Cara Ampuh Menyembuhkan Kucing Mencret

Memiliki hewan peliharaan memanglah sangat menyenangkan. Hewan peliharaan bisa juga menjadi teman yang baik saat kita merasa kesepian. Dan salah satu hewan yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan rumahan ialah kucing. Kucing tergolong hewan yang mandiri dan tidak terlalu sulit dalam mengurusnya.

Namun terkadang hewan peliharaan yang satu ini juga mengalami kondisi layaknya manusia yakni sakit. Salah satu penyakit yang biasa menimpa kucing ialah mencret. Penyebab kucing mencret bermacam-macam.

Kucing yang mengalami mencret biasanya akan mengalami tubuh lemas, muntah, bahkan hingga berdarah! Mencret pada kucing bisa dikategorikan dalam 2 tingkatan yaitu tingkatan ringan dan tingkatan berat. Sebelum kita mengetahui cara untuk menangani kucing mencret, ada baiknya jika kita tahu dulu apa yang menyebabkan hewan menggemaskan ini mengalami mencret.

Penyebab Kucing Mencret Ringan

  1. Makanan

Jika Anda sering mengganti-ganti makanan kucing peliharaan Anda, mungkin inilah penyebab kucing Anda mengalami mencret. Kita harus ingat bahwa kucing merupakan hewan yang memiliki pencernaan yang sensitif jadi sebisa mungkin memilih makanan yang kiranya sudah nyaman untuk si kucing dan sebisa mungkin makanan tersebut higienis.

  1. Minuman

Salah satu penyebab kucing mengalami mencret dalam tingkatan ringan adalah karena faktor minuman. Minuman yang kotor atau tidak higienis bisa menyebabkan diare atau mencret pada kucing.

Terkadang meskipun kita sudah memberi minum yang bersih dan higienis pada kucing, mereka bisa meminum air di luar rumah yang tentu saja diragukan kehigienisannya. Anda juga harus memperhatikan dan memilih dengan hati-hati produk susu kucing yang Anda gunakan. Karena kucing sulit dalam mencerna laktosa yang terkandung pada susu.

  1. Iklim

Iklim merupakan penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan kucing Anda mengalami diare atau mencret. Pada saat perubahan iklim biasanya akan membuat si kucing menjadi stress. Sehingga kondisi fisiknya menurun dan mudah terkena penyakit diare atau mencret.

Penyebab Kucing Mencret Berat

  1. Virus atau Bakteri

Virus atau pun bakteri merupakan salah satu penyebab kucing mengalami diare terus menerus. Bakteri yang biasa menyebabkan mencret pada kucing adalah Escherichia Coli.

  1. FIV/ AIDSnya Kucing

Feline ImmunodeficiencyVirus (FIV) ini sangat berbahaya bagi seekor kucing. Sama halnya dengan HIV pada manusia, HIV pada kucing juga dapat menular melalui luka gigitan dan lain sebagainya. Sehingga virus ini bukan hanya bahaya bagi si kucing melainkan bahaya juga bagi manusia. Tapi tenang, karena virus ini sangat jarang ditemui pada kucing.

  1. Radang Pada Usus

Panleukopenia atau sering disebut juga dengan radang usus bisa menjadi penyebab berbahaya pada mencretnya si kucing. Biasanya penyakit ini ditemukan pada kucing yang belum divaksin. Penyakit ini bisa menyebabkan anemia, muntah-muntah dan juga diare yang parah pada si kucing.

Cara Mengobati Atau Menangani Kucing Mencret.

Saat Anda mendapati kucing kesayangan Anda sedang sakit, sangat dianjurkan untuk membawanya langsung ke dokter hewan. Agar bisa mendapatkan informasi yang jelas mengenai penyakit yang diderita oleh si kucing.

