Salah satu yang membuat kucing menarik adalah bulunya. Sayangnya, hewan berbulu selalu dihantui masalah klasik yaitu kutu. Tak heran jika banyak kucing yang memiliki kutu. Untuk itu, bagi kalian yang suka memelihara kucing, pastikan kucing kalian bebas dari kutu. Jika kucingmu memiliki kutu, maka kalian harus tahu obat kutu kucing yang tepat digunakan agar masalah kutu ini segera teratasi.

Macam-macam Obat Kutu Kucing Terbaik

Lihat juga nama kucing nabi

Ada banyak sekali produk obat kutu kucing yang dijual di apotek ataupun petshop. Namun tak semuanya benar-benar terbukti ampuh menghilangkan kutu. Untuk itu, kalian harus berhati-hati dalam memilih obat kutu tersebut. Jika kalian bingung, mungkin kalian bisa mempertimbangkan salah satu dari pilihan-pilihan terbaik berikut ini:

1. Bedak Doris

Ini adalah obat paling ampuh untuk menghilangkan kutu pada kucing. Bedak ini sudah ada sejak dulu dan benar-benar terbukti. Cara pakainya pun juga praktis. Cukup pakaikan bedak Doris ini ke seluruh tubuh kucing kesayangnanmu secara merata. Setelah sekitar 15 menit, mandikan kucingmu bila perlu disampo hingga benar-benar bersih. Satu yang harus diwaspadai, bedak ini bersifat keras. Artinya, pastikan kucingmu tidak menjilat-jilat bulunya saat dibedaki. Untuk menghilangkan kutu pada kucing, gunakan seminggu sekali pada kucing kesayanganmu.

2. Well

Jika khawatir kucingmu tak sengaja menjilat bulunya saat diberi obat, produk obat ini bisa menjadi solusi. Untuk pemakaian, pertama mandikan dulu kucingmu. Lalu, larutkan produk Well pada air secukupnya dan siramkan ke seluruh tubuh kucing. Biarkan dulu sampai kering dengan sendirinya. Selama pemakaian, kamu tak perlu khawatir jika ia menjilat-jilat badan atau bulunya karena obat ini aman. Untuk hasil maksimal, gunakan obat kutu kucing ini 1 atau 2 kali dalam seminggu hingga kucingmu benar-benar tidak berkutu.

3. Anti Tick Spray & Jamu KNY

Ternyata bukan hanya manusia lho yang minum jamu, tapi kucing juga. Buktinya, ada obat kutu untuk kucing yang berbentuk cairan dan juga jamu. Anti Tick Spray adalah obat kutu cairan sedangkan jamunya adalah jamu KNJ. Untuk menggunakannya, semprotkan cairan obat tadi ke seluruh tubuh kucing khususnya punggung. Kemudian, larutkan jamu KNJ pada air 1 liter untuk membilasnya. Setelah kira-kira 10 menit, bilaslah hingga bersih. Perlu diketahui, selama pengobatan ini, kucingmu harus menjalani diet protein. Artinya ia tidak boleh makan roti, hati ayam, daging, dan juga minum susu.

4. Bivermectin 1%

Obat ini diproduksi oleh Bio, khusus untuk mengobati kutu pada kucing. Berbeda dengan penggunaan obat-obat sebelumnya, cara penggunaan obat ini adalah dengan cara disuntikkan ke kulit kucing. Dosisnya adalah 0.2 ml / 10kg dari berat badan kucing. Jika ingin melakukan penyuntikan lagi, berilah selang waktu setidaknya minimal 2 minggu untuk menghindari efek samping yang berbahaya. Obat ini sangat efektif namun cukup mahal harganya.

5. Armani Cat Shampoo – Tick and Flea

Ada juga obat kutu yang berbentuk sampo. Obat ini sangat mudah digunakan. Cukup gunakan saat memandikan kucing kesayanganmu dan sampolah dengan menggunakan sampo ini sambil digosok perlahan-lahan sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih. Untuk mengeringkannya, kamu bisa gunakan handuk dan menyisir bulu-bulunya dengan lembut. Agar terhindar dari kutu, obat kutu kucing saja tidak cukup. Kamu juga harus selalu menjaga kebersihan kandang kucing serta lingkungan sekitar khususnya tempat dia sering main. Untuk membersihkan kandangnya, kamu bisa gunakan sanitizer disinfectant untuk mencegah kuman-kuman penyebab masalah kesehatan.

