Tips Membuat Kucing Gemuk Dengan Mudah

Memelihara kucing memang banyak dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan binatang yang satu ini begitu menggemaskan dan juga akan memberikan banyak manfaat bagi yang memilikinya.

Jika dibandingkan dengan ayam atau kambing memang kucing tidak menghasilkan telur atau daging namun mereka memiliki kelebihan tersendiri sebagai binatang peliharaan. Kucing memiliki sifat yang sangat ramah dan tidak takut dengan manusia.

Mereka juga memiliki bulu yang halus dan senang menjaga kebersihan. Selain itu, kucing ini memiliki wajah yang lucu dan manis sehingga siapa saja akan merasa senang memandanginya. Kucing juga merupakan binatang yang cerdas serta senang bermain.

Lihat juga obat cacing kucing yang ampuh

Tidak heran jika ada banyak orang di dunia ini yang mencintai kucing. Anda yang memelihara kucing tentu akan merasa senang jika memiliki kucing yang sehat dan gemuk.

Tips membuat kucing gemuk akan sangat membantu anda untuk bisa memiliki kucing yang sesuai harapan.

Kucing yang sehat dan gemuk tentu saja akan membuat pemiliknya merasa nyaman memeluk dan menyentuhnya.

Kucing memang seperti boneka yang hidup. Mereka begitu manja dan senang tidur bersama dengan majikannya. Untuk memiliki kucing yang sehat dan gemuk, anda perlu merawat kucing dengan baik. Beberapa tips membuat kucing gemuk sehat berikut ini bisa anda coba.

Membuat Kucing Gemuk

kucing gemuk

Beri makanan yang sehat

Hal pertama yang sangat penting apabila anda ingin menjadikan kucing anda gemuk dan sehat adalah dengan memberikan makanan yang juga sehat. Ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan kepada kucing.

Kucing bisa diberi makan daging, ikan, campuran nasi dengan ikan, makanan kering atau lain sebagainya. Asalkan makanan yang diberikan adalah makanan yang sehat dan juga disukai oleh kucing anda maka kucing akan lebih cepat gemuk.

Kucing yang malas makan biasanya dikarenakan makanannya tidak membuatnya berselera. Selain itu juga bisa dikarenakan kucing rangsangan atau kurang nafsu makan.

Anda bisa merangsang nafsu makan kucing dengan mengoleskan makanan kucing di hidung kucing agar mereka mau makan. Selain itu anda juga bisa membersihkan kotoran yang menyumbat hidung kucing agar penciumannya lebih peka.

Beri vitamin

Hal selanjutnya yang juga baik untuk dilakukan adalah memberikan vitamin. Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan vitamin, kucing juga membutuhkannya.

Anda bisa memberikan vitamin sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Ada banyak vitamin kucing yang bisa anda temukan di petshop. Anda dapat memilih vitamin yang tepat dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakarnya.

Pilihkan makanan berprotein tinggi

kucing gemuk lucu

Makanan dengan protein yang tinggi juga merupakan makanan terbaik bagi kucing. Anda yang jarang memberikan protein pada kucing mungkin akan sulit menjadikan kucing terlihat gemuk.

Ada banyak sekali sumber proterin yang bisa diberikan pada kucing misalnya ikan, daging dan juga telur. Berikan sebagai tambahan nutrisi namun tetap jangan berlebihan karena bisa membuat kantong anda bolong jika harus memberikan telur setiap kali makan.

Sediakan air minum

Minuman juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Banyak kucing yang terkadang senang minum di kloset. Anda harus menghindarkan kucing anda dari kebiasaan seperti ini.

Air yang ada di kloset akan banyak tercampur dengan bakteri yang nantinya justru membuat pencernaan kucing tidak sehat.

Sediakan air mineral diwadah khusus dan letakkan di samping tempat makan. Kucing anda bisa dilatih untuk makan dan minum disitu agar tetap terjaga kesehatannya.

Vaksin

Apabila anda menginginkan kucing yang gemuk maka harus diseimbangkan juga dengan kondisi kesehatannya. Gemuk saja tentu tidak akan cukup.

Anda harus tetap memberikan perhatian pada kesehatan kucing kesayangan. Salah satu cara agar kucing tetap sehat adalah dengan menyuntikkan vaksin. Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk diberi vaksin.

Mandikan kucing

Memandikan kucing juga perlu dilakukan secara rutin. Biasanya kucing sering mengalami masalah kulit dan juga bahkan ada yang memiliki kutu. Kutu pada bulu kucing mampu menyebabkan kucing menjadi kurus dan juga tidak sehat.

Kutu kucing sering kali menghisap darah sehingga nutrisi makanan yang di dapatkan kucing dicuri oleh kutu-kutu tersebut. Mandikan kucing 2 minggu sekali dengan menggunakan sampoo khusus kucing yang bisa membantu merawat bulu dan menghilangkan kutu.

Jaga mood kucing

Tips membuat kucing menjadi gemuk yang selanjutnya adalah menjaga mood kucing tetap bahagia. Kucing memiliki perasaan yang cukup peka. Mereka bisa saja merasa sedih dan stress dengan kondisi tertentu.

Anda bisa membantu mereka tetap bahagia dengan mengelus, memberikan kasih sayang, mengajak bermain dan lain sebagainya. Kucing yang bahagia akan memiliki nafsu makan yang baik sehingga lebih mudah untuk meningkatkan berat badan.

Beri susu kucing

kucing gemuk

Tips untuk membuat kucing gemuk lainnya yang juga efektif adalah dengan memberikan susu kucing. Susu memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Ada banyak jenis susu kucing yang bisa anda beli. Anda bisa memilih susu yang sesuai dengan jenis kucing dan usianya. Berikan susu sebagai nutrisi tambahan agar anda bisa segera memiliki kucing yang sehat, gemuk dan menggemaskan.

Setelah selesai bermain, kucing biasanya akan merasa lapar. Anda sebaiknya segera memberikan makanan kepada kucing setelah mereka lelah bermain. Dengan begitu tips membuat kucing gemuk diatas akan semakin efektif.

Lihat juga jenis-jenis kucing peliharaan

Setelah mengetahui tips tersebut maka selanjutnya anda hanya perlu melakukan semuanya. Jika kucing dirawat sesuai dengan tips diatas maka anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk memiliki kucing gembul yang energic.

Namun perlu anda ketahui, kegemukan pada kucing sebenarnya juga tidak terlalu bagus karena membuat mereka malas dan tidak sehat. Anda bisa menggemukkan kucing namun dalam batas yang wajar saja. Semoga bermanfaat!

Tips membuat kucing gemuk bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bisa mengikuti beberapa tips sederhana namun sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten.

Leave a Comment