Dan pastikan klinik hewan tersebut terpercaya dan juga aman,serta memiliki reputasi yang baik di kalangan para pecinta binatang. Namun jika Anda kesulitan menemukan klinik hewan atau pun terbentur masalah biaya pengobatan, berikut ini beberapa alternatif dalam mengobati kucing yang sedang mencret.

  1. Memberi Oralit Hewan

Ada cukup banyak jenis oralit yang dijual di toko. Tetapi, obat oralit untuk hewan memiliki jenis yang berbeda dengan obat oralit untuk manusia. Untuk obat oralit pada hewan, Anda bisa mendapatkannya langsung dari dokter hewan.

Anda pun juga bisa membelinya di petcare atau pun petshop di sekitar tempat Anda. Dan perlu Anda ketahui bahwa harga oralit hewan berbeda dengan obat oralit untuk manusia. Namun, fungsi oralit ini hanya sebatas meredakan dehidrasi pada kucing yang mencret sehingga kucing tidak akan cepat lemas atau pun lelah. Oralit hanyalah bantuan kecil untuk kucing yang sedang mengalami mencret.

  1. Larutan Elektrolit

Saat dalam keadaan genting, Anda juga bisa memberikan larutan elektrolit pada kucing yang mencret sebagai pertolongan pertama. Anda hanya perlu mengambil 900ml air dan satu sendok makan gula serta satu sendok teh garam untuk membuat larutan elektrolit untuk kucing. Jika kucing Anda kesusahan saat meminumnya, Anda bisa membantu kucing Anda dengan cara menyuapi si kucing agar bisa meminumnya.

  1. Memberi Tempe

Ternyata tempe memiliki manfaat yang bagus untuk membantu meringankan kucing yang sedang mencret. Anda bisa memasak tempe terlebih dahulu sebelum diberikan pada kucing Anda yang sedang mengalami diare.

  1. Memberi Obat Cacing Khusus Untuk Kucing

Salah satu cara yang ampuh untuk mengobati kucing yang sedang mencret ialah dengan memberi obat cacing yang diperuntukkan khusus untuk kucing. Anda bisa membeli absoreben di apotek atau pun pet shop yang terdekat jika penyebab diare pada kucing disebabkan oleh adanya cacing di perut.

  1. Memberikan Multivitamin

Cara yang selanjutnya ialah memberikan multivitamin untuk kucing. Saat ini cukup banyak multivitamin yang beredar khusus untuk kucing. Multivitamin ini sangat bagus untuk membantu menjaga ketahanan tubuh kucing.

Bukan hanya itu, multivitamin juga dapat membantu melawan berbagai penyakit salah satunya ialah mencret pada kucing. Memberikan multivitamin pada kucing juga mampu menjaga kekebalan tubuh kucing sehingga bisa mengurangi rasa lemas akibat diare yang dialami si kucing.

  1. Bersihkan Kandang

Salah satu penyebab kucing Anda mengalami mencret mungkin saja karena kondisi kebersihan kandang yang buruk. Sehingga banyak kuman yang tumbuh dan bersarang di kandang kucing Anda. Kondisi kandang yang lembab mennyebabkan banyak virus yang muncul dan dapat membuat sirkulasi udara yang kurang baik.

Dan membersihkan kandang kucing secara teratur bisa menjadi salah satu cara menangani kucing mencret.

  1. Memberikan Kasih Sayang

Memberikan kasih sayang dan perhatian yang penuh akan sangat membantu mengurangi stress pada kucing yang sedang sakit. Sehingga memberikan kasih sayang kita pada si kucing secara tidak langsung mampu meningkatkan metabolisme tubuh kucing sendiri.

Artikel di atas membahas tentang cara ampuh untuk menyembuhkan kucing yang sedang mencret. Dari mulai memberi oralit khusus kucing sampai pemberian multivitamin pada si kucing.

Tags: makanan kucing agar gemuk, bulu kucinng yg tidak halus kenapa, cara rawat kucing persia himalaya, nama kucing yang bagus

Leave a Comment