6. Revolution Cat

Kutu pada kucing juga sering muncul pada kucing-kucing kecil. Dalam masalah ini, kamu harus lebih berhati-hati memilih obat kutu kucing kecil. Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan Revolution Cat. Obat ini sangat ampuh membasmi kutu pada kucing namun harus berhati-hati menggunakannya. Berhati-hatilah saat membuka tutup botolnya serta saat mengaplikasikannya. Untuk pengaplikasiannya, gunakan Revolution Cat pada 1 area saja khususnya yang banyak kutunya. Contohnya adalah pada tengkuk saja, serta jangan dipijat ataupun digosok. Setelah 2 jam, mandikan kucingmu sampai benar-benar bersih. Jika anak kucingmu sudah terbebas dari kutu, sebaiknya hentikan pemakaian obat ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

7. Frontline (for Cat)

Frontline juga merupakan obat kutu yang sangat populer. Namun obat ini ada banyak macamnya. Jadi, pastikan Frontline yang kamu beli adalah untuk kucing, bukan untuk hewan peliharaan lain. Sebelum menggunakan, kucingmu harus dimandikan terlebih dahulu. Setelah itu, teteskan obat ini sedikit demi sedikit ke area-area yang banyak kutunya seperti tengkuk kucing. Perlu hati-hati karena kucing tidak diperbolehkan menjilat area yang sedang ditetesi obat kutu ini. Jadi, pastikan kucing kesayanganmu tetap berada dalam pengawasan saat pengaplikasian obat ini. Jika digunakan dengan benar dan rutin, kucing kesayanganmu akan sehat dan bebas dari gatal-gatal akibat kutu.

8. Bob Martin Flea Care

Ada lagi obat kutu yang sangat mujarab untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan khususnya kucing yaitu Bob Martin Flea Care. Obat kutu ini tersedia dalam berbagai pilihan. Ada Bob Martin Double Action Spot On yang cocok untuk anak kucing yang berusia 8 mingguan. Lalu ada Flea Collar yang cocok untuk kucing usia lebih dari tiga bulan. Kemudian ada juga Flea Clear Spot On yang cocok untuk usia kucing 2 bulanan. Lalu ada Flea Tablet yang bisa membunuh kutu hanya dalam waktu 15 menit saja dan dijamin kutu mati 100%. Terakhir adalah Bob Martin All In One Flea Spray yang bisa melindungi kucing dari kutu hingga 4 minggu.

9. Bayticol

Bayticol juga menjadi salah satu alternative paling rekomended untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan. Selain untuk anjing, obat kutu ini juga cocok untuk kucing. Caranya sama dengan kebanyakan obat kutu untuk hewan peliharaan pada umumnya yaitu dengan cara diratakan ke tubuh kucing. Namun sebelumnya, pastikan kamu memandikan kucingmu terlebih dahulu agar bersih. Obat kucing ini terbukti efektif menghilangkan kutu dan bisa kalian temukan di banyak obat hewan di kotamu.

10. Certifect

Bagi kamu yang belum tahu, Certifect memang dikenal sebagai obat kutu untuk anjing. Namun sebenarnya obat kutu ini bukan dibuat untuk anjing saja melainkan untuk hewan peliharaan lain seperti kucing. Untuk khasiatnya jangan ditanya lagi, dijamin kutu pada kucing kesayanganmu segera hilang total setelah penggunaan. Akan tetapi, perlu diperhatikan hati-hati bahwa obat kutu ini tergolong kuat sehingga penggunaannya tidak boleh terlalu banyak dan terlalu sering. Mungkin obat kutu kucing yang satu ini bisa menjadi solusi terakhir jika kutu pada kucing peliharaanmu sudah terlalu parah dan obat-obat lain tidak memberi solusi.

Obat kutu kucing harus dipilih dengan hati-hati. Nah dari 10 obat diatas mana yang paling ampuh menurut pengalaman kalian.  ini adalah beberapa pilihan yang sudah terbukti berhasil bisa menghilangkan kutu pada kucing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here