Tips Merawat Kucing Hamil dan Berapa Bulan Sih Kucing Hamil?

Kucing merupakan jenis hewan yang sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan kucing memiliki tingkah yang menggemaskan, terlebih lagi juga jinak. Sehingga sangat cocok untuk menemani kegiatan anda sehari-hari di rumah.

Dalam hal ini, kucing itu sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang ditandai dengan ciri yang berbeda. Salah satunya adalah jenis kucing persia.

Nah, dalam merawat kucing ras tentu sedikit lebih merepotkan dibandingkan jika anda memelihara kucing kampung. Dalam ulasan ini, kita akan membahas mengenai bagaimana tips merawat kucing hamil. Sehingga nantinya kelahiran dari kucing itu pun lebih aman dan terjaga.

Lihat juga Ciri-ciri Kucing Hamil

Untuk merawat kucing ras, sudah pasti akan lebih merepotkan jika dibandingkan dengan merawat kucing kampung. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh kucing kampung lebih kuat. Sehingga umumnya tidak diperlukan perawatan khusus.

Berbeda dengan kucing ras yang rentan sakit dan lain sebagainya. Apalagi jika anda menemui kucing ras anda sedang hamil, jelas saja anda juga harus mengetahui bagaimana tips untuk merawat kucing yang hamil dengan tepat.

Nah, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika anda akan merawat kucing yang hamil. Hal ini harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kucing anda dan calon anaknya. Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa hal dibawah ini.

Tips Merawat Kucing Hamil dan Berapa Bulan Sih Kucing Hamil?

Merawat Kucing Hamil

Kucing hamil merupakan salah satu kondisi dimana anda harus lebih memperhatikan kucing. Hal ini dikarenakan anda pun harus memastikan bahwa calon anak kucing dalam kondisi yang sehat juga.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama bagaimana tips untuk merawat kucing yang hamil dengan tepat. Bagi anda yang masih pemula atau mungkin sebelumnya belum pernah menemui kondisi kucing anda hamil.

Berikut ini ada beberapa poin cara untuk merawat kucing hamil. Dengan memahami beberapa poin ini, maka anda sudah melakukan hal tepat untuk memastikan bahwa kucing dan calon anaknya sehat.

  • Makanan

Poin yang paling penting untuk diperhatikan dalam merawat kucing yang hamil adalah makanan. Makanan merupakan asupan yang penting untuk si induk dan juga calon anaknya.

Sehingga dalam hal ini, pastikan bahwa anda memberikan makanan terbaik untuk kucing anda. Makanan ini juga akan mempengaruhi kesehatan calon anak kucing yang ada dalam kandungan tentunya.

Pastikan bahwa makanan yang anda berikan juga mengandung protein yang tinggi. Caranya adalah dengan membaca kemasannya terlebih dahulu sebelum menentukan makanan tersebut akan diberikan pada kucing anda.

  • Hindari Obat

Tips merawat kucing hamil selanjutnya adalah menghindari obat. Dalam hal ini, hindari untuk memberikan obat pada kucing anda yang sedang hamil. Ini akan beresiko memberikan dampak yang kurang baik pada kandungan si kucing.

Jika memang kucing dalam kondisi harus diberikan obat. Maka sebaiknya konsultasikan ini dengan dokter hewan. Pastikan juga obat yang diberikan aman untuk kehamilan si kucing karena bisa jadi obat memberikan dampak yang kurang baik.

  • Jangan Memandikan Kucing

Pada masa kehamilan kucing, biasanya dokter atau pet shop tidak mau untuk memandikan kucing. Hal ini dikarenakan akibatnya bisa cukup fatal, seperti keguguran misalnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari resiko ini sebaiknya jangan memandikan kucing selama masa kehamilan. Terlebih lagi kucing hamil juga tidak diperkenankan untuk disentuh dengan sentuhan yang keras. Seperti menggendong salah satunya.

  • Jangan Biarkan Keluar Rumah

Untuk menjaga kesehatan kucing anda yang sedang hamil, sebaiknya jangan biarkan kucing keluar rumah. Hal ini untuk menghindari kucing bertemu dengan kucing liar kemudian berkelahi. Ini akan membahayakan tentunya bagi kesehatan calon anaknya.

Selain itu, jauhkan juga kucing dari kucing yang lain. Terlebih lagi menghindari stress jika sewaktu-waktu kucing melahirkan. Kucing hamil juga akan lebih sensitif sehingga terlihat lebih galak tentunya.

  • Tambahkan Beberapa Asupan Gizi

Untuk menjaga dan merawat kucing yang hamil, anda juga harus memastikan bahwa asupan gizi yang diperoleh si kucing ini cukup.

Lihat juga Cara Memandikan Anak Kucing

Mulai dari vitamin, kalori, lemak dan juga kalsium. Selain membantu menjaga asupan makanan yang cukup untuk kucing. Hal ini juga untuk menjaga calon anak sehingga nantinya ukuran si calon anak kucing tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Pastikan bahwa gizi untuk kucing ini terpenuhi dengan baik.

  • Perhatikan Air Minum

Hal yang selanjutnya harus diperhatikan adalah air minum untuk si kucing. Air minum ini adalah salah satu asupan juga yang penting untuk kesehatan induk dan calon anaknya.

Pastikan anda memberikan air minum yang tepat dan sebisa mungkin hindari memberikan minuman yang sering dikonsumsi manusia. Hal ini dikarenakan asupan gizinya sudah berbeda tentunya.

  • Makanan Yang Mudah Dicerna

Dalam hal ini, anda bukan hanya harus memperhatikan jenis makanan dan asupan gizi yang harus dikonsumsi oleh kucing hamil.

Anda pun juga harus memberikan makanan yang mudah dicerna oleh kucing. Dengan memilih makanan yang mudah dicerna ini akan menghindari kucing untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Pastinya kalori yang dibutuhkan juga akan terpenuhi.

  • Berikan Tempat Nyaman

Merawat Kucing Hamil
Merawat Kucing Hamil

Dalam merawat kucing yang hamil, anda juga harus memperhatikan tempat untuk kucing anda. Pastikan bahwa anda memberikan tempat yang nyaman.

Biasanya pada kucing hamil, dia akan berpindah-pindah tempat untuk mencari tempat paling nyaman ketika melahirkan. Dalam hal ini, anda sebaiknya menyiapkan tempat yang nyaman agar kucing juga merasa lebih nyaman dan aman ketika akan melahirkan.

  • Kunjungi Dokter

Langkah selanjutnya dan poin penting ketika anda merawat kucing hamil adalah dengan mengunjungi dokter secara teratur. Ini akan membantu anda mengetahui kondisi kucing dengan lebih baik.

Sehingga jika ada sesuatu yang harus segera diatasi, dokter akan dengan segera melakukannya. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan kondisi kucing agar induk ataupun calon anaknya sehat hingga masa kelahiran tentunya.

Itulah beberapa tips merawat kucing hamil yang harus anda ketahui. Dengan memahami poin penting diatas, maka anda sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan kucing dan calon anaknya.

Lihat juga Nama Kucing Betina dan Jantan

Bagi anda yang masih pemula dan baru menemui kondisi kucing anda hamil. Maka pastikan bahwa anda melakukan beberapa poin diatas. Jangan lupa untuk memperhatikan apa saja yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan pada kucing hamil. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Tips merawat kucing hamil terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan. Hal ini adalah untuk menghindari resiko keguguran pada kucing hamil.

Leave a Comment