Pengertian Kucing Domestik Indonesia

Semua pasti setuju bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya raya. Di negara yang banyak orang menyebutnya sebagai tanah surga ini terdapat berbagai macam flora dan fauna. Berbagai macam flora dan fauna yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sangatlah lengkap.

Salah satu bukti bahwa bangsa kepulauan ini sangat kaya akan adalah dengan banyaknya jenis kucing domestik Indonesia. Kucing domestik asli Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang terdapat pada spesies tersebut menjadikannya tampak berbeda dengan jenis kucing lainnya.

Lihat juga jenis jenis kucing

Sobat cat lovers, kucing domestik atau asli Indonesia merupakan jenis kucing yang asli dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tipe atau spesies kucing hewan berbulu asli dari nusantara ini juga tidak kalah dari jenis kucing luar negeri.

Kucing asli dari Indonesia memiliki ciri khusus dan keunikan tersendiri. Ciri khusus dan keunikan kucing asli Indonesia itu membuatnya sangat menarik untuk dijadikan hewan peliharaan.

Mengenal Spesies Kucing Asli Dari Negara Indonesia

Kucing Domestik

Sobat cat lovers, hewan berkaki empat dan berbulu lebat bernama kucing memang sangat menggemaskan bukan?

Ketika melihat hewan ini pasti tangan serasa di tuntun untuk segera membelainya. Ibarat kata tangan kita terkena magnet dari keindahan yang ada pada sosok hewan menggemaskan bernama kucing.

Hewan peliharaan bernama kucing memang menjadi binatang yang tepat sebagai partner atau teman di rumah.

Hal ini dapat terjadi lantaran sosok kucing memiliki sifat yang manja. Hewan berbulu bernama kucing merasa senang apabila dipegang atau dibelai. Kondisi ini tentu saja menjadi kegiatan yang dapat mengusir kejenuhan di dalam rumah.

Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengenal kucing anggora dan Persia saja. Kedua binatang ini memang banyak dipelihara oleh penduduk tanah air. Akan tetapi di negara kepulauan ini juga terdapat berbagai jenis spesies kucing yang juga perlu anda ketahui. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa spesies kucing asli dari indonesia. Berikut jenis kucing domestik dari negara indonesia yang perlu sobat cat lovers ketahui.

Kucing Congkok

Kucing domestik Indonesia adalah jenis kucing yang berasal dari Negara Indonesia. Salah satu tipe kucing asli nusantara tersebut adalah kucing batu. Kucing batu merupakan spesies hewan berkaki empat yang hidup bebas di alam.

Dengan kata lain spesies hewan yang imut ini dapat hidup di alam secara bebas. Ciri khusus dari kucing batu ada pada bulunya. Bulu dari hewan manis ini berwarna abu – bau. Selain itu terdapat pula bulatan – bulatan hitam pada seluruh tubuh kucing. Untuk bagian dada dan perut dari kucing congkok ini bulunya berwarna putih.

Kucing Batu

Kucing batu atau biasa disebut dengan nama marbled cat ternyata juga termasuk dalam kucing asli Indonesia lho sobat cat lovers. Hewan berbulu ini memiliki ukuran badan yang tergolong tidak terlalu besar. Bahkan ukuran tubuh kucing ini terbilang kecil, yakni 42 cm sampai dengan 62 cm. Spesies jenis ini terkenal gesit dan memiliki kemampuan memanjat yang baik.

Kucing Hutan

Spesies kucing unik dari nusantara yang perlu sobat ketahui adalah kucing hutan. Kucing hutan atau kadang disebut dengan nama jungle cat adalah jenis hewan liar yang ada di hutan. Binatang berkaki empat ini hanya tersebar di beberapa daerah saja, seperti sumatra dan kalimantan.

Jungle cat memiliki berat tubuh antara 1,5 kg sampai dengan 2,5 kg. Adapun untuk ukuran panjang tubuh, kucing ini ada pada kisaran 41 cm sampai dengan 50 cm. Kucing hutan ini memiliki keunikan pada kombinasi warna di bulunya.

Lihat juga harga kandang kucing

Pada bagian kebal kucing ini berwarna merah. Akan tetapi warna merah berangsur hilang manakala sampai bagian leher, dada dan perut yang bulunya putih. Hewan unik ini juga memiliki kemampuan berenang yang baik. Hal itu tentu saja jarang dimiliki oleh spesies kucing lainnya.

Kucing Bakau

Spesies kucing dari Indonesia yang perlu sobat cat lovers ketahui yakni kucing bakau. Pada dasarnya, kucing bakau adalah salah satu spesies domestik dari Negara kesatuan Republik Indonesia.

Jenis binatang berbulu ini hanya ada di Pulau Sumatra dan Jawa saja. Kucing bakau atau sering disebut dengan nama fishing cat hidup di daerah hutan bakau dan tepi sungai. Ciri umum dari spesies ini adalah panjang tubuh antara 57 sampai 78 cm.

Untuk ekornya berukuran 20 cm sampai 30 cm dan beratnya ada pada kisaran 5 sampai dengan 16 kg. Bulu kucing bakau ini berwarna abu – abu dengan campuran hijau. Selain itu terdapat pula pola lingkaran atau tutul pada sekujur tubuhnya.

Kucing Merah Borneo

Kucing unik khas dari tanah air yang menarik adalah kucing merah borneo. Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki bulu yang berwarna merah. Bulu berwarna merah ini hampir terdapat pada sekujur tubuh. Panjang dari tubuh kucing merah borneo itu antara 53 sampai dengan 67 cm dan beratnya bisa mencapai 4 kg. Habitat dari hewan unik ini berada di pulau kalimantan.

Kucing Emas

Kucing domestik Indonesia berikutnya yang perlu sobat cat lovers ketahui adalah kucing emas. Mendengar namanya saja pasti sobat cat lovers sudah menebak bahwa bulunya berwarna kuning laksana emas.

Memang jenis kucing asli Indonesia ini terlihat nyentrik dengan bulu emasnya. Spesies ini memiliki kemampuan yang tergolong jempolan. Seekor kucing emas mampu memangsa kambing, tikus besar, reptile, domba dan lain sebagainya.

Kucing domestik Indonesia berisikan penjabaran mengenai jenis atau spesies kucing asli dari Negara Indonesia yang perlu diketahui masyarakat umum.

Leave a Comment