: Makanan Kucing Murah.

Daftar Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Nah berikut ini merupakan 10 makanan kucing yang bagus untuk kesehatan yaitu:

1. Makanan kucing terfavorite yaitu Ikan

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Ikan menjadi makanan alami yang cukup baik untuk kesehatan kucing anda. Karena didalam ikan terkandung banyak sekali protein dan kaya akan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kucing.

Protein menjadi sumber energy didalam tubuh kucing, apalagi jika kucing tersebut masih kecil atau berumur muda maka sangat membutuhkan banyak sekali protein karena lebih aktif dibanding kucing yang sudah dewasa.

Protein yang dicerna oleh kucing akan menghilang sekitar 5% pada saat kucing tersebut pup. Apabila seekor kucing tidak melaksanakan hal ini bisa membuat berat badan mereka menjadi turun dan mengalami kondisi tubuh yang menyusut pula. Cukup sulit sebenarnya memilih ikan yang paling baik untuk kucing karena kandungan dari ikannya itu sendiri.

Contohnya adalah ikan putih yang menjadi makanan favorit kucing dimana terdapat zat yang menyerupai daging non lemak, hal itu mengakibatkan kurangnya vitamin seperti vitamin A, vit D, vit K dan vit E karena kandungan lemaknya yang sedikit.

Kemudian ada ikan yang berminyak seperti tuna yang terkandung lemak berlimpah memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin D yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk kucing namun harus sesuai dengan porsinya karena jika berlebihan malah akan membahayakan kucing itu sendiri akan mengalami pengendapan lapisan lemak yang berada dibawah kulitnya itu membengkal.

Ikan lainnya yang dipandang bagus adalah salmon, terbukti dari berbagai jenis makanan kemasan untuk kucing itu terbuat dari salmon, karena terdapat kandungan protein yang tinggi dan kaya akan vitaminnya yang mampu menyehatkan kucing.

Namun dalam proses pemberian makannya sebaiknya jangan memberikannya secara mentah, karena ikan yang mentah memiliki kandungan enzim thiaminase yang mana malah akan menghancurkan thiamin atau vitamin B yang berperan penting didalam tubuh kucing.

2. Makanan kucing terenak yaitu Daging

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Sama halnya ikan, daging juga dianggap makanan kucing yang bagus karena alami untuk kucing. Contohnya daging ayam, sapi, kambing, daging bebek (biasanya dibuat untuk snack kucing rasa bebek) atau daging non lemak.

Daging biasanya dijadikan alternative makanan alami kucing untuk menghilangkan rasa candu kucing terhadap ikan karena jika terlalu sering makan ikan maka thiamin kucing akan hilang dan bisa menganggu sistem syaraf pada kucing. Daging juga biasanya digunakan untuk menu diet kucing apabila sudah over-weight.

Tentu saja dalam pemberian daging ini harus dipilih daging yang masih bagus, segar, tidak berbau, tidak berwarna yang aneh, dan bersih.

Dan disarankan juga dalam pemberiannya tidak dalam bentuk juga yaa, perlu diolah terlebih dahulu, tidak harus digoreng, karena kalau digoreng minyaknya juga tidak baik untuk kesehatan kucing.

Sebaiknya bisa dilakukan dengan merebus atau membekukannya selama mungkin untuk menghilang sekaligus membunuh berbagai parasit ataupun bakteri yang menempel pada daging sehingga daging bisa dikonsumsi kucing tanpa khawatir kucing akan sakit.

3. Keju Vitakraft

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Keju memiliki kandungan kalsium yang melimpah dan juga berbagai vitamin. Oleh karena itu keju juga aman dan dianggap cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sekaligus membantu pertumbuhan pada tulangnya.

Namun tidak semua kucing suka keju, jadi perlu sedikit ‘diakali’ untuk mengecoh kucing agar tetap mau mengkonsumsi keju, bisa dengan cara mencampurkannya pada makanan sehari-harinya kucing.

4. Susu dan air putih

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Susu dan air putih ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh kucing. Susu yang diberikan juga tidak sembarangan karena kucing memiliki susu khusus sendiri yang mana kandungan didalam susu membantu perkembangan dan memenuhi gizi kucing tersebut.

Jangan pernah memberikan susu manusia pada kucing karena didalam susu manusia terkandung zat-zat yang bisa merusak pencernaan kucing dan menyebabkan penyakit seperti muntah-muntah hingga bisa menjadi parah dan meninggal.

5. Makanan buatan sendiri

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Nah makanan buatan sendiri menjadi makanan kucing yang bagus berikutnya. Disamping dianggap murah meriah, mudah pembuatannya tetapi juga bisa dijamin akan gizinya tetap bisa memenuhi kucing anda.

Makanan kucing buatan sendiri ini bisa bervariasi dan bermacam-macam rasa, tergantung bahan yang digunakan. Tentunya memilih bahannya juga menyesuaikan kebutuhan si kucing yaa, jangan asal-asalan. Biasanya bahan-bahan dicampur dan diblender baru diberikan kepada kucing.

6. Royal canin

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Royal canin menjadi makanan kemasan ber-merk yang dianggap paling baik diantara yang lainnya, karena komposisi yang digunakannya.

7. Whiskas

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Whiskas juga produk kemasan makanan kucing yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Makanan ini cukup digemari kucing karena mengandung banyak protein dan rasanya yang jelas enak kata kucing.

Sebagai makanan kucing, tentu harga whiskas ini cukup mahal bagi kalangan tertentu karena tidak sanggup untuk membelinya. Harga 38gram nya sendiri dipatok Rp.3.700 yaa andai ambil 9kg tentu cukup merogoh dompet kita.

8. Pro plan

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Pro plan juga menjadi salah satu favorit makanan kucing yang banyak peminatnya karena pro plan telah membuat makanan bergizi yang bisa membantu kucing tumbuh besar dan juga gemuk.

9. Me-o

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Produk ini sangat cocok untuk kucing yang memiliki bulu cukup tebal dan panjang. Karena me-o kandungan gizi pada makanan dari Me-o berfungsi membantu kesehatan bulu sehingga tidak mudah rontok, dan tidak menjadi sarang parasite.

10. Nakanan kucing Friskies

10 Makanan Kucing Yang Bagus Untuk Kesehatan

Friskies juga menjadi produk makanan yang sangat laris karena disamping harganya yang miring tetapi juga kandungan pada friskies memiliki banyak kebaikan untuk kucing anda. Produk ini sangat mudah ditemukan di petshop-petshop terdekat dan memiliki banyak varian yang bisa dipilih.

Nah itulah 10 makanan kucing yang bagus untuk kesehatannya. Jadi jangan sembarangan memberi makan kucing yaa, karena tidak semua makanan manusia bisa dimakan oleh kucing.

Disamping itu kebutuhan gizi kucing juga berbeda jadi berikan kucing anda dengan makanan-makanan yang baik sesuai kebutuhan agar kucing tetap sehat, bugar, ceria dan tidak sakit-sakitan. Satu lagi!

Jangan memaksakan makanan kucing, jika si kucing ga mau bisa dialihkan dengan produk atau cara yang lainnya karena bisa menimbulkan stress pada kucing jika dipaksa dan itu tidak akan baik untuk kesehatan kucing kesayangan anda.